Semangat Kebersamaan, Prajurit dan PNS TNI-AD, Primer Koperasi Kartika Kodim 1613/SB Adakan RAT

Waikabubak-SJ……… Dengan semangat kebersamaan dan kemandirian, Primkop Kartika Kodim 1613/Sumba Barat melaksanakan RAT (Rapat Anggota Tahunan) Tutup Buku tahun 2021 bertempat di Aula Terbuka Kodim, Jl. Gajah Mada, Kelurahan Maliti, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Selasa (29/3/22).

Rapat Anggota Tahunan (RAT) bagi sebuah koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan, karena merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi. Selain itu, RAT juga merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi yaitu sebagai kekeluargaan dan sebagai wujud tanggung jawab jawaban mengemban tugas dalam pengelolaan koperasi.

Tema yang diusung dalam pelaksanaan RAT Primkop Kartika Kodim 1613/Sumba Barat adalah semangat kebersamaan, kemandirian dan kerja keras kita tingkatkan peran Koperasi Angkatan Darat dalam mendukung kesejahteraan prajurit dan ASN TNI-AD.

Pada pelaksanaan RAT yang dibuka langsung oleh Dandim 1613/Sumba Barat, Letkol Czi Rahadian Firnandi, S.Hub.Int mengungkapkan, koperasi ini dari kita dan untuk kita maka harus bisa mensejahterakan anggota semua, dengan zaman yang terus berkembang, persaingan semakin ketat, kami harap pengurus dan pengawas dapat melaksanakan reformasi total koperasi.

“Rapat Anggota Tahunan merupakan kegiatan yang penting, karena merupakan kekuasaan tertinggi dalam koperasi, untuk memperoleh kesepakatan anggota dalam menetapkan rencana kerja dan rencana anggaran pendapatan belanja, serta mengesahkan tugas pertanggungjawaban dalam melaksanakan laporan,” tegas Dandim.

Dandim menjelaskan Rapat Anggota Tahunan merupakan kekuasaan tertinggi dalam tata kehidupan perkoperasian yang rutin setiap tahun, namun demikian juga dengan forum ini jangan dipandang sebagai sesuatu hal yang rutin dan memenuhi ketentuan dalam undang-undang perkoperasian, melainkan kegiatan yang sangat penting ini merupakan wahana anggota untuk saran dan masukan bagi pengurus demi kemajuan koperasi kedepannya.

Baca Juga :   Bupati Dapawole: 2020 Fokus Pembangunan Pasar Rakyat, 2021 Fokus Pembangunan Pasar Modern Sumba Barat

Mengingatkan peserta RAT yang hadir, dalam Rapat Anggota Tahunan ini, anggota koperasi juga dapat memilih pengurus atau mempertahankan pengurus yang lama untuk menjalankan tugas koperasi agar mensejahterakan anggota.

“Koperasi harus memiliki usaha yang lain, tidak usah terlalu besar, tetapi bisa mensejahterakan anggotanya, contoh usaha kecil seperti budi daya ikan lele dan sebagainya,” ujar Dandim Letkol Rahadian Firnandi.

Sementara itu Ketua Dekopinda Kabupaten Sumba Barat saat memberikan sambutan menyatakan harapan dengan selenggarakannya RAT ini, semua rencana kerja, rencana anggaran dan semua hasil keputusan RAT ini dapat memenuhi pelaksanaan kerja dan rencana anggaran yang hasilnya dapat bermanfaat bagi anggota beserta keluarga Kodim 1613/SB,.

“Rapat anggota merupakan mementum anggota untuk menyampaikan pendapatnya dan untuk memilih pengelola koperasi yang baru dan kegiatan yang terjadi harus direncanakan secara matang agar tidak ada masalah di kemudian hari,” ungkapnya.

Setelah mendapatkan saran dan usul dari anggota, pertanggung jawaban pengurus Primkop Kartika Kodim 1613/Sumba Barat akhirnya dapat diterima oleh seluruh peserta RAT. Anggota menyambut baik program kerja kedepan pengurus Primkop Kartika yang baru, agar bisa mensejahterakan seluruh Prajurit dan PNS Kodim 1613/Sumba Barat. *** (Yunia/004-22),-