HUT ke-16 SBD Diwarnai Dengan Pengukuhan Bunda Literasi

Suarajarmas.com –  Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) melalui upacara gabungan dipadukan dengan pengukuhan Bunda Literasi tingkat Kabupaten, Kecamatan dan pembukaan turnamen sepak bola Liga Pelajar Indonesia tingkat SMA/SMK se-kabupaten SBD di pusat pemerintahan Kadula yang bertempat di halaman kantor Bupati SBD Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin (22/5/2023).

Peserta upacara perayaan HUT ke-16 Kabupaten SBD terdiri dari siswa-siswi SD , SMP SMA dan SMK, LSM, BUMD, BUMN, ASN, TNI-POLRI dan Forkompinda.

Hadir dalam acara perayaan HUT ke-16 Kabupaten SBD yakni Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete sebagai inspektur upacara, Wakil Bupati SBD, Marthen Crhistian Taka, S.IP; Sekda Kabupaten SBD, Fransiskus M. Adilalo, S.Sos; para Asisten dan staf ahli Bupati, para pimpinan OPD, para Camat, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Turut hadir  Kapolres SBD, AKBP Sigit Harimbawan, SH, S.IK, MH; Dandim 1629 SBD, Letkol Inf. Novi Kurniawan, ST; Wadayon Brimob Batalyon C Pelopor SBD, Direktur PT Bumi Indah, Melkianus Lubalu, Ketua TP-PKK tingkat Kabupaten dan kecamatan, Ketua Bayangkari Polres SBD, Ketua Persit Kodim 1629 SBD, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten SBD dan seluruh tamu undangan lainnya.

Bupati SBD, dr. Kornelius dalam sambutannya mengatakan, atas nama pribadi dan seluruh jajaran pemerintah Kabupaten SBD, dirinya mengucapkan selamat dan dirgahayu kepada seluruh masyarakat bumi “Loda Wee Maringi Pada Wee Malala”.

“Semoga dengan momentum peringatan hari ulang tahun yang ke-16 ini, akan lebih memantapkan dan meningkatkan serta memperkokoh tekad dan semangat juang kita untuk menjadikan Kabupaten SBD yang maju, berkualitas, berdaya saing, demokratis dan sejahtera,” ungkapnya.

Dirinyapun menyampaikan seiring bergantinya waktu, hari, bulan, dan bergantinya tahun tidak terasa Kabupaten SBD telah berusia lebih dari satu dasawarsa. Di mana pada hari ini tanggal 22 Mei 2023 Kabupaten SBD memasuki usia 16 tahun. Tentu dalam rentang waktu tersebut telah banyak energi dan pemikiran yang telah kita dedikasikan untuk membangun Kabupaten SBD di berbagai sektor pembangunan baik fisik maupun non fisik.

Baca Juga :   UPACARA HUT KE-78 RI DI SUMBA BARAT DAYA

Berbagai upaya dan terobosan terus dilaksanakan pemerintah daerah agar percepatan pembangunan di berbagai sektor dapat terwujud. Dari upaya tersebut ada kemajuan yang telah diraih maksimal, namun ada pula agenda pembangunan yang masih belum berjalan dengan optimal. Hal ini tentunya sangat membutuhkan perhatian kita bersama dalam mewujudkan beberapa agenda pembangunan yang masih belum terlaksana dengan baik.

“Oleh karena itu, di  hari ulang tahun Kabupaten SBD yang kita peringati hari ini harus kita jadikan momentum untuk bangkit dan bergerak bersama melangkah ke depan menuju harapan yang dicita-citakan sesuai dengan visi misi pemerintah Kabupaten SBD yang dikemas dalam program strategis tujuh jembatan emas yakni desa berair, desa bercahaya, desa berkecukupan pangan, desa sehat, desa cerdas, desa aman tentram dan  desa wisata,” ujarnya.

Melalui kesempatan ini, Bupati SBD mengajak seluruh komponen masyarakat agar memperkokoh persatuan dan integritas kebangsaan di Kabupaten SBD.

“Mari kita jadikan keberagaman dan perbedaan sebagai sebuah kekayaan dan kekuatan besar untuk bersama-sama memajukan Kabupaten SBD. Mari kita tingkatkan upaya dan gerakan bersama melakukan perubahan dan terobosan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya dalam mewujudkan pengembangan anak usia dini yang holistik dan integratif (PAUD HI) di Kabupaten SBD. Pendidikan dan pengembangan anak usia dini bagi anak merupakan langkah penting dalam mempersiapkan generasi emas yang berkualitas,” katanya.

Pengembangan anak usia dini perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi mencakup layanan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan, dan kesejahteraan. Upaya pemenuhan kebutuhan anak tersebut melalui perencanaan sistematis dan kerjasama lintas sektor sehingga diharapkan dapat mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak secara optimal agar kelak menjadi anak yang berkualitas, cerdas dan berdaya saing di masa depan.

Baca Juga :   Wabup Chris Taka, Tekankan Masalah Penanganan Stunting di Loura

Oleh karena itu saya menyambut positif terlaksananya pengukuhan bunda literasi Kabupaten SBD sebagai sebuah langkah awal yang baik bagi terbangunnya sinergitas seluruh elemen dalam rangka pertumbuhan dan perkembangan semangat literasi masyarakat terutama anak usia dini.

“Tentu saya berharap ke depan akan tercipta sinergi yang senantiasa berkelanjutan dan kerja sama yang baik antara perpustakaan dan tim penggerak PKK mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan sampai ke Desa, sebagai upaya dan komitmen bersama menumbuhkan minat baca anak sejak usia dini,” tuturnya.

Lebih lanjut Bupati SBD mengatakan sebagaimana kita ketahui bersama, persoalan stunting telah menjadi agenda pembangunan nasional, dan Kabupaten SBD sebagai salah satu Kabupaten yang menjadi prioritas  dan perhatian pemerintah pusat untuk menurunkan prevalensi angka stunting. Oleh karena itu, berbagai program dan kegiatan penanganan stunting harus dilaksanakan secara sinergis, melalui pengaktifan peran pemerintah, perguruan tinggi, swasta, masyarakat, lembaga keagamaan, dan media.

“Melalui kerja sama yang baik dalam upaya percepatan penurunan stunting, saya berharap Kabupaten SBD dapat memenuhi target penurunan stunting yang telah ditetapkan. Untuk itu saya mengajak seluruh stakeholder, untuk turut memberikan dukungan melalui aksi nyata di sektor masing-masing dalam rangka menekan angka stunting di Kabupaten SBD,” katanya.

Mari kita kobarkan selalau rasa cinta dan rasa memiliki terhadap daerah ini, yang termanifestasi   dalam kerja keras, kerja ikhlas dan kerja cerdas dengan kekuatan dan spirit yang sama, kita akan mampu menyelesaikan berbagai hambatan, tantangan dan persoalan dalam berbagai sektor pembangunan.

Dirinya juga menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten SBD menyambut baik penyelenggaraan turnamen sepak bola pelajar SMA/SMK tingkat Kabupaten SBD. Harapan kita bersama turnamen sepak bola ini dapat melahirkan pemain-pemain muda unggulan dan berbakat yang nantinya akan mewakili Kabupaten SBD. Oleh karena itu, saya berpesan agar pelajar yang ikut bertanding dapat menampilkan permainan terbaik serta dapat menjunjung tinggi sportifitas dalam bertanding. *** (Isto/005-23).-