11 Orang Aparat Desa Watu Kawula Dilantik

Pembacaan SK Pelantikan oleh Kepala Desa Watu Kawula Laurensius Todo

Tambolaka-SJ ………………. Bertempat di kantor Desa Watu Kawula Kecamatan Kota Tambolaka Jumat (17-01-2020) Kepala Desa Lambertus Todo melantik 11 orang aparat desa dengan Nomor: 140/01/D.WK/KEP/KKT/SBD/2020 tertanggal 6 Januari 2020 Keputusan Kepala Desa Watu Kawula  tentang pengangkatan sekretaris desa, kepala urusan, kepala seksi dan kepala dusun desa Watu Kawula Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD).

Pelantikan Sekretaris Desa dan aparat desa ini disaksikan oleh Camat Kota Tambolaka, Drs. Lambertus Todo,    Kapolsek Loura Kompol I. Ketut Mastina, S.Sos, Pendamping Desa Kecamatan Kota John  Dapa, BPD Desa Watu Kawula, LSM dan tamu hadirin lainnya.

Dalam sambutannya usai melantik kepala desa Laurensius Todo merasa bangga karena aparat desa yang terlantik saat ini 80% dari perangkat yang sejak diriinya menjadi kepala desa 4 tahun yang lalu. Hubungan dan kerjasama aparat desa dengan semua pihak termasuk kecamatan, keamanan, BPD,  LSM, PD dan masyarakat berjalan harmonis hingga saat ini.

“Keberhasilan selama 4 tahun adalah keberhasilan kami semua, saya juga merasa sedih dengan beberapa perangkat desa saya karena tuntutan aturan minimal berijazah SMA maka kita tidak bisa bersama-sama lagi sekarang ini” ujarnya.

(ki ke ka) Kapolsek Loura Kompol I. Ketut Mastina, S.Sos, Camat Kota Tambolaka, Drs. Lambertus Todo dan Kepala Desa Watu Kawula Laurensius Todo

Kades Laurensius menegaskan pihaknya akan terus patuh pada aturan dan regulasi yang berlaku didalam menjalankan pemerintahannya. Kekompakan merupakan modal utama didalam membangun desa Watu Kawula.

“Keberhasilan desa ini merupakan tanggung jawab kita bersama, yang sudah baik kemarin kita tingkatkan lagi, sesuai arahan dari Pemda SBD setiap hari kita harus masuk kerja, berkantor di kantor desa untuk memberi pelayanan pada masyarakat” katanya lagi.

Baca Juga :   Babinsa Koramil 02/Kodi Dampingi Pembagian BLT di Desa Waitaru Kodi Utara

Dalam waktu dekat kepala desa berjanji akan ada pertemuan khusus dengan aparatnya yang akan dilanjutkan dengan pertemuan bersama BPD untuk penetapan RKPDesa. Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Yayasan Sosial Donders sehingga sudah pembagian ternak babi pada beberapa kelompok yang beranggotakan 30 orang.

Ketua dan Anggota BPD Watu Kawula

“Kedepan dana desa kita akan fokus pada pemberdayaan masyarakat dan pelatihan. Setiap hari Senin kita akan apel bersama dan setiap hari Jumat kita akan lakukan evaluasi, semua dusun memasukan laporan kegiatan dari hari Selasa sampai Kamis” tuturnya.

Camat Kota Tambolaka Drs. Lambertus Todo dalam sambutan awalnya memberi arahan para aparat desa terlantik melaksanakan tugasnya sesuai dengan tupoksi dan mengacu pada aturan yang ada. Dirinya juga menegaskan didalam menjalankan tugas melayani rakyat dibutuhkan tindaka nyata bukan hanya pintar bicara.

“Dalam menjalankan tugas agar aparat desa mengacu pada aturan yang ada mulai dari yang tertinggi UU Desa sampai dengan yang terendah Peraturan Desa (Perdes). Aparat desa agar menjalankan roda pemerintahan berdasarkan hukum dan regulasi yang berlaku” ungkapnya.

Lebih lanjut Lambertus menegaskan tidak akan mentolerir semua kegiatan diluar aturan dan hukum yang berlaku. Tidak dibutuhkan orang yang pintar bicara tetapi kerjanya nol, disiplin waktu sangat penting untuk mencapai target yang diinginkan.

Camat Kota ini juga mengingatkan agar dalam perencanaan dan pembangunan desa memfokuskan pada pemberdayaan masyarakat. Pembangunan sarana infrastruktur harus mempunyai dampak pada masyarakat Watu Kawula.

“Pemerintah pusat sudah memperhatikan aparat desa yang ada, honor aparat desa setaraf dengan golongan 2A, mari kita bekerja untuk percepatan pembangunan di desa” tuturnya mengakhiri sambutannya.

Dalam kesempatan yang sama Kapolsek Loura Kompol I. Ketut Mastina, S.Sos juga memberi dorongan dan semangat pada aparat desa yang baru saja terlantik.

Baca Juga :   MASYARAKAT DESA KALINGARA GELAR AKSI DAMAI DI KANTOR BUPATI SBD

“Nasib dan masa depan desa Watu Kawula ada di pundak bapak/ibu sekalian, merupakan tanggung jawab seluruh aparat apalagi sudah diambil sumpah tadi oleh Romo” ujarnya.

Kapolsek Loura ini juga menghimbau agar seluruh aparat desa harus loyal kepada kepala desa. Kerjasama harus terbangun diantara seluruh aparat desa yang ada.

“Untuk  menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat maka sangat diharapkan kerja sama yang baik antara aparat dan babinkamtibmas yang ada di desa. Tanpa dukungan bapak/ibu,  polisi tidak ada artinya” katanya lagi.

Kapolsek juga berharap apabila ada masalah yang terjadi di desa diselesaikan dulu antara aparat dengan Babinkamtibmas, jangan langsung dibawa ke Polsek.

Pantauan media pelaksanaan pelantikan aparat desa ini berlangsung dengan aman dan lancar yang ditutup dengan acara ramah tamah bersama dan diskusi ringan untuk menjalankan tugas dan pekerjaan masing-masing. Adapun 11 orang aparat desa terlantik adalah Stefanus Dowa Goro: Sekretaris Desa, Daud Ngongo Bulu: Kaur Tata Usaha dan Umum, Markus Ngongo: Kaur Keuangan, Damianus Lede Ngongo: Kaur Perencanaan, Dowa Bulu: Kasek Pelayanan, Agustinus Dairo Bili: Kasek Kesejahteraan, Lede Ngongo: Kasek Pemerintahan, Gerardus Bili Ngongo: Kasun I, Thomas Tako Rina: Kasun II, Martina Malo: Kasun III dan Malo Nono: Kasun IV.*****

Liputan: Octav Dapa Talu,-