SERAH TERIMA KENDARAAN OPERASIONAL POSKO COVID/SBD

Tambolaka-SJ………….. Bertempat di posko COVID/SBD Galatama Desa Radamata Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) pagi dilakukan penyerahan kendaraan oeprasional Posko COVID/SBD dari Ketua pelaksana yang lama Jenga Mathias, A.Md.Kep., kepada ketua pelaksana Posko COVID/SBD yang baru Sherly R.H. Kaka, A.Md.Kep., disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan SBD, drg. Yulianus Kaleka, Jumat (31/12/21).

Penyerahan ini dilakukan mengingat masa tugas Jenga Mathias sudah berakhir pada 31 Desember 2021 ini. Dirinya sudah menjalani tugasnya sebagai ketua pelaksana Posko COVID/SBD selama kurang lebih 2 tahun sejak tahun 2019.

Usai penandatangan berita acara penyerahan, kepada media ini Jenga Mathias mengatakan dirinya merasa bersyukur sudah bisa menjalankan tugasnya selama kurang lebih 2 tahun yang merupakan amanah dari Negara melalui Pemda SBD untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran corona virus.

Jenga Mathias, A.Md.Kep., ketua Posko COVID/SBD periode 2019-2021

“Terima kasih kepada Bapak Bupati yang sudah memberi saya kepercayaan untuk bersama teman-teman  menjalan tugas mulia pencegahan dan penanggulangan COVID-19, saya banyak belajar dan mendapat banyak tambahan ilmu saat berada di posko COVID/SBD” ungkapnya.

Jenga Mathias menambahkan dirinya mendapat motivasi yang luar biasa karena dalam tugas ini sudah mampu membangun komunikasi dan koordinasi baik dengan TNI, Polri, BPBD, Pol PP, Perhubungan dan insan pers dan pada akhirnya bisa berhasil berhasil menuntaskan COVID-19 hingga saat ini Kabupaten  SBD tidak ada yang terpapar COVID-19.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak-pihak yang sudah bekerja sama dan juga seluruh teman-teman yang sedang bertugas selama 2 tahun ini. Saya mohon maaf untuk segala kekurangan dan kesalahan saya, biarlah itu menjadi masa lalu kita bersama” tuturnya.

Baca Juga :   POLRI dan Polisi Selandia Baru Tandatangani Kerjasama Pencegahan dan Pemberantasan Kejahatan Transnasional

Dirinya juga tak lupa mengucapkan terima kasihnya kepada Kepala Dinas Kesehatan SBD yang sudah memberikan motivasi dan memberikan masukan-masukan penting terkait penanganan COVID-19.

Dirinya juga berharap tim Satgas COVID-19 yang masih melanjutkan tugasnya untuk tetap semangat dan tetap damai dan sejahtera didalam menjalankan tugas kemanuisaan ini.

“Himbauan saya agar ketua Posko COVID yang baru akan meningkatkan terus kerjsama yang bagus demngan berbagai pihak yang sudah terlibat dalam upaya pencegahan wabah virus corona. Kepada masyarakat SBD agar tidak bosan-bosan menaati protocol kesehatan dan juga menjalankan vaksinasi secara penuh, karena sekarang sudah varian baru Omicorn yang walaupun belum menyebar luas di Indonesia” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan SBD, drg. Yulianus Kaleka memberi apresiasi yang luar biasa atas dedikasi dan kerja keras Jenga Mathias selama menjabat ketua pelaksana Posko COVID/SBD.

Dirianya menjelaskan Mathias adalah mantan Kepala Bidang di Dinkes SBD, sehingga ketika pension saat menjalankan tugasnya sebagai ketua pelaksana Posko, dirinya masih dibutuhkan untuk melanjutkan tugas kemanusiaan tersebut, karena saat itu (2021) belum ada Kabid P2, sehingga Mathias masih melanjutkan tugasnya.

“Saat ini setelah ada kepala bidangnnya, maka dilakukan pergantian ketua Posko Satgas COVID/SBD yang ditangani langsung oleh Kabid P2 Dinkes SBD” ungkapnya.

Kadis Kesehatan menjelaskan dengan capaian tugas yang telah dicapai oleh Mathias bersama timnya saat ini SBD dalam posisi 0 positif COVID-19, sehingga menjadi semangat tersendiri bagi tim yang baru dan juga pimpinan yang baru untuk mempertahankan capaian tersebut.

“Masa pergantian ini ketua posko ini berada dalam posisi Natal dan Tahun Baru, sehingga kita harapkan tidak muncul kasus-kasus baru karena adanya kerumunan orang dan kumpulan orang yang tidak bisa dihindari, kita berharap masyarakat akan tetap mematuhi protocol kesehatan sehingga tidak muncul kasus yang baru” jelasnya.

Baca Juga :   KAPOLRES SUMBA TIMUR TURUN KEJALAN TEMUI GERAM

Yulianus Kaleka  juga berharap agar ketua posko yang baru bisa mengatur manajerial yang bagus dalam pelaksanaan Posko Satgas COVID/SBD, karena harus bisa mengatur waktu diantara tugas sebagai kepala bidang dan ketua posko.

“Kita berharap beliau bisa membangun kerjasama yang bagus, kekompakan tim sehingga menjalankan tugasnya dengan baik, apalagi saat ini kita dihantui dengan wabah virus yang baru virus corona Omicron. Jadi butuh kerjasama yang baik antara semua pihak untuk mencegah virus baru tersebut” tambahnya.

Dirinya juga berharap masyarakat SBD dalam merayakan malam tahun baru tetap memperhatikan anjuran protocol kesehatan, sehingga menekan atau meminimalisir penyebaran virus baru tersebut.

Dalam kesempatan itu juga Kadis Kesehatan Yulianus Kaleka mengucapkan selamat Natal dan Tahun Baru 2022 bagi seluruh masyarakat SBD, semoga wabah virus corona ini cepat berlalu, dan kita menyongsong kehidupan yang baru di tahun yang baru. *** (Octa/002-21),-