Perekaman E-KTP Di Bali, Karya Nyata Program 100 Hari Bupati Nelis & Wabup Chris

Denpasar-SJ……………..Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) provinsi NTT  melakukan perekaman E-KTP kepada warganya yang merantau di Bali. Perekaman tersebut  dilakukan di Jalan Jempiring Nomor 21, Desa Dauh Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Senin (13/01/20).

Wabup SBD, Marthen Christian Taka, S.IP (tengah) saat memberikan sambutan sebelum perekaman E-KTP dilakukan

Wakil Bupati SBD, Marthen Christian Taka bersama ibu, Wakil Ketua I DPRD SBD H. Samsi Pua Golo, Wakil Ketua II Maxsimilianus Kaka dan Agustinus Pandak selaku PLT Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil turut hadir dalam perekaman tersebut.

Dalam sambutannya Chris Taka mengatakan, perekaman E – KTP bagi warganya  dilaksanakan di Bali didasari dua hal. Pertama, untuk melaksanakan program pendataan penduduk oleh pemerintah. Hal ini merupakan salah satu program kerja 100 hari pertama sejak dirinya bersama Bupati Kornelius Kodi Mete di lantik  pada 8 September 2019.

Kedua, program ini menyasar sampai ke Bali untuk merespons keluhan warga IKSBD-Bali  yang tidak memiliki identitas E-KTP. Dalam pendataan pemda, penduduk SBD lebih banyak mencari penghidupan  di derah Bali, dan pihaknya merencanakan untuk  dianggarkan lagi tahun depan.

“Pelayanan perekaman E-KTP di SBD terhambat dikarenakan  masalah jaringan internet. Jaringan Telkomsel sering mengalami gangguan. Apalagi jaringan yang digunakan untuk merekam KTP ini adalah jaringan khusus. Kami hadir hari ini karena kami tidak mau menjadikan hambatan itu sebagai alasan untuk tidak melayani rakyat” ungkap Chris Taka.

Mengenai banyaknya masyarakat SBD yang datang ke Bali, menurut Christian Taka dipengaruhi oleh tiga motif, yakni kuliah, mencari pekerjaan dan ketiga adalah “pelarian” dari pelaku kasus kriminal di SBD. Dia menduga oknum yang melakukan tindakan kriminal di Bali ini adalah oknum yang memiliki catatan kriminal di SBD.

Baca Juga :   HI DAN CIS TIMOR DAMPINGI KELOMPOK RENTAN DI SBD

“Saya berharap agar kedepan warga  SBD yang berkelakuan baik bisa memberikan hal yang positif di Pulau Bali ini. Sehingga diharapkan para oknum yang berulah itu sadar bahwa apa yang mereka lakukan tidak dapat dibenarkan  oleh aturan. Apalagi Pulau  Bali ini adat, budaya dan wisatanya luar biasa. Jangan sampai itu tercoreng” uajrnya menutupi sambutannya.

Agustinus Pandak selaku PLT Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mengatakan rencana  awalnya adalah merekap E-KTP untuk 500 orang. Ternyata setelah kami tiba di Bali yang sudah terdaftar sebanyak 1.000 lebih orang. Dia mengaku dalam catatan Disdukcapil warga SBDs yang merantau di Bali sekitar 3.100. Faktanya di sini warga sumba barat daya diatas 7.500 lebih.

“Ribuan warga ini datang ke Bali melalu jalur darat, laut dan udara. Kami akui ada kelemahan dalam pengawasan. Sekitar 7.500 warga yang ada di Bali itu saya terima dari paguyuban SBD,  dari jumlah tersebut sekitar 3.500 yang masuk paguyuban,” tuturnya.

Gidion Ndapatady Ketua umum paguyuban IKSBD-Bali  mengatakan, perekaman E-KTP ini digelar karena banyak sekali warga IKSBD  di Bali yang tidak memiliki identitas. hal itu yang memicu  pihaknya melakukan pendekatan dengan pimpinan DPRD SBD, setelah dibicarakan bersama pemda SBD maka perekaman E-KTP dapat digelar hari ini.

“Kami berharap dengan kegiatan  ini kami bisa menertibkan warga kami, dan  apa yang terjadi selama ini adalah ulah oknum tertentu yang bukan warag IKSBD-Bali” tuturnya.

Ketua umum  Flobamora Bali, Yosep Yulius Diaz menyambut baik adanya Perekaman E-KTP yang di lakukan oleh Pemkab SBD. Ini adalah bagian dari pencarian solusi terhadap seringnya warga SBD terlibat kasus di Bali.

“Akhirnya hari ini salah satu upaya penertiban penduduk dari SBD ini dilakukan langsung oleh Bapak Wakil Bupati SBD. Saya menilai ini sebagai bentuk perhatian yang perlu diapresiasi. Kami sebagai pengurus  Flobamora Bali sebenarnya sudah berupaya semaksimal mungkin dan kami akan terus menerus mengupayakan ke arah yang lebih baik” ungkapnya.

Baca Juga :   PENERBANGAN DI BANDARA TAMBOLAKA MULAI RAMAI KEMBALI

Pantauan media pelaksanaan perekaman E-KTP ini mendapat respon yang sangat positif dari warga SBD yang ada di Bali, dan kegiatan pelaksanaan perekaman berjalan dengan aman, lancar dan tertib. ***

Liputan: Fian OJ,-

Leave a Reply

Your email address will not be published.