UNTUK CEGAH COVID-19, MASYARAKAT HARUS JADI GARDA TERDEPAN

Tambolaka-SJ…Kita harus memberi apresiasi kepada pemerintah dan tenaga medis yang kerja begitu keras sehingga sampai dengan saat ini Sumba Barat Daya (SBD) masih zona hijau belum ada yang terpapar Covid-19. Pemerintah  dengan tim gugusnya, TNI/Polri Tenaga Medis masing-masing dari tingkat kabupaten sampai desa bekerja dengan keras siang dan malam.

Richard Mila Mesa, Anggota DPRD SBD asal Partai Golkar

“Sekali lagi kita harus beri apresiasi pada Pemerintah Daerah SBD dan Dinas Kesehatan  yang sudah bekerja keras sehingga SBD belum ada yang positif covid-19. Juga dengan dukungan TNI/Polri dan SKPD lainnya yang telah bekerja sama dalam tim gugus tugas covid-19 SBD” ungkap Richard Mila Mesa anggota DPRD kabupaten Sumba Barat Daya dari Partai Golkar saat ditemui di gedung DPRD SBD usai sidang Paripurna Tahap II Rabu (20/05/20).

Terkait adanya dukungan Pemerintah melalui berbagai jenis bantuan sosial Ichad mengatakan masyarakat yang terdampak covid-19 semua harus dapat bantuan dari pemerintah sesuai dengan porsinya.

Dirinya minta Pemerintah Desa, Kecamatan dan Kabupaten harus benar-benar mendata orang-orang yang benar membutuhkan,  jangan ada kepentingan sehingga semua masyarakat bisa mendapatkan bantuan sesuai dengan kategorinya. Desa harus bener-benar mendata masyarakatnya sehingga tidak ada konflik dimasyarakat mengenai bantuan ini.

Lebih lanjut Ichad mengingatkan yang perlu kita antisipasi pada akhir bulan ini (Mei red), banyak  Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali dari luar Negeri ke Indonesia,  apalagi mereka dari kurang lebih 21 negara yang sudah terpapar Covid-19.

“Ini harus diantisipasi karena mereka ini tidak mungkin kita karantina rumah atau karantina mandiri,  mereka harus karantina terpadu,  kita siapkan tempat, fasilitas dengan berbagai macam kebutuhan yang mereka perlukan. Yang paling utama kesiapan dari tim medis,  karena mereka ini betul-betul dari zona merah,  sampai disini mereka yang menjadi fokus utama.

Baca Juga :   MENPAN RI KUNJUNGI FOOD ESTATE KABUPATEN SUMBA TENGAH

Ketika ditanyakan akan partisipasi Partai Golkar selama ini yang sudah memberikan bantuan Alat Peling Diri (APD) dan multivitamin serta makan tambahan bagi balita dan ibu hamil, Ichad menjelaskan itu merupakan bagian dari kepedulian Partai Golkar dalam membantu APD di posko untuk masyarakat SBD.  Bukan hanya SBD tetapi seluruh kabupaten di NTT,  ini semua hanya semata-mata bentuk kepedulian Partai golkar kepada Masyarakat.

“Kami hanya membantu semaksimal mungkin. Selain APD Golkar juga membantu sembako kepada masyarakat kurang lebih 3.000 yang dipersiapkan untuk tahapan-tahapan selanjutnya. Ini adalah  bagian kepedulian sosial partai Golkar terhadap Covid-19 untuk Tana Loda Wee Maringgi Pada Wee Malala yang kita cintai bersama” ujarnya lagi.

Lanjut Ichad, bukan hanya Partai Golkar tapi seluruh partai mempunyai kepedulian terhadap masyarakat terhadap wabah ini dengan caranya masing-masing,  kita harus bahu membahu,  ini bencana nasional. Bukan hanya partai banyak elemen yang peduli terhadap bencana ini. Mungkin bukan dengan materi, tetapi ada elemen/LSM yang melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pola Hidup bersih, cara mencegah covid-19 ini yang harus terus kita dorong.

“Mungkin ada Paradigma yang perlu kita rubah selama ini, yaitu bukan   tenaga medis menjadi garda terdepan melainkan   masyarakatlah yang menjadi garda terdepan .  Tenaga medis yang eksekusi,  kalau kita tidak berada digarda terdepan dan mawas diri,  ini susah” tutupnya mengakhiri bincang-bincang dengan media.***** (OC$/EB),-