BAWASLU LANTIK PANWASLU KECAMATAN se-SUMBA TIMUR

Suarajarmas.com – Menjelang Pemilihan Serentak Kepala Daerah tahun 2024 Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumba Timur  melantik Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kecamatan se-Kabupaten Sumba Timur.

Hadir dalam acara pelantikan Bupati Sumbu Timur yang diwalikili Asisten-3 Lupelindima, Ketua DPRD Kabupaten Sumba Timur, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumba Timur, Pengandilan Negeri Kabupaten Sumba Timur, Polres Sumba Timur, Dandim 1601 Kabupaten Sumba Timur dan tamu undangan lainnya. Pelantikan diselenggarakan di aula Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi Kelurahan Hambala Kecamatan Kota Waingapu, Jumat (24/5/24).

Dari 66 orang anggota Panwaslu Kecamatan telah melewati proses evaluasi exiting dan rekrutmen baru bagi anggota Panwaslu yang tidak lulus evaluasi.  Tahapan Pemilihan serentak sudah beririsan dimulai pada bulan Mei tahun 2024 terkait verifikasi calon perseorangan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur Umbu Hina Mehang Patulu SE, dalam sambutannya menyampaikan suksesnya Pemilihan Serentak Kepala Daerah tanggal 27 November 2024 mendatang akan diuji sinergitas kerja pengawasan anggota Panwaslu yang tersebar di 22 kecamatan Kabupaten Sumba Timur.

“Kami mengharapkan kerja-kerja  pengawasan selalu berpedoman pada integritas, profesionalitas dan indepensi agar tidak terjebak pada kepentingan apapun dalam mengemban tugas negara sebagai penyelenggara pemilu, kita harus menunjukan prestasi kerja dalam pengawasan dengan tidak menghilangkan, melebihkan atau mengurangkan suara kontestan pada pemilihan serentak Kepala Daerah Kabupaten Sumba Timur” ungkap Mehang Patalu.

Hal senada juga disampaikan oleh Asisten-3 Bupati Sumba Timur,  Lupelindima,   integritas menjadi hal yang terutama dalam melakukan kerja pengawasan serta membutuhkan banyak sinergitas dengan lembaga lainya untuk dapat berpartisipasi menyalurkan edukasi politik yang berpedoman pada regulasi sebagai dasar hukum penyelenggara.  

Baca Juga :   PARTAI GOLKAR BANTU ALAT SWAB UNTUK PUSKEMAS BONDO KODI

“Tensi politik pada Pemilihan serentak Kepala Daerah tahun 2024 ini semakin memanas dengan menghadapi pilihan dan pemahan masyarakat yang multi dimensi menjadi tanggung jawab yang berat bagi penyelenggara pemilu” tutur Lupelindima. *** (Dennis-24).-