RAYAKAN HUT KE-143 INJIL MASUK SUMBA, GKS AKAN GELAR KARNAVAL SE-SUMBA

Suarajarmas.com – Dalam rangka memperingati 143 tahun Injil masuk ke pulau Sumba, Propinsi Nusa Tenggara Timur, Gereja Kristen Sumba (GKS) akan menggelar karnaval se-daratan Sumba, Senin 3 Juni 2024 mendatang.

Selain kegiatan karnaval besar-besaran di 4 kabupaten Sumba juga akan digelar beberapa kegiatan lainnya yaitu pemutaran serentak video dan audio injil masuk Sumba dan original soundtrack (ost)  Minggu 7 April – Minggu 09 Juni 2024, Seminar  Pekabaran Injil,  Kamis 09 Juni 2024, Podcast Suara Gailar Dan Max Fm  di bulan Maret, April, Mei, Juni 2024, dan puncaknya Kebaktian 143 tahun pada tanggal 11 Juni 2024.

Sedangkan untuk mengenang Injil masuk Sumba akan dilakukan pemugaran peninggalan zending 04 maret – 08 juni 2024, pembuatan Tugu Peringatan 04 maret – 08 juni 2024, pembuatan lagu dan video OST, 04 maret-06 april 2024 dan pemutaran serentak video dan audio Injil Masuk Sumba dan original soundtrack (ost)  Minggu, 7 April hingga Minggu, 09 juni 2024.

Ketua Panitia penyelenggara Pdt. Arianto Bili, S.Th., yang ditemui media ini, Minggu 26 Mei 2024 mengatakan perayaan 143 tahun Injil masuk ke pulau Sumba, dimaksudkan untuk untuk menjaga keberlanjutan dan penghargaan terhadap sejarah kehadiran Injil yang membentuk identitas dan nilai-nilai masyarakat Sumba.

Ketua Panitia, Pdt. Arianto Bili, S.Th

Lebih lanjut kata Pdt. GKS Kererobo Waitabula ini perayaan ini  sebagai bagian dari warisan sejarah yang kaya, memperkuat ikatan budaya dan agama dalam persekutuan gereja Kristen Sumba.

“Sebagai penghormatan terhadap jasa misionaris Belanda dan para martir yang berkorban demi menyebarkan ajaran Injil, menciptakan kesadaran atas perjuangan mereka dalam membangun iman di tengah masyarakat Sumba tempo dulu” ungkap ketua Panitia Karnaval wilayah SBD, Pdt. Arianto Bili.

Baca Juga :   Aksi Natal KOMPAK GKS Mata Yang Peduli Pada Kesehatan

Merayakan 143 tahun Injil masuk ke pulau Sumba bagi generasi warga gereja Kristen memiliki nilai penting sebagai penguatan iman dan identitas kristiani. Ini juga dapat menjadi kesempatan untuk mengenalkan sejarah kekristenan di Sumba kepada generasi muda, agar mereka memahami perjuangan dan nilai-nilai yang membentuk iman mereka saat ini.

“Selain itu, merayakan peristiwa ini dapat memotivasi generasi warga gereja Kristen Sumba untuk mengambil peran aktif dalam membangun dan memperkukuh komunitas iman mereka, serta menjaga warisan nilai moral dan spiritual yang diterima dari para pendahulu. Dengan dan melalui berbagai kegiatan ini seluruh warga GKS merasakan, memahami dan merasa terlibat  dalam keseluruhan spirit perayaan ini” tutur ketua panitia sekaligus ketua Klasis Loura.

Seluruh kegiatan perayaan 143 Injil masuk Sumba ini dikemas dengan tema KABAR BAIK UNTUK SELURUH CIPTAAN (bnd Mrk 16:15). Untuk memastikan jalannya kegiatan HUT ke 143 Injil masuk Sumba pada Sabtu, 2 Maret 2024 telah dilakukan pengukuhan panitia penyelenggara.

Sesuai hasil keputusan rapat panitia karnaval HUT ke-143 Injil masuk Sumba akan dilaksanakan pada hari Senin, 03 Juni 2024, pukul 14.00 WITA dengan rute Lapangan SDM Weekaburu – Lapangan Galatama. Pengumuman tentang karnaval akan dilakukan 2 minggu berturut-turut mulai Minggu, 26 Mei 2024 dan Minggu, 02 Juni 2024 di semua GKS wilayah SBD.

Peserta Karnaval Klasis Loura memakai kendaraan motor dan mobil hias  akan berkumpul di Jemaat Karuni jam 11 siang dan bersama- sama menuju ke Lapangan Weekamburu jam 11.30. Mobil/ truk yang memuat peserta karnaval se-SBD akan menurunkan peserta karnaval dilapangan Weekamburu  dan motor serta mobil/ truk akan diarahkan oleh panitia untuk berbaris sepanjang pinggir jalan.

Baca Juga :   Wabup SBD Hadiri Pengatapan Gedung Gereja Kapaka Ndara

Menariknya dalam karnaval ini, semua peserta karnaval tidak diperkenankan untuk menaiki mobil/truk saat dalam perjalanan menuju ke lapangan Galatama,  semuanya jalan kaki kecuali bagi orang tua atau karena kesehatan.

Karnaval akan dimeriahkan dengan drumband SMP Kristen Waimangura yang dikawal oleh mobil patrol Polres SBD. Sedangkan para pejalan kaki akan membawa spanduk dengan nama jemaat masing-masing dan sekolah-sekolah YAPMAS.

“Kita berharap rencana pelaksanaan karnaval ini akan berjalan lancar, baik dan aman. Panitia juga berharap adanya dukungan penuh jemaat GKS di SBD demi suskesnya perayaan HUT ke-143 Injil MAsuk Sumba” tutup Pdt. Arianto penuh harap. *** (Octa/002-24).-