BLKK CAHAYA KASIH GKS MATA GELAR PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

Tambolaka-SJ……. Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Cahaya Kasih GKS Mata menggelar pelatihan berbasis kompetensi  furniture dan kriya kayu selama 1 bulan di BLKK Cahaya Kasih Jl. Rangga Roko Indah Kelurahan Langga Lero Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur.

Pembukaan pelatihan berbasasi kompetensi ini di hadiri oleh Pembina Yayasan Cahaya Kasih Sumba (YCKS) GKS Mata, Pdt. Irene Takandjandji, S,Th., Ketua YCKS, Imanuel Horo, SH., beserta pengurus, Analisis Kebijakan Ahli Madya,  Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Satu Pintu,Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Stefanus Malo, S.IP., Pendeta dan Majelis GKS Mata, Kepala Sekolah dan guru-guru SMP Kristen Cahaya Kasih, Koordnator PPA GKS Mata, Ketua-ketua komisi/Panitia-panitia GKS Mata dan Tokoh  Jemaat serta tamu undangan lainnya, Sabtu (12/11/22).

Ketua Penyelenggara Pelatihan BLKK Cahaya Kasih,  Paulus H.A Oemboe  Rey, SE., (kiri) saat menyampaikan laporannya.

Dalam laporannya Ketua Panitia penyelenggara pelatihan, Paulus H.A Oemboe  Rey, SE., menyampaikan Pelatihan berbasis kompetensi program tekniks konstruksi furniture dan kriya kayu diselengarakan selam 1 bulan sejak 12 Nopember  sampai 12 Desember 2022 (240 jam pelatihan).

Adapun tujuan peltihan ini, untuk merpersiapkan tenaga kerja berkompeten agar mampu beradaptasi, bertahan di tengah perubahan dunia kerja dan mampu menghadapi persaingan global yang semakin ketat.

Selain itu untuk  meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Indonesia yang unggul dan maju yang toleran,beraklak mulia dan setia pada ideologi Pancasila sebagai salah satu program pembangunan sumber daya manusia.

“Pelatihan ini juga bertujuan menciptakan generasi pekerja keras, terampil, menguasai ilmu pengeetahuan dan teknologi serta berdedikasi. Mempersiapkan kompetensi dan kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan sesuai standar kualifikasi yang ditetapkan agar mampu bersaing di pasar nasional,regional.maupun internasional” kata Paulus Oe Rey lebih lanjut.

Baca Juga :   PEMDA SBD APRESIASI SUKSESNYA PELAKSANAAN SHOLAT IED DI GALATAMA
Ketua Dewan Pembina YCKS GKS Mata, Pdt. Irene Takandjandji, S.Th.,

Lebih lanjut ketua penyelenggara ini mengatakan, BLKK diharapkan bisa menjadi tulang punggung dalam mencetak pekerja yang didekatkan dengan Lembaga Pendidikan Keagamaan atau Lembaga Keagamaan Pemerintah.

Ketua Dewan Pembina YCKS GKS Mata, Pdt. Irene Takandjandji, S.Th., dalam sambutannya mengajak untuk bersyukur pada Tuhan, atas perkenananNya GKS Mata melalui YCKS GKS Mata dapat menyelenggarakan kegiatan pelatihan berbasis kompetensi  furniture dan kriya kayu.

Ketua YCKS GKS Mata, Imanuel Horo, SH., saat menyampaikan sambutannya

“Patut kita bersyukur pada Tuhan, karena kasihNya,  GKS Mata melalui YCKS kita mendapat 1 gedung BLKK saat ini, melalui BLKK inilah kita dapat menyelenggarakan pelatihan ini. Melalui pelatihan ini peserta dapat memperoleh kemmapuan atau kompetensi dalam bidang funituer dan kriya kayu” ungkapnya.

Pdt. Irene berharap dengan kemampuan yang dimiliki dapat menghasilkan kerajinan kayu yang mempunyai nilai jual yang bagus. Kehadiran BLKK ini  diharapkan sangat membantu dalam peningkatan sumber daya manusia bagi peserta yang mengikuti pelatihan ini.

Analisis Kebijakan Ahli Madya,  Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Satu Pintu,Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Stefanus Malo, S.IP., saat membuka kegiatan pelatihan BLKK Cahaya Kasih

“Sangat diharapkan agar melalui pengelolaan yang optimal dan juga melalui dukungan kuat Pemda SBD dan masyarakat SBD, BLKK ini dapat membantu meminimalisir angka pengangguran di SBD dan membantu meningkatkan perekonomian dari saudara-saudara yang mengikuti pelatihan ini” harapnya.

Sementara itu Ketua YCKS GKS Mata, Imanuel Horo, SH., dalam sambutannya mengatakan melalui suatu proses dan kerja keras, YCKS GKS mata berdiri sebagai wadah pelayanan kasih dari GKS Mata. Atas berkat dan kasih Tuhan dalam waktu yang singkat YCKS berdiri pada 17 Februari 2021.  Setelah berdiri YCKS melahirkan anaknya pada bulan Juni 2021 SMP Kristen Cahaya Kasih.

Baca Juga :   Pdt. Irene: Tuhan Masih Beri Saya Kepercayaan

“Dari bulan Juni ke September 2021, Tuhan buka jalan lagi bagi YCKS,  melalui anggota DPR RI, Ratu Wulla, BLKK ini berdiri yang merupakan bantuan dari Kementerian Tenaga Kerja” tutur Imanuel Horo.

Dirinya menjelaskan dalam waktu 2 tahun,  GKS Mata mempunyai asset sebesar 2M melalui BLKK Cahaya Kasih ini. Ini merupakan berkat Tuhan bagi GKS Mata dalam menjalankan misi pelayanannya bagi jemaat.

“Ini merupakan proses yang singkat dan berkat yang berlimpah dari Tuhan untuk keluarga besar GKS Mata, kita berharap kehadiran BLKK ini dapat berguna bagi kita semua” kata mantan Asisten I Pemda SBD ini.

Mewakili Pemda SBD, Analisis Kebijakan Ahli Madya,  Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Satu Pintu,Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Stefanus Malo, S.IP., dalam sambutannya memberi apresiasi pada BLKK Cahaya Kasih GKS Mata yang hadir untuk meningkatkan kapasitas orang muda dalam bidang furniture dan kriya kayu.

“BLKK Cahaya Kasih sudah hadir untuk menciptakan sebuah embrio untuk meningkatkan kualitas SDM. Terima kasih BLKK Cahaya Kasih sudah hadir dan menjadi asset GKS Mata dan Pemda SBD. Kita tahu bersama bahwa gereja adalah mitra pemerintah, hendaknya kemitraan ini manjadi iconnya Pemda SBD” ungkapnya.

Lebih lanjut Stef mengatakan kemitraan ini akan dapat mendukung pembangunan kualitas SDM di SBD, sehingga dirinya berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius.

“Saya terharu dengan proses berdirinya BLKK Cahaya Kasih ini, dan rencana pengembangan kedepannya, saya berharap BLKK Cahaya Kasih menjadi motivasi bagi BLK lainnya untuk pengembangan ekonomi masyarakat secara umumnya” jelasnya.

Dalam kesempatan itu Stef menegaskan pentingnya perijinan bagi kehadiran BLK-BLK di SBD. BLKK Cahaya Kasih merupakan salah satu BLK yang sangat serius mengurus perijinan di SBD sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca Juga :   Jelang Lebaran, Pasokan BBM di SPBU Radamata Masih Stabil

“Apalah artinya kalau BLK banya tetapi tidak mempunyai artinya bagi SBD. BLKK Cahaya Kasih sudah membagi kasihnya bagi masyarakat. Kita berharap BLKK Cahaya Kasih tidak hanya membagi berkatnya bagi jemaat GKS Mata, tetapi bagi seluruh masyarakat di SBD” harapnya.

Untuk diketahui peserta perdana yang mengikuti pelatihan di BLKK Cahaya Kasih GKS Mata ini berjumlah 16 orang. BLKK sudah membangun kemitraan dengan Pemerintah Provinsi NTT yang siap mendukung peserta pelatihan dalam mengembangkan usaha furniture dan kriya kayunya.

Sebelum diresmikan pembukaan pelatihan BLKK Cahaya Kasih GKS Mata, Pdt. Prident K. Langi, M.Th., memimpin ibadah pembukaan, setelah sambutan-sambutan dilanjutkan dengan pengukuhan peserta pelatihan oleh Analisis Kebijakan Ahli Madya, Stefanus Malo, S.IP., disaksikan semua tamu undangan dan peserta pelatihan. *** (Octa/002-22).-