BUPATI DAN WAKIL BUPATI SUMBA TENGAH DISAMBUT DENGAN ADAT

Bupati Paul saat berpidato didepan masyarakat

Waibakul-SJ …………………… Hujan lebat disertai angin tidak menyurutkan antusias masyarakat yang menyambut kedatangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih kabupaten  Sumba Tengah Drs. Paulus K. Limu dan Wakil Bupati Ir. Daniel Landa usai pelantikan di Kupang, Senin kemarin 12 November 2018.

Tokoh Adat Sumba Tengah saat menyambut masyarakat yang mengikuti acara syukuran di rumah jabatan bupati

Rombongan bupati dan wakil bupati bersama ibu dikawal oleh ratusan kendaraan roda empat dan roda dua memasuki rumah jabatan bupati walaupun diringi hujan lebat dan hujan angin. Acara syukuran yang diselanggarakan oleh Pemda Sumba Tengah ini sempat tertunda kurang lebih satu jam akibat derasnya hujan disertai angin, namun tidak menyurutkan antusias masyarakat yang ingin bertemu langsung dan dengan bupati dan wakil bupati baru. Setelah penyambutan dengan acara adat dan tarian kataga, kegiatan dilanjutkan dengan kebaktian dan doa oikumene yang dipimpin oleh P. Asterius Zangu Ate,.CSsR dari Paroki St. Klemens Katikuloku dan Pdt. Ria Rambu Atarabu Sabaora, S.Si dari GKS Parewatana.

Mewakili Sekretaris Daerah Sumba Tengah Assisten II Drs. Umbu Eda Pajangu dalam sambutannya meminta ASN, Tenaga Kontrak  dan seluruh masyarakat Sumba Tengah untuk mendukung penuh Bupati dan Wakil Bupati yang baru. Umbu Eda juga mengatakan serah terima jabatan akan dilaksanakan pada Jumat, 16 November 2018 pada sidang paripurna istimewa di DPRD Sumba Tengah.

Ketua DPRD Sumba Tengah, Drs. Umbu Neka Djarawoli dalam sambutannya menghimbau agar menghentikan semua perbedaan setelah selesai Pilkada Sumba Tengah beberapa waktu lalu. Dirinya mengajak semua pihak untuk saling bekerja sama bahu membahu untuk membangun Sumba Tengah.

Baca Juga :   BLK DON BOSCO TERBAIK DI PULAU SUMBA

“Ini merupakan kado istimewa bagi Sumba Tengah dalam menyongsong HUT Kabup[aten Sumba Tengah pada   8 Desember nanti” ungkap ketua DPRD.

Lebih lanjut Umbu Neka juga menyampaikan kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih situasi masyarakat Sumba Tengah yang  masih membutuhkan perhatian serius dari Sumba Tengah kedepan.  2006 yang lalu. Bapak-bapak yang sibuk main kartu (main tanggung) hingga malam hari, sehingga lupa untuk bekerja padahal sekarang sudah musim hujan dan saatnya para petani berlomba-lomba untuk mengurus sawah ladangnya. Demikian pula ibu-ibu yang sibuk bergosip, bahkan pengaruh HP android yang sudah membuat masyrakat semakin terlena dan bahkan menjadi tontonan tersendiri dengan film-film porno.

Ketua DPRD Sumba Tengah, Drs. Umbu Neka Djarawoli saat membawakan sambutannya

“Ini merupakan tanggung jawab kita semua, karena sudah ada manajer baru sekarang di Sumba Tengah, mari secara bersama-sama kita bahu membahu membangun kabupaten Sumba Tengah ini” tutur Umbu Neka yang menyayangkan hanya ada 2 orang anggota DPRD yang hadir dalam acara syukuran ini.

Bupati Sumba Tengah Drs. Paulus K. Limu dalam sambutannya mengatakan dirinya bersama wakil bupati Ir. Daniel Landa setelah pelantikan Senin 12 November kemarin sudah menjadi bupati dan wakil Sumba Tengah, bukan Bupati dan Wakil Bupatinya tim sukses.

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati bersama ibu saat menghibur masyarakat dengan sebuah lagu

Dengan rendah hati Bupati Paul mengatakan dirinya bersama Daniel hanyalah setitik debu dari semua jutaan tuan di Sumba Tengah. Hanya Tuhanlah yang memungkinkan rencananya menjadi bupati dan wakil bupati Sumba Tengah.

“Kami adalah ASN yang sudah pensiun dini, tidak mempunyai apa-apa lagi, kami bukan orang partai tetapi atas kearifan dan cinta ketua Partai Hanura dan PKPI kami dimungkinkan untuk menjadi calon bupati dan calon wakil bupati. Kami adalah birokrat murni, kami pamong praja, rohnya melayani ada di pamong praja” ungkapnya.

Baca Juga :   POLSEK LOURA LAUNCHING TERTIB LALULINTAS DI TAMBOLAKA

Bupati Paul juga menegaskan yang menjadi prioritasnya dalam program 100 hari kerja adalah bersih-bersih dan disiplin. Kantor daerah kabupaten Sumba Tengah harus bersih.   Dan ASN harus disiplin dalam melakukan tugas dan pekerjaannya.  Selain untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Sumba Tengah yang menjadi prioritas lainnya adalah ketersediaan air bersih. Dirinya mempunyai tekad dalam 2 tahun harus diberikan jaminan pada masyarakat akan ketersediaan air bersih tersebut. Jikalau perlu akan diambil biayanya dari biaya hotmix untuk pengelolaan air bersih.

ASN dan masyarakat berbaur mengikuti acara syukuran

Pantauan media acara syukuran ini berlangsung sangat meriah dan masyarakat secara spontan menghadiri acara tersebut dengan adat Sumba dan membawa babi sebagaimana biasanya undangan dalam sebuah pesta adat.

Salah satu staf ASN Sumba Tengah Frederingko Rato Dimu, S.Pt kepada media mengatakan masyarakat Sumba Tengah perlu bersyukur dengan Bupati dan Wakil Bupati terpilih ini, karena selain rendah hati, juga sangat paham akan apa yang diperlukan oleh masyarakat dan kabupaten Sumba Tengah. Kedua pemimpin ini adalah birokrat murni yang paham akan manajemen birokrasi dan dekat dengan masyarakat.

“Saya sangat setuju dengan program kerja Bupati baru yaitu mementingkan ketersediaan air bersih bagi masyarakat, sebagai ASN kami akan mendukung penuh program-program Bupati dan Wakil Bupati yang baru dengan bekerja penuh tanggung jawab dan disiplin” tuturnya sambil berlalu. (OC$),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.