30 Kelompok Kopdit Pintu Air SBD Dikukuhkan

Tambolaka-SJ….. sebanyak 30 pengurus ketua Komite Unit, Ketua Kelompok dan Titik kumpul dikukuhkan sebagai pengurus di koperasi Kredit (Kopdit ) Pintu Air cabang Weetebula di Gedung Konventu kelurahan Weetebula, kecamatan kota Tambolaka kabupaten Sumba Barat Daya (SBD)-NTT Minggu 27/11/2022 dalam acara Bimbingan Teknis Tenaga Penggerak Lapangan (TPL). Pengurus kelompok yang di kukuhkan tersebar di tiga kabupaten di SBD, Sumba Barat, dan Sumba Tengah.

Dalam Arahannya Sekretaris I Agustinus Nong mengatakan kepada seluruh pengurus kelompok yang baru dikukuhkan dan menerima SK serta Atribut agar benar-benar menjalankan tugas yang diemban serta menjaga nama baik lembaga Kopdit Pintu Air.

Kopdit Pintu Air adalah Lembaga Simpan Pinjam yang berlandaskan atas asas kekeluargaan untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat, untuk mewujudkan itu pengurus kopdit Pintu Air memandang perlu menetapkan para Komite Unit, Kelompok dan Titik kumpul sebagai tenaga penggerak lapangan.

Lebih lanjut Agus Nong mengharapkan kepada seluruh pengurus lapangan yang baru dikukuhkan wajib menunjukkan kejujuran dalam mengelola keuangan anggota. Harus memiliki dedikasi yang tinggi dan loyalitas kepada lembaga dan harus menunjukkan kinerja yang baik sehingga berpeluang menjadi Komite Cabang/KCP diwilayah kerjanya masing-masing.

Setelah dikukuhkan dan menandatangani surat pernyataan tanggungjawab dan penyerahan atribut berupa baju dan pin berlogo KSP Kopdit Pintu Air, para pengurus lapangan agar menghimpun dan mengajak orang di wilayah kerja masing-masing untuk bergabung menjadi anggota Kopdit Pintu Air.

“Para Tenaga Penggerak Lapangan adalah tenaga lepas yang sewaktu-waktu akan diberhentikan apabila berhalangan tetap, tidak aktif bekerja, meninggal dunia dan terlihat kasus pidana atau perdata serta melanggar AD/ART Kopdit Pintu Air” ujarnya.

Sementara itu supervisor cabang Weetebula yang ditemui media disela-sela kegiatan, Shopia A.Baddu, SP., mengharapkan dengan dikukuhkan Tenaga Penggerak Lapangan bisa memaksimalkan kemampuan mereka di wilayah kerja masing-masing serta mengumpulkan orang dan mengajak masyarakat umum agar menjadi anggota dan bagian dari keluarga besar Kopdit Pintu Air.

Baca Juga :   KOPDIT PINTU AIR KIAN DEKAT DENGAN MASYARAKAT

“Sehingga cita-cita Kopdit Pintu Air mencapai 1 juta Anggota di tahun 2025 dapat tercapai. Cita-cita ini tercapai hanya dengan kerjasama dan kerja tim dengan berlandaskan kekeluargaan” ungkapnya.

Lebih lanjut Shopia Baddu sapaan akrabnya mengatakan untuk saat ini jumlah anggota Pintu Air cabang Weetebula mencapai 7.490 anggota data terakhir Oktober belum termasuk November dan target kita sampai Desember 2022 adalah 8.368 Anggota.

“Melihat dengan Jumlah anggota yang sangat banyak dan melebarkan sayap sesuai rencana kantor pusat kita akan membuka Kantor Cabang Pembantu (KCP) demi mendekatkan pelayanan dan meningkatkan kualitas terhadap anggota “ tuturnya menutup wawancara.

Untuk diketahui Cabang Weetebula yang baru berusia 6 Tahun sejak diresmikan pada tahun 2016 menjadi Cabang yang memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat mulai dari pertumbuhan anggota baru, pertumbuhan aset. Sampai saat ini cabang Weetebula melayani 3 kabupaten di Pulau Sumba (SBD, Sumba Barat, dan Sumba Tengah). *** (EBuga/009-22).-