Wabup Chris Taka Prihatin Dengan Parona Baroro

Kodi-SJ………. Wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Marthen Christian Taka, S. IP, prihatin dengan musibah yang menimpa 8 buah rumah di Parona Baroro Desa Waikaninyo Kecamatan Kodi Bangedo Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur Kamis 13 Januari 2022 yang lalu.


Demikian diungkapkan oleh Wakil Bupati SBD, Marthen Christian Taka, S. IP, usai mengunjungi korban musibah kebakaran, Senin (17/1/22).
Chris Taka menjelaskan musibah petir yang menyambar rumah di Parona Baroro adalah bencana alam yang tidak diduga-duga oleh manusia.
Chris Taka menjelaskan kampung situs (Parona) Baroro adalah kampung situs yang mempunyai peran dalam mendukung program Desa Wisata dari 7 program jembatan emas. Musibah ini merupakan pukulan bagi perkembangan pariwisata di SBD khususnya.


“Parona Baroro merupakan kampung adat yang menentukan atraksi Pasola di Kodi Bangedo. Setelah melihat langsung kondisi kampung adat saat ini, sudah ada catatan-catatan apa yang harus dilakukan oleh Pemda juga partai Golkar dalam membantu meringankan beban warga di sini” ungkapnya saat ditemui awak media.
Lebih lanjut Chris Taka menjelaskan Parona Baroro merupakan salah satu destinasi desa wisata di SBD yang perlu mendapat perhatian untuk dilestarikan.


Sementara itu, tokoh adat sekaligus pemilik Parona Baroro, Paulus Uru Awa merasa bersyukur dengan kehadiran Wabup Chris Taka yang juga adalah Ketua Dewan Pembina Partai Golkar di Waikaninyo.
“Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran pak Chris Taka yang turut membantu meringankan beban kami” tuturnya.
Dirinya mengharapkan adanya dukungan dari Pemda SBD dalam upaya mendirikan kembali rumah-rumah adat di Parona Baroro.


“Kendala yang kami hadapi saat ini, dibutuhkan banyak kayu-kayu untuk tiang rumah adat, dan untuk memperolehnya kami butuhkan dukungan Pemerintah, TNI dan Polri” hatapnya.
Dipantau oleh media ini, usai berdialog dengan tokoh adat, tokoh masyarakat dan Pemerintah Desa Waikaninyo, Wabup Chris Taka bertemu Kapolres SBD di kediaman Paulus Uru Awa. Sebelumnya Kapolres SBD bersama PJU Polres SBD juga melakukan kunjungan dan memberikan bantuan sembako bagi warga masyarakat korban musibah kebaran. *** (Octa/002-22).

Baca Juga :   80% RAMPUNG, PENYELESAIAN BEDAH RUMAH IBU REGINA