FORUM ANAK DESA SEBAGAI WADAH PENYALURAN ASPIRASI ANAK

Kadis DP3A P2KB Drs. Daud L. Umbu Moto dan Kepala Desa Ramadana Stefanus Ama Nunu (depan)

Tambolaka-SJ………………….Untuk mendorong proses pemenuhan hak anak dan membangun pengembangan potensi anak, Kepala Desa Ramadana beserta Sumba Integreted Development (SID) beserta mitra ChildFund Indonesia berkomitmen untuk bekerja sama membentuk Forum Anak Desa.

Pengukuhan forum anak desa ini dihadiri  oleh kepala dinas pemberdayaan perempuan & perlindungan anak pengendalian penduduk & keluarga berencana (DP3A P2KB), Kepala Desa Ramadana, Penanggung jawab program LS3 SID, perwakilan Ormas dan OMK serta tokoh masyarakat pada hari Rabu (10/10/2018) di kantor desa ramadana kecamatan kota tambolaka Sumba barat daya (SBD).

Dalam sambutanya kepala dinas DP3A P2KB Drs. Daud L. Umbu Moto sangat mengapresiasi pembentukan forum anak tersebut. Ia mengatakan bahwa apa yang di programkan oleh kepala desa Ramadana dan SID sejalan dengan yang telah di programkan oleh pemerintah daerah.

Kadis DP3A P2KB Drs. Daud L. Umbu Moto saat memberikan sambutannya di depan Forum Anak Desa

“Saya selaku kepala dinas yang membidangi ini sangat mengapresiasi terbentuknya forum anak di desa ramadana ini karena ini sejalan dengan apa  yang telah kami programkan di daerah dan sekarang sudah 11 desa” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa diharapkan forum anak desa ini nantinya dapat mendorong anak untuk mengembangkan diri sesuai dengan potensi, minat dan bakat serta memberikan kesempatan untuk  mengembangkan ruang partisipasi, mengembangkan wadah penyaluran aspirasi anak, mempercepat proses pemenuhan hak-hak anak.

“Anak adalah aset bagi daerah ini sehingga bagaimana nantinya anak-anak bisa dibina dan diberikan kesempatan untuk mereka mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya” lanjutnya.

Baca Juga :   Bupati SBD BUKA RAKER PERCEPATAN TRANSFER DANA DESA TAHUN 2019

Kepala Desa Ramadana Stefanus Ama Nunu dalam penyampaianya mengatakan bahwa pembentukan dan pengukuhan forum anak desa ini adalah implementasi dari program kerja sama dengan SID bersama Mitra ChildFund yang disepakati sebelumnya.

“Pengukuhan forum anak di desa ramadana ini adalah wujud kerja sama antara pemerintah desa ramadana dengan lembaga SID bersama Mitra ChildFund yang telah disepakati bersama. pembentukan forum anak di desa ramadana ini nantinya bisa menjadi  jembatan untuk anak selalu berkomunikasi serta berinteraktif dan peningkatan kapasitas anak untuk lebih berkreasi serta meningkatkan wawasan anak bahwa mereka berhak tumbuh, berkembang dan berpartisipasi” ucap kepala desa.

Lebih lanjut Stefanus berpesan kepada anak-anak forum agar bisa menjadi corong dan obor bagi orang banyak terutama bagi masyarakat desa ramadana.” Saya berpesan bagi anak-anak forum agar bisa memberikan contoh yang baik di masyarakat, hindari minum-minuman keras, rokok dan seks bebas karena tulang punggung desa ramadana ini kedepan terletak dipundak anak-anakku sekalian” pesan Stefanus kepada seluruh anak forum.

PJ LS3 SID Albert M. Yunus, Amd.Kom saat memberikan sambutannya

Sementara itu penanggung jawab LS3 SID Albert M. Yunus, Amd.Kom mengatakan bahwa Keberadaan forum anak ini sangat penting karena dapat memberikan pemahaman tentak hak anak, yaitu hak hidup, hak berkembang dan hak partisipasi. Hak-hak tersebut secara umum pemerintah sudah memberikan kontribusi nyata dalam pembentukan anak forum. Albert juga menjelaskan bagaimana awal perjalanan lembaga yang dulunya lebih dikenal dengan nama CCF sekarang sudah diganti dengan ChildFund dan telah mengganti pola kebijakan yang dulu pendampinganya melaui orang tua sekarang langsung pada anak sehingga bantuan dan bimbinganya langsung pada anak.

“Kami murni melayani masyarakat dan memfasilitasi anak-anak yang ada desa dampingan, tujuanya adalah untuk mempersiapkan anak-anak muda memasuki dunia kerja yang kelak bisa mengganntikan peran orang tua, selain itu melalui forum anak di desa ini nantinya juga anak-anak juga bisa terlibat dalam perencanaan program-program inovasi yang ada di desa” ungkapnya.(JNL)

Leave a Reply

Your email address will not be published.