KADIN BUKAN UNTUK MENCARI PROYEK TETAPI MENCIPTAKAN PROYEK

Tambolaka-SJ….. Pengurus Kamar Dagang dan Industri  Indonesia (KADIN) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum Kadin NTT di Pantai Kawona Desa Kadipada Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten SBD  Nusa Tenggara Timur, Selasa (7/9/21).

Ketua Kadin SBD terlantik Yosef Yanward Uma Kalada (kiri) menandatangani berita acara pelantikan disakikan Bupati SBD, Kornelius Kodi Mete (kanan) dan Ketum Kadin NTT, Abraham Liyanto (kedua dari kanan)

Disaksikan oleh Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete, Dandim 1629/SBD, Letkol Inf. Alfat Denny Andrian, beberapa pimpinan OPD, pimpinan BUMN dan para tamu undangan, Ketua Umum Kadin NTT Ir. Abraham Liyanto melantik dan mengukuhkan kepengurusan Kadin SBD periode 2021-2026.

Dalam arahannya Ketua Umum Kadin NTT Abraham Liyanto mengatakan Kadin merupakan satu-satunya organisasi di Indonesia yang ada undang-undangnya,  UU nomor 1 Tahun 1987.  Oleh karena itu otomatis Kadin menjadi mitra dari pemerintah.

“Kalau di pusat mitranya dengan  presiden,  kalau di provinsi dengan gubernur dan kalau di Kabupaten mitranya dengan Bupati, tentunya  dengan semua jajaran dibawahnya. Kadin juga diperkuat dengan Keppres nomor 17 tahun 2010.  dan itulah fungsinya dagang dan industry” ungkapnya.

Lebih  lanjut Liyanto menjelaskan Kadin bukan untuk mencari proyek tetapi menciptakan proyek, itulah makna dari Kadin yang sebenarnya.

“Kalau belum paham, kadang-kadang malas jadi.pengurus Kadin, pengurus Kadin harus mampu berinovasi” jelasnya.

(ki ke ka) Dandim 1629/SBD, Letkol Inf. Alfat Denny Andrian, Ketum Kadin NTT, Ir. Abraham Liyanto, Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete, Ketua Kadin SBD, Yosef Yanward Uma Kalada

Sebelumnya ketua Kadin SBD terlantik Yosef Yanward Uma Kalada dalam sambutannya mengatakan dirinya dan rekan-rekan pengurus Kadin yang baru dengan penuh syukur menerima mandat yang diberikan ini dan berjanji untuk berupaya melaksanakan tupoksi Kadin yakni bersinergi dengan pemerintah dan para pelaku usaha dalam usaha meningkatkan perekonomian daerah dengan cara memperkuat jaringan kemitraan di berbagai sektor pembangunan.  

Baca Juga :   Pemda & Investor Sepakati Bangun Pariwisata SBD

“Kadin SBD akan membuka peluang usaha dan mengembangkan potensi unggulan daerah dan menjadi salah satu pelopor perubahan di SBD” ujarnya.

Dirinya juga menambahkan dalam menjalankan usaha-usahanya, tentunya tidak terhindar dari berbagai tantangan bahkan masalah,  oleh sebab itu dirinya  mengajak para anggota untuk membangun rasa saling percaya,  saling membina hubungan yang baik secara internal maupun eksternal agar dalam waktu bersamaan dapat menjawab tantangan serta menemukan solusinya.  

“Hal itu akan terwujud jika setiap anggota Kadin SBD terlibat aktif dan memanfaatkan organisasi ini secara optimal,  sebagai nakhoda baru saya menyadari akan sejumlah tantangan menghadang terutama lesunya perekonomian akibat  COVID-19,  oleh karena itu kita perlu bergandengan tangan menemukan metode dan strategi baru dalam menghadapi masa pandemi ini” jelasnya.

Yosep Uma Kalada berjanji akan terus berupaya menumbuhkan Kadin SBD  sebagai salah satu organisasi payung yang mandiri,  professional,  kreatif dan inovatif bagi para pengusaha di SBD sehingga bisa lebih produktif mengembangkan kerjasama sinergis,  mewujudkan iklim usaha yang sehat serta kesejahteraan anggota KADIN dan warga SBD pada umumnya.

Tak lupa diirnya juga memberi apresiasi pada pengurus Kadin sebelumnya yang telah membangun pondasi yang kuat bagi Kadin SBD.

“Saya menyampaikan terima kasih yang tulus dan apresiasi yang tinggi kepada pengurus lama yang telah membangun pondasi yang kokoh, untuk terus berkiprahnya Kadin di SBD. Saya juga menyampaikan terima kasih yang tulus kepada bapak ketua umum Kadin provinsi NTT,  bapak Ir. Abraham Liyanto karena telah berkenan memimpin langsung acara pelantikan pengurus Kadin SBD pada hari ini” pungkasnya.

Pantauan media acara pelantikan dan pengukuhan pengurus Kadin SBD periode 2021-2026 ini dilanjutkan dengan acara penantanganan MOU pengurus Kadin SBD dengan pihak Perbankan, Jasa Raharja dan Pertamina.*** (Octa/002-21),-