PENTINGNYA KOLABORASI PEMERINTAH DAN MASYARAKAT DALAM MEMERANGI PENYEBARAN COVID-19 DI KONAWE.

Penulis: Dandy Pailing

Nilai-nilai yang mendasari suatu kolaborasi adalah tujuan yang sama, kesamaan persepsi, kemauan untuk berproses dan saling memberikan manfaat. Ditengah pandemic Covid-19  yang semakin mengerikan ini, sangat penting kolaborasi antara Pemerintah dan Masyarakat dalam menghadapi semua masalah yang ada.

Kalau kita mengilustrasikan Pemerintah dan Masyarakat ini dalam sebuah hubungan suami istri, atau hubungan dua sejoli yang saling berpegangan tangan dalam menghadapi segala pergumulan, kegembiraan bahkan kedukaan, pasti mereka akan selalu menjaga, selalu mengingatkan, selalu memperhatikan dan selalu melakukan hal yang sederhana tapi mempunyai dampak yang besar dalam hubungan asmara mereka.

Permasalahan yang ada pada saat ini, Sudahkah Pemerintah & Masyarakat Konawe menjalin hubungan yang harmonis seperti ilustrasi di atas? Melihat kenyataan ditengah pandemic ini, kurangnya peran Pemerintah dalam mengingatkan dan menjaga serta memberikan manfaat langsung ditengah masyarakat. Fakta bahwa peran Pemerintah dalam hal membantu para korban covid 19, khususnya pembagian logistikpun belum merata.  Yang anehnya lagi, banyak masyarakat kabupaten Konawe belum mendapatkan bantuan, namun mereka malah menyumbangkannya ke Kabupaten lain (Ibu Kota Kendari). Belum lagi 500 TKA yang sempat diisukan akan masuk ke tambang di Konawe/Morosi (dikutip dari Kendariinfo).

Permasalahan lain, kurangnya sinergi TNI/POLRI dalam menghilangkan semua bentuk keramaian yang ada disekitar Konawe. Maka perlu banyak pembenahan dan upaya dalam menghadapi kondisi yang semakin mengerikan ini, kata mengerikan tidak terlalu berlebihan melihat jumlah yang terjangkit Covid-19 di Konawe semakin bertambah. Maka dari itu perlu tindakan yang nyata bukan sekedar pencitraan dalam Media.

Sebaliknya dikalangan masyarakat kesadaran dalam sosial distancing dan physical distancing masih sangat minim dan tidak mengindahkan himbauan pemerintah, masih banyak perkumpulan-perkumpulan dan keramaian yang sering terjadi di masyarakat.

Baca Juga :   PILKADA 2020 BUKAN MEMISAHKAN PERSAUDARAAN

Kenyataan lain yang terlihat sehari-hari kurangnya tindakan masyarakat dalam mengikuti segala prosedur/protokol kesehatan yang telah disiapkan oleh Pemerintah, selalu menyepelekan segala himbauan mulai dari beribadah yang sekarang dianjurkan hanya ibadah dirumah, tapi tetap saja masih banyak yang tidak mengindahkan hal itu dan masih ada juga masyarakat yang membuat keramaian, bahkan balap liarpun menjadi trending di Konawe  saat ini.

Kolaborasi bisa juga diartikan sebagai bentuk kerja sama, namun apakah Pemerintah & Masyarakat di Konawe sudah bekerja sama dengan baik ? Ataukah hanya sebatas kata-kata saja tanpa suatu tindakan yang mempunyai banyak dampak dan manfaat ?

Mari kita renungkan hal ini bersama-sama, mari kita saling berkolaborasi dalam memerangi wabah yang sangat mengerikan ini, demi mencapai suatu tujuan yang sama yaitu “Kesehatan Bersama ”. Slogan yang tepat untuk saat ini adalah “Kesehatanmu adalah Kesehatanku juga, Stay Health and Stay at Home for safe The World”.-**

Penulis: Dandy Pailing(Kabid Or GMKI Cabang Denpasar),-