RIBUAN MASYARAKAT SBD BERBONDONG-BONDONG RAMAIKAN KARNAVAL ROHANI

Suarajarmas.com – Ribuan masyarakat Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur berbondong-bondong meramaikan karnaval rohani perayaan HUT ke-143 Injil Masuk Sumba di stadion Galatama Desa Radamata Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur, Senin (3/6/2024).

Masyarakat SBD yang juga adalah warga jemaat GKS dari gereja-gereja di SBD  baik kalangan tua, muda hingga anak-anak tampak bersuka cita merayakan ulang tahun ke-143 Injil Masuk di Pulau Sumba pada tahun 1881 yang lalu. Setiap rombongan karnaval dipimpin langsung oleh pendeta, vicaris, guru injil maupun majelis jemaat masing-masing gereja.

Arak-arakan karnaval rohani yang terdiri dari rombongan jalan kaki, sepeda motor dan kendaraan hias roda empat dimulai dari lapangan SDM Weekaburu Tawo Rara dan berakhir di stadion Galatama SBD yang disambut oleh Bupati dan Wakil Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete dan Marthen Christian Taka, S.IP.

Perayaan ulang tahun Injil Masuk Sumba yang baru pertama kali dilakukan ini tampak meriah dan penuh sukacita serta berjalan aman, lancar dan damai berkat dukungan TNI/Polri yang turut serta mengamankan jalannya karnaval.

Dalam karnaval ini warga jemaat GKS Karuni mempertunjukan fragmen sejarah masuknya  injil di Sumba pada tahun 1881 yang lalu dimana misionaris Belanda yang telah berlayar selama 3 bulan tiba di Sumba untuk mengabarkan injil.

Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete dan Wakil Bupati Marthen Christian Taka, S.IP., menyambut dengan gembira para peserta karnava;l rohani ini dengan menyaksikan langsung pertunjukan dari masing-masing rombongan karnaval serta berfoto bersama para pendeta.

Dalam sambutannya Bupati SBD mengharapkan perayaan HUT Injil Masuk Sumba ini agar terus dilakukan setiap tahun sebagai bentuk ungkapan sukacita gereja, pemerintah dan masyarakat.

Baca Juga :   Pemda SBD Rayakan Natal Bersama

“Atas nama pribadi, warga masyarakat dan Pemda SBD, dengan penuh sukacita dan cinta kasih Yesus Kristus mengucapkan selamat merayakan HUT ke-143 Injil Masuk Sumba kepada jemaat Tuhan dari berbagai denominasi gereja yang ada di Sumba khususnya SBD” ungkap Bupati Kodi Mete.

Bupati Kodi Mete melihat pelaksanaan karnaval tahun ini sukses dan berharap setiap tahun akan terus dilaksanakan sebagai bentuk ungkapan kegembiraan dan menjadi berkat bagi Tuhan.

Bupati SBD menambahkan, pekabaran injil merupakan tanggung jawab semua pihak yaitu pemerintah, gereja, swasta dan elemen masyarakat. Injil harus nampak dalam gereja dan juga masyarakat.

“Teruslah bekerja dengan hati bagi Tuhan, sehingga tanah Sumba mengalami damai sejahtera, saya berharap dalam usia ke-143 ini, pekabaran injil di Sumba meningkatkan semangat cinta kasih diantara sesama umat beriman, karena bersumber pada iman yang kokoh pada Yesus Kristus sebagai sumber kasih dan berkat karena injil merupakan kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang” harapnya.

Sebelumnya Ketua I BPMS GKS, Pdt. Benyamin Kondi, S.Th., dalam sambutannya mengatakan karnaval rohani ini merupakan ungkapan syukur kasih dan kebaikan Tuhan. 143 tahun Injil Masuk di tanah Sumba dari tahun 1881 sampai dengan hari  ini,  GKS baru pertama kali merayakannya.

Masuknya injil oleh zending Belanda telah mengangkat masyarakat Sumba dari kegelapan. Karnaval ini bertujuan untuk mengucap syukur pada Allah Tri Tunggal  yang dengan caranya telah menggerakan hati pada zendeling dan  mengutus mereka untuk membawa dan mengabarkan injil di Sumba. Untuk mengingat sejarah masuknya injil di Pulau Sumba, untuk menjaga keberlanjutan dan penghargaan terhadap sejarah kehadiran  injil yang telah membentuk identitas dan nilai-nilai masyarakat Sumba.

“Untuk merayakan sebagai bagian dari warisan sejarah yang kaya, memperkuat ikatan budaya dan agama dalam persekutuan Gereja Kristen Sumba. Sebagai salah satu bentuk penghormatan terhadap jasa Misionaris Belanda dan para Martir yang berkorban demi menyebarkan ajaran Injil, menciptakan kesadaran atas perjuangan mereka dalam membangun iman di tengah masyarakat Sumba tempo dulu” tutur Pdt Kondi menuturkan tujuan pelaksanaan karnaval rohani ini.

Baca Juga :   DANDIM 1629/SBD BANGUN SILATURAHMI DENGAN TOKOH AGAMA

Lebih lanjut disampaikan, puncak acara syukur perayaan HUT ke-143 Injil Masuk Sumba akan digelar di GKS Tangganang Klasis Padiratana Kabupaten Sumba Tengah pada tgl 11 Juni 2024 mendatang.

Pdt Kondi menyampaikan hingga saat ini, GKS sudah memiliki 267 jemaat, 52 klasis, 331 pendeta, 254 vicaris, 200 guru injil dan kaum awam. Ini merupakan bukti kasih Tuhan yang telah memanggil orang-orang yang dipilihNya untuk mengabarkan kerajaan Allah.

Untuk diketahui pelaksanaan karnaval rohani menyambut HUT ke-143 Injil Masuk Sumba, juga dilaksanakan di kabupaten Sumba Timur dan Sumba Barat (Senin, 3-6-24), sedangkan kabupaten Sumba Tengah telah dilaksanakan pada 31 Mei 2024 yang lalu.

Dipantau oleh media ini, karnaval rohani di SBD berjalan penuh sukacita, aman, damai dan lancar, walaupun sempat diguyur rintik-rintik hujan sebelum rombongan pawai bertolak dari lapangan SDM Weekamburu.

Karnaval Rohani ini di hadiri oleh pada pendeta, vicaris, guru injil dan tokoh-tokoh jemaat serta jemaat GKS yang tersebar di 11 kecamatan Sumba Barat Daya. *** (Octa/002-24).-