Wulla Podu Jadikan Sebagai Aset Wisata

Wakil Bupati Sumba Barat, Marthen Ngailu Toni, SP

Waikabubak-SJ………………Wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat Marten Ngailu Toni, SP menghadiri acara  Puncak Wolla Podu di kampung Tarung, kelurahan Sobawawi Kecamatan Loli kabupaten Sumba Barat pada Jumad (22/11/19.  Wulla podu merupakan ritual adat yang diselenggarakan tiap tahunnya bagi masyarakat Loli.

Dalam arahannya Wabup Toni menyampaikan rasa hormat dan penghargaan yang tinggi atas penyelenggaraan acara Wulla Podu tersebut sebagai sebuah warisan budaya yang agung dan adi  luhung yang mana tujuannya adalah mensucikan diri dari semua perbuatan dosa sekaligus bersyukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala berkah dan rahmat untuk semesta alam.

“Atas nama pemerintah daerah, kami menyampaikan selamat atas penyelenggaraan wulla podu tersebut” ungkapnya.

Wakil bupati Toni berharap agar acara Wulla  Podu  dapat terus dilestarikan sebagai sebuah warisan budaya. dan juga kepada generasi penurus generasi muda agar terus memelihara warisan budaya dan juga menjaga serta memelihara nilai-nilai luhur yang ada. Disamping itu perlu disusun semua rangkain prosesi yang ada agar dapat dijadikan sebagai sebuah aset wisata untuk menarik wisatawan domestik dan manca negara.

Lebih lanjut menurut Tony  Wulla Podu adalah serangkaian atraksi dan ritual yang unik dan menarik jika di-manage secara profesional maka akan membawa manfaat ekonomi buat warga masyarakat lewat pariwisata.

Terkait pembangunan kembali kampung Tarung yang terbakar pada tahun 2017 yang silam, wakil bupati berharap agar semua bantuan pemerintah yang telah disalurkan berupa bantuan pembangunan kembali rumah-rumah adat dan batu kubur agar dimanfaatkan secara baik dan bertanggung jawab sehingga dapat menjawab permasalahan yang ada.

“Sedangkan 14 buah rumah yang belum mendapat bantuan, akan menjadi perhatian pemerintah  Sumba Barat” tutupnya.*****

Baca Juga :   BUPATI SBD BUKA KEGIATAN PENDATAAN DESA WISATA

Liputan: Emil Buga,-

Leave a Reply

Your email address will not be published.