PUTRI NDARA TANGGU KAHA TINGGALKAN MASA LAJANGNYA

Tambolaka-SJ………………. Putri tunggal Wakil Bupati SBD dr. Maria Hyronima Barnesi Kaha akhirnya tinggalkan masa lajangnya. Putri Ndara Tanggu Kaha ini menikah dengan Gerson Loru anggota Polres Sumba Barat yang bertugas di Polsek Wewewa Barat.

Pemberkatan Nikah kedua mempelai ini dilaksanakan di GKS Mata Waitabula pada Sabtu, 17 November 2018 siang tadi disaksikan oleh rumpun dua keluarga besar Loru dan Kaha serta kerabat dan handai taulan. Tampak juga hadir dalam pemberkatan nikah ini, Bupati Sumba Barat Niga Dapawole bersama ibu, Wakil Bupati SBD terpilih Kristian Taka bersama ibu, Ibu Kapolres Sumba Barat, Pater Robert Ramone pimpinan Rumah Budaya Sumba, Manajer cabang BRI Eduard Ndapatady bersama Ibu dan rekan-rekan kerja kedua mempelai.

Pemberkatan Nikah Kudus ini dipimpin langsung oleh Pdt. Irene Takandjandji, S. Th di GKS Mata pada pukul 11.00 Wita siang tadi, sedangkan repsepsi pernikahan akan dilaksanakan di lapangan SMK Pancasila Jl. Cendana Tambolaka SBD pada sore hari nanti pukul 17.30 Wita sampai dengan selesai.

Pdt. Irene Takandjandji, S.Th saat membawakan khotbahnya

Dalam khotbahnya Pdt. Irene menekankan tentang kebahagiaan bersama suami istri dalam rumah tangga. Bahwa kita harus mempedomani cinta yang sempurna yang merupakan milik Kristus. Cinta yang sejati adalah cinta yang hanya bisa dipisahkan oleh maut.

“Pernikahan yang bahagia itu bukanlah pernikahan yang tidak pernah mengalami kesukaran-kesukaran hidup. Kuncinya terletak pada  bagaimana pikiran dan perkataan suami istri itu harus seia-sekata, sehati, sepikir dan sungguh-sungguh mempedomani kasih Kristus dalam kehidupan Rumah Tangganya” tutur Pdt. Irene.

Bupati Sumba Barat, Niga Dapawole yang biasa disapa bapak Ida kepada media mengatakan sebagai orang tua dirinya berharap kedua pasangan ini bisa hidup berbahagia dan langgeng terus kedepan. Bupati Niga juga berpesan hidup ini akan terus mengalami fluktuasi, ada saatnya kita di atas tetap berbuat yang baik, jika  saatnya kita di bawah juga tetap yang terbaik kepada semua orang.

Baca Juga :   Sidang Paripurna Istimewa Dalam Rangka HUT Kabupaten Sumba Tengah Ke-14
Bupati Sumba Barat Drs. Agutinus Niga Dapawole sekaligus keluarga dari dr. Maria saat menghadiri pemberkatan nikah di GKS Mata

“Apalagi orang yang sudah berbuat pada kita, kita harus juga berbuat baik, supaya doa-doa mereka untuk kita pasti akan dijawab oleh Tuhan” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati Niga menjelaskan dirinya merasakan satu kebahagiaan yang tidak terkirakan  karena tidak membayangkan dr. Maria mendapatkan jodohnya di Sumba, jadi walaupun setelah pensiun nanti keluarga Ndara Tanggu kembali lagi ke Jakarta, tapi pasti akan sering datang ke Sumba mengingat ada putrinya di Sumba.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dra. M.H.W. Monteiro (Mama Ida/Ny. Bupati Sumba Barat) yang merupakan saudari dari Ibu Maria Ely Kaha Benge ibu kandung dr. Maria memberi pesan pada Gerson dan Maria bahwa dalam rumah tangga itu ada suka dan dukanya, tetapi jika semuanya dibawa di kaki salib Yesus, maka semuanya akan dihilangkan oleh kasih dan karunia daripada Tuhan kita Yesus Kristus dan Bunda Maria.

Lebih lanjut juga Mama Ida berpesan bahwa Nona (dr. Maria) hanya berpisah rumah tetapi kasihnya tetap aka nada di kedua orang tuanya.

“Kasih Bapak Ndara dan Mama Elly tidak mungkin akan dilupakan oleh Nona, selalu tetap aka nada di hati Nona, walaupun budaya membuat kita harus berpisah tetapi kasih dari seorang ibu dan bapak tidak akan apapun juga” ungkapnya terharu.

Eduard Ndapa Tady yang merupakan keluarga dan sahabat dekat Ndara Tanggu juga merasakan kebahagiaan yang sama dengan berlangsungnya pernihakan Gerson dan Maria. Bapak Umbu sapaan akrab Edu Ndatady mengatakan makna pernihakan Gerson dan Maria cukup dalam dalam karena didahulukannya urusan gereja baru urusan adat.

Baca Juga :   AKHIRNYA KARANG INDAH TETAP DI SBD

“Ini merupakan hal yang luar biasa dan menjadi contoh untuk keluarga yang lain, biasanya kalau urusan adat belum selesai maka pernikahan gereja menjadi terabaikan, nikahnya ditunda dan lain sebagainya. Apalagi Ndara Tanggu adalah wakil bupati yang merupakan public figure ini akan menjadi contoh yang sangat baik buat kita semua di Sumba” ujarnya.

Lebih lanjut Bapak Umbu menambahkan melihat pengabdian yang tulus dari Ndara Tanggu Kaha dan sampai putriinya yang tunggal menikah disini, ini merupakan satu pengabdian yang total, sehingga menjadi panutan kita yang lain, walaupun keluarga Ndara Tanggu 30an tahun di Jakarta, setelah kembali betul-betul secara total mengabdi dan mau tinggal di Sumba.

Untuk kedua mempelai Edu memberi wejangan bahwa yang mengendalikan sebuah rumah tangga yang bahagia adanya di pikiran. Kalau kita selalu berpikir postif semuanya akan selalu berjalan dengan baik.

“Kalau kita sudah berpikir postif, biar dalam keadaan sibuk bagaimanapun  kepercayaan kepada suami atau istri yang didahulukan” tuturnya lebih jauh.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ina Pageru (Mama Umbu) yang mendamping Bapak Umbu merasakan kebahagiaan yang sama dan mengucapkan selamat bagi kedua mempelai maupun kedua keluarga besar Wewewa an Kodi ini.

“Selamat berbahagia untuk ibu dokter Maria dan pak Gerson, semoga rumag tangganya langgeng selalu, diberkati Tuhan. Dalam setiap pergumulan agar selalu bersandar pada Tuhan, itu yang merupakan inti dari sebuah rumah tangga yang diberkatinya.

Ferdinand Dangga Loma salah satu keluarga dari Gerson Louro juga berpesan agar kedua pasangan yang berbahagia ini hidup bahagia dan langgeng selalu, bertahan sampai tua, semua rumah tangga pasti ada kerikil-kerikil yang mengganggu, serahkan semua pada Tuhan yang Kuasa yang empunya kehidyuoan ini.  Hingga berita ini diturunkan kedua keluarga besar sedang bersiap-siap untuk melangsungkan acara resepsi pernikahannya pada sore malam hari nanti. (OC$),-

One comment

  1. wkwkwkwkwkwk kok bisa ada berita seperti ini sabung ayam di depan mata gak dipublish tapi hal gak penting seperti pernikahan ini dipublish. nilai beritanya gak ada bro
    media koplak wakakakaka
    wartawan karbitan

Leave a Reply

Your email address will not be published.