Pemerintah SBD Gelar Gerakan Pangan Murah

Suarajarmas.com Dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan serta menyongsong Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Idulfitri 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah (GPM) di kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten SBD Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (3/4/2024).

Kegiatan GPM dihadiri oleh Dandim 1629 SBD, Letkol Czi. Novi Kurniawan, ST; drh. Rihimeha Anggung Praing, MP; Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten SBD, Ir. Yohanis Frin Tuka, Kelapa Dinas Sosial Kabupaten SBD dan para produsen dan konsumen.

Dalam sambutan Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete mengatakan Pemerintah Kabupaten SBD melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mengadakan kegiatan GPM ke-3 pada tahun 2024 yang dilakukan untuk menstabilkan harga pangan agar terjangkau bagi masyarakat, terutama menjelang HKBN Idul Fitri 1445 Hijriyah bagi masyarakat muslim dan memberikan kesempatan bagi semua masyarakat berpenghasilan rendah untuk memenuhi kebutuhan, khususnya bahan pangan berupa sembako.

“Melalui GPM, para pelaku usaha termasuk pelaku usaha agribisnis diberi ruang untuk berpartisipasi dalam menjual hasil produk dan hasil pertanian holtikultura”, katanya.

Kegiatan GPM atau pasar murah akan dilanjutkan secara berkala di tahun 2024 ini walaupun di tengah keterbatasan namun dipandang perlu untuk dilakukan.

Pada kegiatan GPM, Bupati SBD mengharapkan partisipasi para pelaku usaha di Kabupaten SBD sebagai upaya nyata untuk membantu masyarakat memperoleh sembako dengan harga yang murah yang tidak hanya berorientasi keuntungan ekonomi semata.

“Saya berharap Dinas Pertanian dan ketahanan pangan terus melakukan kerjasama dengan Perum Bulog agar GPM terus dilakukan sebagai langkah konkrit stabilisasi pasokan dan harga pangan”, ujarnya.

Melalui kesempatan ini, Bupati SBD juga mengharapkan kesediaan Perum Bulog untuk melayani GPM di semua kecamatan se-kabupaten SBD bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Baca Juga :   PLT Bupati SBD Himbau Semua Etnis Bersatu Amankan Pilkada

Atas nama Pemerintah Kabupaten SBD, saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Perum Bulog yang sudah bersinergi bersama Dinas Pertanian dan ketahanan pangan dalam pelaksanaan GPM di tahun 2024.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan pelaku usaha termasuk gapoktan/poptan sebagai pelaku agribisnis yang hari ini terlibat secara aktif dalam kegiatan GPM”, tuturnya. *** (Isto Bobo/2024).-