Bupati Yohanis Dade Lantik Camat Kota Waikabubak dan Kepala Desa Kabukarudi

Waikabubak-SJ………. Bupati Sumba Barat Yohanis Dade, SH mengambil sumpah  Camat Kota Waikabubak,  Victor W Dimu,SH dan kepala desa Kabukarudi Barnabas Bora Haingu Senin,(3/1/22) di Aula Kantor Camat Kota Waikabubak.

Turut hadir Bupati Sumba Barat Yohanis Dade,SH, Wakil Bupati Sumba Barat Jhon Lado Bora Kabba,S.Pd, Ketua DPRD Drs Dominggus Ratu Come, Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto,S.I.K,MH, Dandim 1613/SB Letkol Czi. Rahardian Firnandi, S. Hub,Int, Wakil Ketua Pengadilan Agama, Plt Sekda Sumba Barat Drs.Daniel Pabala, para Asisten,para Staf Ahli,Pimpinan OPD,Danramil 1613 01 Loli/Kota Kapten Suyono, Camat, Kepala Sekolah dan masyarakat.

Bupati Sumba Barat Yohanis Dade, SH menyampaikan pengambilan sumpah dan pelantikan merupakan peristiwa yang bersejarah bagi sebuah organisasi pemerintahan, karena bagi organisasi akan diisi oleh personil yang baru dan tentunya dengan semangat baru yang pada gilirannya mampu meningkatkan fungsi pelayanan organisasi kepada masyarakat. Pada sisi yang lain, peristiwa inipun menjadi sejarah bagi pejabat terlantik saat ini, pejabat tersebut kembali mengikrarkan komitmennya untuk melaksanakan kewajibannya sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat pada dipercayakan fungsi dan tanggungjawab yang dipercayakan kepada masyarakat.

Bupati Yohanis Dade juga meminta kepada camat Kota Waikabubak yang baru dilantik agar untuk mewujudkan salah satu program prioritas daerah yaitu Kota dan Desa “BERSERI” (Bersih, Sehat, Rapi dan Indah), mengingat Kecamatan Kota Waikabubak merupakan kecamatan yang berada ditengah kabupaten Sumba Barat dan sebagai Cerminan, Gambaran dan Wajah Kabupaten Sumba Barat.  

“Oleh karena itu peranan Camat kota waikabubak menjadi garda terdepan untuk melakukan koordinasi dengan stakeholder yang ada dalam rangka disebutkan diatas. mencapai Visi-Misi sebagaimana” ungkap Bupati.

Bupati Yohanis Dade juga menegaskan bahwa ada begitu banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.  Oleh karena itu harus bekerja lebih cepat, tepat dan bukan hanya berjalan ditempat namun harus “berlari”, manfaatkan segala potensi yang ada, maksimalkan perkembangan Teknologi dan informasi sebagai tujuan prioritas pelayanan kepada masyarakat, sehingga diperlukan kepekaan dan kemampuan saudara dalam membangun suasana kerja yang sehat agar mampu memotivasi teman kerja untuk melakukan semua tugas dan tanggungjawab dengan baik, membangun Kemitraan dengan Stakeholder yang ada, baik itu dalam Forum Komunikasi pimpinan Kecamatan Perangkat Daerah dan unit Kerja, para Lurah/Kepala (Forkopimcam), Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan semua elemen masyarakat.

Baca Juga :   LETKOL LAODE M SABBARUDDIN IMBAU MASYARAKAT DUKUNG BUPATI SBD

“Kepada Kepala Desa dan Lurah yang ada diwilayah Kecamatan Kota Waikabubak, ingat bahwa saudara merupakan ujung tombak dari camat, maka dari itu saya berpesan kepada Kepala Desa dan Lurah yang ada di kecamatan kota Waikabubak agar bersama-sama dengan camat yang baru dilantik memperhatikan kebersihan kota Waikabubak sebagai representative wajah kabupaten Sumba Barat” tambahnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan,  Disiplin, Jujur, Loyalitas, Tanggung jawab dan professional merupakan harga mati, harus menjadi contoh dan panutan baik dalam tugas pekerjaan anda sebagai Camat maupun dalam kehidupan bermasyarkat dan berkeluarga karena saya anggap saudara layak dan mampu untuk diangkat dalam jabatan tersebut.

Bupati juga meminta kepada kepala desa Kabukarudi yang baru dilantik agar selalu menjalin kerjasama, komunikasi dan koordinasi dengan seluruh elemen yang terdapat di desa melalui berbagai pendekatan agar terbangun kesatuan antara pemerintah desa dan seluruh elemen masyarakat. Hal itu diperlukan mengingat Kepala Desa bukanlah milik perseorangan atau sebuah tim semata melainkan milik seluruh masyarakat. Kepala Desa harus mampu merangkul dan mengayomi seluruh tingkatan masyarakat.

“Jangan ada dendam politik di tingkat Desa yang akan menimbulkan gesekan yang mempengaruhi kinerja pemerintahan desa. Segeralah menyusun RPJM Desa Tahun 2021 – 2027, RKP Desa, APBDesa bersama BPD dan masyarakat Desa serta sesuaikan juga dengan RPJMD Kabupaten Sumba Barat”jelasnya.

Bupati Yohanis Dade juga mengajak  kepada seluruh yang hadir pada saat ini baik itu tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan serta elemen masyarakat untuk seratas memberikan dukungan kepada Camat dan Kepala Desa yang terlantik hari ini, sehingga proses penyelenggaraan pemerintahan baik ditingkat Kecamatan dan Desa bisa berjalan efektif.

Baca Juga :   BUPATI SUMBA BARAT MELANTIK SAMUEL B.W. MALE SEBAGAI CAMAT LOLI

“Melalui kesempatan ini juga atas nama pemerintah daerah Kabupaten Sumba Barat mengucapkan selamat kepada camat kota Waikabubak dan Kepala Desa Kabukarudi yang mulai hari ini resmi mengemban jabatan dan amanah dan saya minta agar kedepan mampu menegakkan disiplin dan kejujuran dalam bekerja,”pungkasnya. *** (Yunia/004-22),-