WESEL MARINGINA LANGKAH TAKTIS ATASI KESEHATAN MASYARAKAT (2)

Suarajarmas.com –  Dalam rangka mewujudkan terobosan inovasi WESEL MARINGINA dan mencapai tujuan aksi perubahan,, aksi yang dilakukan adalah pengelolaan sumber daya dengan mengoptimalkan semua kapasitas yang ada dalam organisasi. Adapun aksi perubahan yang dilakukan meliputi Pemetaan Stakeholders,  melakukan pemetaan stakeholders secara komprehensif untuk mengidentifikasi pihak-pihak yang berperan penting dalam pelaksanaan terobosan inovasi WESEL MARINGINA.

Stakeholders yang terlibat meliputi antara lain Pemerintah Desa,   untuk mendukung pelaksanaan program kesehatan di tingkat desa dan penyediaan  anggaran dan fasilitas; Puskesmas,  sebagai mitra dalam pelayanan kesehatan dan pendukung kegiatan promotif dan preventif; LSM,  untuk dukungan dalam pelatihan, kampanye, dan penyebaran informasi; Komunitas dan Tokoh Masyarakat,  sebagai agen perubahan di tingkat masyarakat dan mendukung sosialisasi program; dan Media Lokal,  untuk menyebarkan informasi kampanye dan mengkomunikasikan pencapaian program.

Strategi Komunikasi.  Berdasarkan pemetaan stakeholders, Aksi Perubahan ini akan menerapkan strategi komunikasi yang terarah dan efektif diantaranya Kampanye Edukasi,  melalui ceramah, brosur, pamflet, dan media sosial untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan dan program WESEL MARINGINA, Kolaborasi dengan LSM,  menggandeng LSM untuk melakukan kampanye aktif di desa-desa, mengadakan lokakarya, dan pelatihan, Media Lokal, menggunakan media lokal untuk menyebarkan informasi, termasuk radio dan pemberitaan dalam surat kabar daerah.

Pemanfaatan Teknologi Informasi,  dengan memanfaatkan hasil analisis sebelumnya, Aksi Perubahan ini akan menggunakan teknologi informasi untuk mendukung pelaksanaan terobosan WESEL MARINGINA yaitu Aplikasi Mobile,  mengembangkan aplikasi mobile untuk memantau kesehatan ibu hamil dan bayi, serta memberikan informasi gizi dan kesehatan, Website dan Media Sosial, membangun website dan memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan informasi terkini, kampanye, dan tips kesehatan kepada masyarakat.

Baca Juga :   MELALUI MUTASI GURU SEMAKIN DIBENTUK DALAM KARYA PELAYANAN

Pembentukan Tim Efektif,  Aksi Perubahan ini akan membentuk tim kerja yang terdiri dari berbagai stakeholders yang memiliki potensi dan kompetensi yang relevan yaitu Tim Kesehatan,  terdiri dari petugas puskesmas, bidan, dokter, dan ahli gizi; Tim Komunitas,  melibatkan tokoh masyarakat, ibu-ibu PKK, dan anggota LSM yang peduli terhadap kesehatan masyarakat; dan Tim Teknologi,  anggota yang memiliki keahlian dalam pengembangan aplikasi mobile, website, dan manajemen media sosial.

Gerson Dua Ate meyakini, dengan menerapkan strategi ini, Aksi Perubahan ini yakin bahwa pengelolaan sumber daya yang efektif akan mendukung kelancaran implementasi terobosan inovasi WESEL MARINGINA dan memberikan dampak positif terhadap kinerja organisasi serta kesejahteraan masyarakat di Kantor Kecamatan Wewewa Selatan.

Membangun Integritas dan Akuntabilitas Kinerja Organisasi

Dalam Milestone 1, pemimpin transformasional perlu membangun integritas dan akuntabilitas dalam pelaksanaan peluncuran Posyandu Prima dan Wesel Gizi. Langkah-langkah konkret yang diambil dalam tahapan ini mencerminkan komitmen pemimpin untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat Kecamatan Wewewa Selatan, sambil menjaga integritas dan akuntabilitas kinerja organisasi.

Tahapan Detail Kegiatan. Membangun Komitmen Bersama dengan Kepala Desa Se-Kecamatan Wewewa Selatan: Pemimpin memastikan bahwa komitmen bersama dengan Kepala Desa di seluruh Kecamatan Wewewa Selatan terbentuk. Hal ini mencakup pengadakan pertemuan dengan Kepala Desa, pemaparan program WESEL MARINGINA membangun kesepahaman, dan menyusun perjanjian kerjasama. Tindakan ini memperlihatkan integritas pemimpin dalam menjalin kerjasama yang transparan; Pengadaan Sarana dan Prasarana Posyandu Prima: Pemimpin memastikan bahwa lokasi Posyandu Prima di setiap Desa dipilih dengan bijaksana, kebutuhan sarana dan prasarana diidentifikasi dengan baik, dan pengadaan dilakukan sesuai standar Posyandu Prima. Pemimpin bertanggung jawab untuk memastikan semua persiapan dilakukan secara akurat dan tepat waktu.

Baca Juga :   Program BangKIT Yayasan BaKTI Dampingi 40 Desa di SBD

Pengadaan Bidan Desa se-Kecamatan Wewewa Selatan: Pemimpin bekerja sama dengan pihak terkait untuk mengidentifikasi kebutuhan tenaga medis, mengajukan proposal pengadaan Bidan Desa, dan melakukan rekrutmen dan pelatihan. Hal ini menunjukkan tanggung jawab pemimpin dalam memastikan ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten. Pembuatan Pos Gizi di Desa-desa se-Kecamatan Wewewa Selatan untuk Wesel Gizi: Pemimpin terlibat dalam identifikasi lokasi strategis, perencanaan desain dan anggaran, serta memastikan pembangunan Pos Gizi selesai sebelum peluncuran. Ini menunjukkan komitmen pemimpin terhadap keberhasilan program WESEL GIZI.

Melalui eksekusi teliti dari tahapan-tahapan ini, pemimpin transformasional memberikan contoh nyata dari bagaimana mereka membangun integritas dan akuntabilitas kinerja organisasi dalam konteks pelaksanaan Milestone 1. Tindakan-tindakan ini mencerminkan nilai-nilai integritas dan komitmen pemimpin dalam mencapai tujuan organisasi dengan penuh tanggung jawab.

Milestone 2 melibatkan pemimpin dalam merencanakan dan melaksanakan kampanye kesadaran Wesel Sehat. Dalam tahap ini, pemimpin harus kembali menunjukkan integritas dan akuntabilitas dalam menyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat.

Tahapan Detail Kegiatan. Perencanaan dan Pembuatan Materi Kampanye Wesel Sehat: Pemimpin terlibat dalam penentuan tema dan tujuan kampanye, perancangan materi kampanye yang efektif, dan pengembangan strategi komunikasi yang baik. Pemimpin harus memastikan bahwa pesan yang disampaikan konsisten dengan program WESEL MARINGINA. Pelaksanaan Ceramah Interaktif di Desa-desa dan Melalui Media Sosial: Pemimpin ikut dalam persiapan dan pelaksanaan ceramah interaktif di desa-desa serta kampanye melalui media sosial. Mereka harus berkomunikasi dengan jelas dan efektif, menjaga interaksi yang baik dengan masyarakat, dan merespons pertanyaan dan komentar dengan akurat.

Dalam Milestone 2, pemimpin terus menunjukkan integritas dan akuntabilitas dengan memastikan pesan kampanye Wesel Sehat disampaikan dengan baik dan konsisten. Mereka juga harus bertanggung jawab atas keberhasilan kampanye dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan program WESEL MARINGINA. *** (Oleh: Gerson Dua Ate, S.Si., Apt., Penullis adalah ahli di bidang kesehatan (Apoteker) dan Camat Wewewa Selatan Kabupaten Sumba Barat Daya).-