KOPDIT PINTU AIR GELAR RAT

Suarajarmas.com – KSP Koperasi Kredit (Kopdit) Pintu Air Rotat Indonesia mengelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2022 bertempat di Aula Lantai III  Sumur Yakob, Dusun Rotat, Desa Ladogahar, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Kamis, (4/5/23)  yang diikuti oleh seluruh anggota di cabang masing-masing baik secara langsung maupuan virtual yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hadir dalam kesempatan ini wakil Bupati Sikka,  Romanus Woga, Ketua Umum KSP Pintu Air Yakobus Jano, Ketua Pengawas Pintu Air, Bernabas Hening, A.Md, General Manager Pintu Air,  Gabriel Piton Sorowutun, S.Ak.,M.Ak, Pimpinan Manager Area, Manager dan ketua Komite dari 5 cabang dengan laba SHU di atas 1 Milyiar, Kepala Dinas Perdangan, Perindustrian dan Koperasi UMKM Kabupaten SIkka, Camat Nita, Pejabat Kepala Desa Ladogahar, pimpianan Puskopdit Swadaya Utama Maumere dan Tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Yakobus Jano,  Ketua Umum KSP Pintu Air mengatakan Kopdit Pintu Air tidak ada apa-apanya sampai dengan saat ini kalau tanpa 50 orang perintis dan pendiri. Oleh sebab itu kita berterima kasih kepada pendiri awal yang telat melatkan dasar kepada kita hingga saat ini lembaga masih berdiri kokoh di usia yang saat ini sudah 28 tahun menjalankan bisnis simpan pinjam di Indonesia.

“Apresiasi yang setinggi-tinggi kepada para pendiri 50 orang yang sekarang masih tinggal 35 orang” ucapnya.

Lebih lanjut Jano mengatakan pergilah dan lakukan. Kita diutus untuk pergi ke pelosok-pelosok, masuk ke kampung-kampung untuk mengajak orang bergabung dalam lembaga Pintu Air. Kita tidak hanya saja sebatas mengajak tapi lebih dari itu kita terus lakukan pendampingan secara terus menerus, secara berkesinambungan  terhadap semua anggota sehingga dari pendampingan kita mereka benar-benar merasakan manfata dari pendampingan kita.

Baca Juga :   Bupati Nelis Lepas 10.000 Bibit Ikan Nila di Wee Wagha

“Lembaga ini adalah milik anggota,  kita hanya dipercayakan untuk mengelola seluruh asset mereka yang ada di lembaga ini. Oleh sebab itu saya minta kita semua sebagai pengelola mari kita jaga kepercayaan ini, kita jalan bisnis ini dengan penuh kasih, layani anggota dengan penuh tanggung jawab karena merekalah pemilik” tambahnya.

Sampai dengan saat ini anggota kita di Kopdit Pintu Air sudah di angka 360 ribu anggota, jumlah yang tidak sedikit dan di tahun 2025 target kita 1 juta anggota. Untuk mencapai target ini dibutuhkan kerjasama, saling menolon, saling membantu dalam bingkai “Kau Susah Aku Bantu, Aku Susah Kau Bantu”.  

Sementara itu,  Menteri Koperasi UMKM,  Teten Masduki dalam sambutannnya secara virtual mengapresiasi Kopdit Pintu Air yang telah membantu Pemerintah dalam menjalan Bisnis Simpan Pinjam untuk anggota dalam mengembangkan usaha mereka. Permerintah Terus Mendorong Koperasi dalam tantang Global saat ini. Kita akan fokuskan Penguatan SDM yang Inovatif sehingga bisa menghadapi tantangan yang akan dihadapi,

Lebih lanjut Teten mengatakan,  saat ini kita sementara ciptakan regulasi yang lebih berpihak pada Koperasi dan UMKM, selain itu kita juga sementara siapkan Rancangan Undang-undang (RUU) pengkoperasian yang nantinya Koperasi bisa memberikan ruang usaha bagi koperasi secara luas.

Pantaun Media ini kegiatan RAT Kopdit Pintur Air berjalan lancar. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 4-5 Mei 2023. Lima cabang mendapat penghargaan dengan laba di atas  1 Milyiar pada tahun buku 2022. Cabang –cabang tersebut yaitu 1. Cabang Betun kabupaten Malaka, 2. Cabang Weetebula kabupaten Sumba Barat Daya, 3. Cabang Atambua Kabupaten Belu, 4. Cabang Akareso Makasar Kota Makasar, 5.Cabang Oesao kabupaten Kupang *** (EBuga/009-23).-