Bupati Sumba Barat Buka Sosialisasi Kebijakan Pengembangan UMKM

Bupati Sumba Barat Niga Dapawole (kedua dari kanan) saat membuka kegiatan UMKM

Waikabubak-SJ ………… Bupati Sumba Barat Drs Agustinus Niga Dapawole  membuka dengan resmi Sosialisasi Kebijakan Pengembangan Usaha Makro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Senin (09/03/2020) di Aula GKS Waikabubak.

Sementara itu, Gubernur NTT Victor Laiskodat dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Sumba Barat Drs.Agustinus Niga Dapawole pemberdayaan UMKM merupakan upaya bersama pemerintah, masyarakat pelaku usaha dan stakeholder lain dalam rangka mendorong UMKM agar dapat tumbuh berkembang menjadi usaha yang tangguh dan mandiri dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi pemerataan kesejahteraan dan peningkatan pendapatan masyarakat dan menciptakan lapangan kerja serta pengentasan kemiskinan.

Pengembangan produk unggulan daerah sesuai dengan kondisi kekayaan daerah masing-masing dapat dilakukan melalui proses perencanaan yang terintegrasi sehingga menghasilkan produk yang berdaya saing,mampu menciptakan dan memperluas pasar produk UMKM pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keberadaan UMKM di NTT khusunya di Kabupaten Sumba Barat diharapkan dapat memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menciptakan lapangan kerja. Dalam rangka pengembangan UMKM diperlukan optimalisasi pembiayaan,akses pasar, akses teknologi, penyebaran informasi, pengawasan, pendampingan dan koordinasi kerja sema lintas sektor terkait.

Gubernur NTT Victor Laiskodat juga memberikan apresiasi atas kinerja Pemda Sumba Barat melalui Bagian Ekonomi sehingga Kabupaten Sumba Barat berhasil memperoleh predikat proses tertinggi UP LOAD calon debitur potensial KUR kedalam sistem informasi kredit program SIKP di NTT.****

Liputan: Yunia Boling,-

Baca Juga :   KOPDIT PINTU AIR KIAN DEKAT DENGAN MASYARAKAT

Leave a Reply

Your email address will not be published.