Jelang Hari Raya Idul Fitri, BPOM Kupang Lakukan Sidak

Waikabubak-SJ………. Menjelang perayaan hari raya Idul Fitri,  Balai  Pengawas Obat dan Makanan Kupang melalui Pos POM Waingapu Sumba Timur melakukan inspeksi mendadak (sidak) produk pangan di sejumlah toko yang ada di Kota Waikabubak menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Hal tersubut dikatakan oleh  Koordinator pos pom Bernardus Beda Moron, S.Si.,M.Hum kepada media ini saat melakukan sidak di sejumlah toko yang ada di Kota Waikabubak,  Rabu (20/04/22). Dalam sidak tersebut Koordinator pos pom Bernardus Beda Moron, S.Si.,M.Hum bersama sataf turut didampingi Disdagperikop dan UKM Sumba Barat petugas kepolisian Polres Sumba Barat serta Sat Pol PP.

Sementara itu  Koordinator Pos POM Waingapu Sumba Timur Bernadus Beda Moron,S.Si,M.Hum menyampaikan bahwa menjelang ramadan dan hari raya Idul fitri untuk kami diperintahkan oleh Kepala Badan POM RI melalui  Balai POM di Kupang. Dan kami diperintahkan untuk melakukan untuk pengawasan untuk melakukan intensif kegiatan  pengawasan ini laksanakan  di Kabupaten Sumba Barat kami  laksanakan selama dua hari. Hari pertama kami sudah laksanakan kemarin. Jadi kemarin sarana yang kami pun mengunjungi  sembilan sarana dari sembilan sarana itu ada temuan ada temuan di enam sarana  macam contohnya ada susu Dancow ada susu cilkid juga ada bumbu-bumbu jadi banyak kategori-kategori pangan yang kami amankan.

Kegiatan kami lanjutkan  hari ini yang sudah kami kunjungi dua sarana dan ada tim yang kami ada dua tim yang satu di pasar apakah itu dengan  barang yang  rencana seperti apa, Apakah kerusakan atau jadi rencananya prodak yang kami amankan nanti kami akan melakukan rapat juga akan melakukan  dan kami akan pastikan dengan rekam jejak dari toko-toko itu apakah dia pernah melakukan pelanggaran intinya di saat menjelang hari raya ini tapi benar-benar ingin supaya masyarakat itu  membeli pangan yang aman dan prodak yang konsumsi itu benar-benar yang terjamin mutunya dan khasiatnya.

Baca Juga :   KADIN BUKAN UNTUK MENCARI PROYEK TETAPI MENCIPTAKAN PROYEK

Bernadus juga mengatakan bahwa dalam pemeriksaan produk pangan diantaranya mengecek kondisi kemasan juga memastikan tanggal produk tidak melebihi masa kedaluwarsa.Yang dicek salah satunya kemasan juga tanggal produk.

Bernadus juga berpesan kepada masyarakat yang akan berbelanja memenuhi kebutuhan jelang Hari Raya agar lebih selektif dalam memilih barang, melihat tanggal kadaluarsa atau bahkan label halal, serta memeriksa apakah barang tersebut dalam kondisi rusak atau tidak,” pungkasnya.

Bernadus juga menghimbauan kepada masyarakat Sumba Barat khususnya  di Pulau Sumba jadi saat menjelang hari raya idul fitri pada saat berbelanja di toko-toko di kios ataupun di supermarket,jadi mohon agar memperhatikan juga produk yang dibeli terutama tanggal kadaluarsanya kemudian untuk kemasan-kemasan produk itu mungkin belum kaluarsa tapi mungkin sudah rusak dan sudah tercemar dari bahan lain. *** (Yunia/004-22),-