UPACARA DI LAUT, BUKTI KECINTAAN MASYARAKAT WEEKELO PADA NKRI

Tambolaka-SJ……………… Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia dapat dijadikan momentum untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa.  Pada usianya yang ke 74 tahun ini, seluruh bangsa dan masyarakat Indonesia memperingatinya pada Upacara HUT Kemerdekaan ke-74 RI Sabtu, 17 Agustus 2019 secara serentak di seluruh tanah air Indonesia.

Syahbandar sebagai pengelola pelabuhan Weekelo Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD)  NTT bersama KP3 Laut, Babinsa, Polisi Air dan Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Kupang Wilayah Kerja Weekelo mempunyai cara tersendiri merayakan HUT RI tersebut dengan melibatkan Pemerintah Desa Rada Mata, nelayan, buruh, sekolah, tokoh agama  dan masyarakat Weekelo.

Kepala Pelaksana harian Syahbandar Weekelo, Anton Langkamau kepada awak media mengatakan upacara pengibaran bendera yang dilakukan di laut ini merupakan inisiatif bersama instansi terkait yang berada di pelabuhan Weekelo dengan cara yang unik dan belum pernah dilakukan di SBD.

“Kita coba membuat suatu momen 17 Agustus dan ini merupakan yang pertama di SBD yang diadakan di pelabuhan Weekelo dengan suasana dan kondisi yang berbeda dari biasanya” ungkapnya.

Kepala Plh Syahbandar Weekelo, Anton Langkamau bertindak sebagai inspektur upacara

Anton mengatakan tujuan utamanya untuk mengenang  jasa para pahlawan yang telah berjuang, berkorban demi bangsa dan Negara. Dirinya mempunyai misi mempertahankan kemerdekaan itu dengan cara bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan di daratan maupun di pelabuhan.

Dirinya juga menghimbau agar para nelayan jangan menangkap ikan sembarangan dengan menggunakan bom ikan, sedangkan untuk buruh pelabuhan tingkatkan disiplin kerja, karena pelabuhan Weekelo merupakan asset yang dimiliki oleh SBD sebagai pelabuhan laut.

Kepala KP3 Laut Aipda Anselmus M. Tukan menuturkan Upacara bersama perayaan HUT Kemerdekaan RI ini sudah sudah dipersiapkan dari satu bulan yang lalu.

Kepala KP3 Laut Weekelo, Aipda Anselmus M. Tukan (kiri depan) saat menghadiri upacara HUT Kemerdekaan ke-74 RI di dermaga Weekelo

“Upacara bersama ini untuk meningkatkan kerjasama, hubungan yang baik dan koordinasi  antara instansi yang berada di pelabuhan Weekelo” katanya.

Baca Juga :   Ini Penyebab Masyarakat Kabaru Berdebat Dengan Gubernur NTT

Dirinya berharap para buruh dan tenaga kerja di dermaga Weekelo meningkatkan kinerja yang baik supaya lebih baik lagi dalam bekerja dan penuh disiplin serta mengutamakan pelayanan pada masyarakat sehingga pelabuhan Weekelo ini kedepan menjadi pelabuhan yang baik sesuai harapan bangsa dan Negara.

Hal senada juga disampaikan oleh Serda Yoris Mere Babinsa Kodim 1613 Sumba Barat/02 Loura yang bertindak sebagai komandan upacara bersama ini merupakan hasil koordinasi bersama pihaknya yang bertugas di pelabuhan untuk melaksanakan upacara pengibaran bendera pada HUT ke 74 NKRI.

Serda Yoris Mere Babinsa KOdim 1613 Sumba Barat/02 Loura bertindak sebagai komandan ucara

Selain tugasnya dalam mendukung tugas Syahbandar, dirinya juga mempunyai fungsi dalam penguasaan wilayah sebagai babinsa dalam rangka membina masyarakat. Saya sendiri juga suidah 12 tahun tinggal di pelabuhan Weekelo, pelaksanaan seperti ini belum pernah saya lihat. HUT ke-74 RI ini merupakan moment yang sangat penting dalam rangka mengingatkan masyarakat betapa pentingnya hari Kemerdekaan itu.

“Kita hanya disuruh rendam dalam air, kita tidak disuruh perang dan ini saya kira sangat bagus untuk mengingatkan masyarakat Weekelo akan jasa para pahlawan pendahulu kita” ujarnya pada media.

Dirinya juga berharap berkaitan dengan situasi kerja di pelabuhan khusus untuk buruh TKBM, agar secara bersama-sama menjaga pelabuhan ini menjadi milik bersama karena ini merupakan asset Indonesia demi untuk anak cucu kita bersama.

Kepala Pol Air Aipda M. Ali Akbar dalam jumpa pers mengatakan kegiatan ini semata-mata untuk mengingat jasa para pahlawan, supaya kita bisa mengingat pengorbanan para pahlawan kita.

“Walaupun hari ini kami mandi air laut dalam upacara,  ini tidak sebanding dengan pengorbanan para pahlawan kita dulu” ujarnya.

Kepala Pol Air SBD, Aipda M. Ali Akbar bersama puluhan nelayan mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI di Weekelo

Dirinya juga berharap untuk  kedepan kegiatan ini bisa dibuat lebih bagus lagi dan bukan saja melibatkan masyarakat Weekelo tetapi juga kita libatkan masyarakat di luar Weekelo. Tidak hanya PNS dan TNI/Polri saja yang merayakan tetapi semua nelayan yang ada di Weekelo.

Baca Juga :   SUMBA BARAT GELAR DOA BERSAMA UNTUK KORBAN TERORISME

Penanggung jawab wilayah Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Kupang Wilayah Kerja Weekelo, Drh. Vera Lobo memberi apresiasi yang luar biasa melihat masyarakat dan nelayan Weekelo yang sangat antusias dalam upacara HUT Kemerdekaan ke-74 Ri di Weekelo SBD ini. Dirinya sangat mendukung karena melalui kegiatan ini pihaknya mau menciptakan suasana yang baru.

Penanggung jawab Wilayah Balai Karantina 1 NTT wilayah kerja Weekelo, Drh. Vera Lobo saat diwawancarai oleh media

“Kita bisa bersama-sama masyarakat memperingati HUT Kemerdekaan ke-74 RI. Para nelayan juga dulu pernah menjadi pahlawan sehingga keterlibatan mereka untuk ikut mengenang jasa para pahlawan tersebut juga penting” tuturnya pada awak media.

Upacara bersama yang diselenggarakan di dermaga Weekelo oleh Syahbandar bersama pihak terkait ini merupakan kegiatan perdana sehingga menarik perhatian masyarakat sekitarnya dan awak media.

“Ini merupakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan kami di wilayah pelabuhan Weekelo yang pertama sehingga kami buat dengan sukacita dan kebahagiaan.  Sejak kemarin kami selalu  bersama-sama mempersiapkan upacara pengibaran bendera saat ini, sebagai panitia kami bangga karena semua pihak terlibat termasuk masyarakat Weekelo” tutup Vera pernuh haru. (Octa),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.