POLRES SBD GELAR DEKLARASI PEMILU DAMAI TAHUN 2024

Suarajarmas.com – Bertempat di Mako Polres SBD, Desa Kadi pada Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur digelar Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 demi menyukseskan Pemilu yang aman, lancar dan sukses.

Deklarasi Pemilu Damai yang diselenggarakan oleh Polres SBD pada Kamis (23/11/2024) dipimpin oleh Kapolres SBD, AKBP Sigit Harimbawan, S.H, S.I.K,, M.H., yang dihadiri oleh Asisten 1 Sekda SBD, Christofel Horo, SH, perwakilan Kejaksaan Negeri Sumba Barat, I Gusti Putu Suda A., .SH.MH, Ketua KPU SBD, Mikael Bulu, SH., Wakil Ketua DPRD SBD, H. Samsi Pua Golo, ,ST, Kasdim 1629/SBD, Mayor Idris, perewakilan FKUB SBD, AKP I Gede Ariada, S.Ag., dan pimpinan Parpol di SBD.

Dalam sambutannya Ketua KPU SBD, Mikael Bulu mengatakan tinggal 82 hari lagi Pemilu tahun 2024 akan diselenggarakan. yang damai sebagai penyelanggara pemilu KPU sedang menyiapkan semua berkas administrasi pemilu dari pendaftaran sampai pemilihan tanggal 14 Februari 2024 dan diawasi langsung oleh Bawaslu SBD.

Kampanye yang akan di laksanakan Sesuai dengan peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 akan berlangsung dari tanggal 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024 dilaksanakan dalam suana Damai.

“Sebagai informasi antara KPU dengan Dukcapil SBD telah melakukan kerja sama (MOU) dalam penyusunan dan pemutakhiran data pemilih untuk Pemilu 2024. MOU ini bertujuan untuk memastikan akurasi, validitas, dan keamanan data pemilih, serta meningkatkan kualitas demokrasi” kata Ketua KPU.

Hasil koordinasi antara kedua lembaga tersebut, pemilih non KTP-EL di SBD jumlah DPT sebanyak 240.951 Jiwa, Jumlah pemilihan potensi Non KTP-el sebanyak 36.062 Jiwa dan hasil Koordinasi dengan Dukcapil dengan jumlah yang sudah melakukan Perakaman sebanyak 20.719 Jiwa dan sisa pemilih Non KTP-el sebanyak 15.343 Jiwa, sehingga jumlah porsentase pemilih Non KTP-el dari total DPT sebanyak 14,97%.

Baca Juga :   BEGINI SIKAP AKADEMISI MENGHADAPI PRAKTEK TEKANAN POLITIK PRIMORDIALISME KABUPATEN SUMBA TIMUR

‘Kami mengharapkan dukungan dan kerjasama kepada semua elemen pemerintah agar bisa saling membantu untuk mengarahkan warga masyarakat , keluarga dan teman yang belum memiliki KTP – el agar segera membuat KTP-el di Dukcapil SBD” tutur Mikael Bulu.

Kapolres SBD, AKBP Sigit Harimbawan dalam sambutannya mengatakan Deklarasi Pemilu Damai ini diselenggarakan sebagai wujud nyata pihak keamanan dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah SBD. Polri akan menjaga netralitas dari proses tahapan awal pemilu sampai tahapan akhir pemilu Tahun 2024, sehingga pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan aman, lancar, dan Sukses.

Polri siap mengamankan Pemilu tahun 2024 sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pemilihan umum merupakan representasi dari sistem demokrasi keterwakilan yang memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi langsung memilih pemimpin atau wakil rakyat untuk menduduki jabatan politik baik di tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional serta Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Pemilu bertujuan untuk memilih pemimpin bangsa dan Legislatif untuk mewujudkan sistem pemerintahan yang berlandaskan pada kehendak rakyat dengan menjaga prinsip-prinsip demokrasi, mendorong partisipasi politik warga negara dan memastikan bahwa pemimpin yang terpilih mewakili kepentingan dan aspirasi masyarakat secara luas.

Pemilu yang adil, bebas, dan transparan sangat penting dalam menjaga integritas dan legitimasi demokrasi bangsa Indonesia. Untuk mewujudkannya dengan tidak memberikan ruang, waktu dan tempat pada oknum yang tidak menginginkan damai pada pelaksanaan Pemilu 2024 di kabupaten SBD.

‘Harus ada komitmen dari seluruh stakeholder dan unsur yang terkait untuk bersama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan kondusif. Selain itu juga dengan masih maraknya berita hoax, maka seluruh stakeholder harus bersatu dalam mengcounter sehingga tidak memberikan dampak yang buruk terhadap berjalannya tahapan pemilu Tahun 2024″ ungkap Kapolres SBD.

Baca Juga :   SEJUMLAH CASIS LOLOS SELEKSI AWAL TAMTAMA POLRI TA 2021 PABANRIM SBD

Sementara itu mewakili Bupati SBD, Ass 1 Christofel Horo menuturkan, Pemilu adalah sebuah kegiatan yang sangat menentukan arah dan kebijakan Negara dan pemerintah Republik Indonesia.

Kegiatan ini sangat baik dan diharapkan para peserta yang hadir mampu meneruskan informasi ini kepada keluarga, orang dekat, kerabat maupun masyarakat lain yang belum paham hal teknis terkait dengan pemilu dan pemilihan serentak agar bisa berjalan dengan aman, lancar dan Damai.

Untuk diketahui dalam kegiatan Deklarasi ini juga dibacakan Deklarasi Pemilu Damai Oleh Anggota Bawaslu yang berkomitmen menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan negara kesatuan republik indonesia dengan tidak melakukan politisasi sara.

Mewujudkan pemilu sebagai sarana integritas bangsa dan menolak segala bentuk pelanggaran dengan alasan apapun; Melaksanakan pemilu tahun 2024 yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil; dan saling menghargai dan menghormati hak serta perbedaan masing-masing peserta pemilu tahun 2024.

Para peserta yang hadir juga menandatangani Deklarasi Pemilu Damai sebagai komitmen bersama untuk mewujudkan Pemilu Damai Tahun 2024. ***(Red/001-23). –