Wahana Visi Indonesia Salurkan Bantuan Covid-19 di SBD

Tambolaka-SJ……. Wabah virus corona yang dikenal dengan istilah covid-19 yang sedang melanda dunia pada saat ini hingga ke kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) menjadi perhatian bersama baik Pemerintah, TNI-Polri, sektor swasta dan stake holder lainnya yang ada di SBD. Ada berbagai macam cara yang ditunjukan oleh pihak-pihak tersebut guna mendukung Pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran covid-19 bahkan memutus mata rantai penyebarannya.

Manajer WVI Area Sumba, Debora Dapamerang saat ditemui awak media di posko covid-19 SBD

Dari sektor Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) juga tidak ketinggalan untuk mendukung upaya Pemerintah tersebut dalam memberikan edukasi dan bantuan langsung berupa alat pelindung diri (APD) dan sembako bagi masyarakat yang terkena dampak covid-19 ini bahkan masyarakat yang dianggap kurang mampu/kurang gizi.

Wahana Visi Indonesia (WVI) pada Senin (04/05/20) tampak hadir di Posko Kabupaten penanganan covid-19 SBD stadion Galatama desa Rada Mata Kecamatan Kota Tambolaka SBD Senin (04/05/20) untuk menyalurkan bantuannya.

Pada kesempatan tersebut Debora Dapamerang manajer WVI area Sumba tampak menyerahkan bantuannya sebagai wujud kontribusi WVI dalam penanganan covid-19 di SBD, salah satunya adalah pembagian materi edukasi berupa poster.

Ada 11 tema yang diangkat didalam poster tersebut terkait covid-19. Diantaranya tetap sehat saat bepergian, social distancing, mempraktikan kemananan pangan, bagaimana cara memakai dan membuang masker bekas pakai, mencegah penularan covid-19 dengan mencuci tangan pake sabun dan air mengalir, pesan kunci perlindungan anak dalam situasi pandemic covid-19 dan lain sebagainya.

Kata Debora Dapamerang kepada awak media, selain materi edukasi,  WVI juga membantu keluarga orang tua balita yang memiliki gizi kurang dan gizi buruk untuk asupan protein berupa telur dan beras.

Baca Juga :   Kodim 1613/Sumba Barat Launching Penyaluran Bantuan Tunai Bagi Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan

Ada dua puskesmas yaitu Puskesmas Kodi dan Puskesmas Bila Cenge yang diberi bantuan berupa masker 3 lapis dan APD.  Selain itu juga WVI memberikan bantuan kepada 657 KK sembago yang terdiri atas beras dan protein, telur ayam yang tersebar di 5 desa yaitu Desa Mangganipi dan Kenduwela (Kodi Utara) 3 desa di kecamatan Kodi yaitu: desa Koki, Homba Rica dan Ate Dalo.

“Semoga bantuan ini bisa membantu saudara-saudara kita lebih khusus anak balita yang kurang gizi. Bantuan ini selain untuk balita yang terkena dampak dari wabah virus corona juga bagi yang gizi kurang  dan gizi buruk” ungkap Deby.

Lebih lanjut Deby menjelaskan bantuan sembako yang dikhususkan pada beras dan protein dengan tujuan bagaimana mereka mempertahankan daya tahan tubuhnya sehingga tidak mudah terserang penyakit.

“Data yang ada pada kami, ada sekitar 200 lebih anak yang mengalami gizi kurang dan gizi buruk,  itu yang menjadi prioritas kami, akan tetapi nanti tahap kedua akan diberikan kepada 657 KK berupa telur dan beras” katanya.

Dipantau oleh  media ini, bantuan yang diberikan oleh WVI area Sumba diterima langsung oleh petugas satgas covid-19 tingkat kabupaten SBD. Semoga adanya keterlibatan stake holder yang ada di SBD, menjadi motivasi tersendiri bagi kita semua untuk mencegah dan memutus mata rantai covid-19 di SBD. ***** (OC$),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.