KAPOLDA NTT RESMIKAN POLRES SBD

Suarajarmas.com – Kapolda NTT, Irjen Pol Drs. Jhoni Asadoma, M.Hum., meresmikan gedung Mapolres Sumba Barat Daya (SBD) NTT, disaksikan Forkompimda, OPD, BUMD, Camat, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Pengusaha dan tamu undangan lainnya.

Peresmian Mapolres SBD yang dilaksanakan pada Rabu (15/11/23) didahului dengan penandatanganan prasasti Mako Polres  SBD yang dilanjutkan dengan pengguntingan pita. Kapolda didampingi Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete, Mantan Bupati Markus Dairo Talu, SH., Dandim 1629/SBD, Letkol Czi Novi Kurniawan, ST., Kapolres SBD, AKBP Sigit Harimbawan, S.IK., MH., PJU Polda NTT memantau langsung gedung Polres SBD setiap rauangannya.

Dalam sambutannya Kapolda NTT, Irjen Pol Drs. Jhoni Asadoma, M.Hum., memberi apresiasi atas pembangunan gedung Polres SBD yang sudah berjalan dengan baik dan menghasilkan gedung yang megah, artistic dengan dukungan dana APBN sebesar Rp. 4,7 M lebih.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak demi terwujudnya pembangunan gedung megah Polres SBD ini. Gedung yang megah ini harus didukung dengan kinerja Porlres yang baik dalam memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat, sehingga Kamtibmas dapat terwujud di wilayah Kabupaten SBD ini.

“Dengan gedung yang  megah ini, harapan masyarakat adalah pelayanan tugas Polri semakin baik. Gedungnya bagus, sarana prasarana lengkap maka Polri harus cepat,  ramah, tanggap, pro aktif dan memberikan solusi dalam melayani masyarakat, akan meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat pada Polri” ungkapnya.

Irjen Jhoni Asadoma juga mengakui masih banyak hal-hal yang perlu dibenahi dan dilengkapi di Polres SBD, khususnya masalah personil yang baru 24,8% dari jumlah personil  yang seharusnya berjumlah 1.086 personil, tetapi baru terpenuhi 269 personil untuk melayani 11 kecamatan di SBD.

Baca Juga :   MANUNGGAL AIR, PROGRAM ANDALAN TNI AD

Tingkat kepercayaan masyarakat pada Polri pernah mencapai 82%, sempat turun pada tahun lalu (2022) dibawah 60%, setelah dilakukan evaluasi dan kerja keras menata kembali kinerja dari Polri  pada tahun 2023 ini naik kembali 76%.

Kapolda juga berharap adanya dukungan dari Pemda dengan dukungan dana hibah untuk mendukung peningkatan pelayanan pada masyarakat khususnya di daerah-daerah terpencil seperti Kodi Balaghar, Wewewa Utara  dan Loura. Polsek masih membutuhkan dukungan kendaraan roda 2 untuk memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat.

“Kita harapkan adanya kerjasama dan koordinasi dari Pemda dengan TNI/Polri, pimpinan tertinggi di kabupaten adalah Bupati kami harapkan mengkoorinasikan, mengaarahkan, membimbing, memberdayakan semua instansi-instansi di bawahnya. Polri, TNI, Kejaksaan, tetap menjalankan tanggung jawab  dari Bupati. Ada hal-hal tertentu yang tidak bisa diintervensi, Bupati merupakan pimpinan Forkompimda di kabupaten” jelasnya.

Sebelumnya Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerja keras Polri dalam membangun gedung Polres SBD yang megah, rapih dan artistic, jalnnya hotmix. Gedung Polres SBD lebih gagah dari kantor daerah Pemda SBD.

“Saya senang sekali bangunan Polres SBD, Kodim 1629/SBD megah dan indah, kami harapkan instansi vertical lainnya segera di bangun. Kami siapkan lokasi untuk kejaksaan di sekitar sini dan kami harapkan segera dibangun karena itu merupakan dambaan masyarakat untuk mewujudkan ketentraman, ketertiban demi melanggengkan pembangunan SBD” tutur Bupati SBD.

Kapolda NTT, Irjen Pol Drs. Jhoni Asadoma, M.Hum., (depan) saat memberikan keterengan pers pada awak media usai meresmikan Mapolres SBD

Bupati SBD juga menyampaikan terima kasih pada Polri yang mempunyai atensi dalam pembangunan SBD lewat pembinaan infrastruktur. Bupati menyadari belum memenuhi apa yang menjadi harapan  dari Polsek Kodi dan Kodi Balaghar khususnya masalah kendaraan roda dua untuk mendukung pelayanan Kamtibmas.

Baca Juga :   HARI KELAHIRAN PANCASILA SEMANGAT UNTUK MEMBERANTAS KEMISKINAN

“Kita berharap agar BUMN, BUMD melalui dana CSRnya bisa membantu memberikan dukungan bagi TNI dan Polri. Khusus bagi Intel Polres SBD yang akan memantau situasi dan kondisi menjelang Pemilu 2024 agar benar-benar bisa mendapat dukungan dari kita semua” harapnya.

Untuk diketahui Kapolda NTT di terima dengan budaya  Sumba oleh Polres SBD sebelum meresmikan gedung Mapolres SBD. Usai meresmikan gedung Polres SBD, Kapolda NTT bersama rombongan melanjutkan kunjungannya ke desa Kadipada untuk memberikan bantuan sembako dan dilanjutkan dengan kunjungan ke Mako Brimob Batalyon C NTT. *** (Red/001-23).-