Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik & Keterbukaan Informasi Publik

Staf Ahli Gubernur NTT, Flory Mekeng saat memukul gong tanda dibukanya Rakor Kominfo didamping Wabup SBD, Marthen Christian Taka, Kadis Kominfo NTT dan Ketua Panitia penyelenggara

Tambolaka-SJ ……….. Dinas Komunkasi dan Informatika (KOMINFO) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) gelar Rapat Koordinasi (Rakor)  Bidang Kominfo Provinsi dan Kabupaten/Kota se-NTT di aula hotel Sumba Sejahtera Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) 27-29 Februari 2020.

Kegiatan Rakor dibuka dengan resmi oleh Staf Ahli Gubernur NTT Flory Mekeng mewakili gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat. Dalam sambutannya gubernur NTT yang dibacakan oleh Flory Mekeng mengatakan guna mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik, peningkatan kualitas penyelenggaraan instansi pemerintah dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, revolusi idustri telah memberikan peluang untuk melakukan inovasi pembangunan berbasis elektronik yaitu sistem penyelengaraan pemerintah yang memanfaatkan teknologi informatika dan komunikasi untuk memberikan pelayanan berbasis TIK antara pemerintah, pelaku usaha dan pelayanan masyarakat.

Sistem pemerintahan berbasis elektronik sesuai amanat Kepres No. 95 tahun 2018 telah mengamanatkan dan meletakan dasar dan memberi peluang untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan masyarakat yang terbuka, partisipatif, inovatif, akuntabel serta meningkatkan kolaborasi antara instansi pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota untuk mencapai tujuan bersama dan meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan publik secara digital.

Rakor Bidang Kominfo ini dilaksanakan dengan tema membangun sinergitas untuk penyediaan akses internet dalam mendukung percepatan implementasi sistem pemerintahan yang berbasis elektronik (SPBE) dan keterbukaan informasi publik untuk mewujudkan NTT bangkit, masyarakat sejahtera.

“Diharapkan semua pemangku kepentingan yang hadir saat ini dapat meluruskan peran kolaborasi untuk penyediaan layanan jaringan internet, pelayanan SPBE dan keterbukaan informasi publik yang memberikan manfaat pelayanan kesejahteraan masyarakat” ungkapnya.

Baca Juga :   Pak Gubernur, Kami Bukan Monyet

Pemerintah Provinsi NTT secara tegas berkomitmen untuk mewujudkan visi NTT bangkit, NTT sejahtera dalam bingkai NKRI dengan misi antara lain mewujudkan reformasi birokrasi pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan indikator kinerja antara lain capaian indeks SPBE, capaian indeks keterbukaan informasi publik dan ketersediaan layanan internet secara terintegrasi pada daerah pariwisata.

Wakil Bupati kabupaten SBD, Marthen Christian Taka dalam sambutannya mengatakan merupakan suatu kehormatan dan rasa syukur pemerintah SBD atas perhatian gubernur NTT menjadikan SBD sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Rakor Kominfo Kabupaten/Kota se-NTT.

“Tentu ini akan menjadi momentum membangkitkan motivasi dan spirit kerja masyarakat dan pemerintah untuk terus melakukan pembaharuan dan pembangunan khususnya di sektor komunikasi dan informatika sebagai salah satu leading sektor penggerak ekonomi masyarakat” tuturnya.

Lebih lanjut Chris Taka menjelaskan kondisi SBD yang masih terbatas akses internetnya. Dari 173 desa dan 2 kelurahan  yang mendapatkan akses internet baru 104 desa dan 2 kelurahan tersebut. Karena itu tahun ini (2020 red) SBD mendapat bantuan based transifer system dari Kementrian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Aksebilitasi Telekomunikasi dan Informatika, sehingga diharapkan dengan adanya bantuan ini dapat menambah jangkauan akses internet sebagai penunjang suksesnya program 7 jembatan emas.

“Melalui Rakor ini kita harapkan mendapatkan solusi dan pencerahan atas segala permasalahan yang ada serta dapat meningkatkan peran dan fungsi komunikasi dan informatika di daerah sebagai pusat data dan informasi dalam melaksanakan pelayanan publik yang lebih baik” ujar Wabup Chris Taka.

Pantauan media pembukaan Rakor Kominfo ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD SBD, Kapolres SBD, Perwakilan Dandim 1629/SBD dan para tamu undangan lainnya. Hingga berita ini diturunkan kegiatan rakor  masih berlanjut dna mendapat respon dan perhatian peserta yang mengikuti Rakor ini.*****

Baca Juga :   KODIM 1629/SBD UNTUK MASYARAKAT

Liputan: Octav Dapa Talu,-

Leave a Reply

Your email address will not be published.