TMMD KE-118 TA 2023 KODIM 1629/SBD SECARA RESMI DITUTUP OLEH DANREM 161/WS

Suarajarmas.com – Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 Tahun Anggaran 2023 Kodim 1629/SBD dilaksanakan di lapangan SMP dan SDN 1 Weekeri Desa Watu Wona Kecamatan Kodi Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur, Kamis (19/10/2023).

Upacara penutupan TMMD ke&118 ini mengambil tema Sinergi Lintas Sektor Mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat Semakin Kuat dipimpin langsung oleh Danrem 161/WS, Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M., selaku inspektur upacara.

Hadir dalam upacara penutupan tersebut, Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete, Kasi Ops Rem 161/WS Kol. Inf. Herwin R., Dandim 1629/SBD Letkol Czi Novi Kurniawan, S.T., Anggota DPR RI Komisi IX, Ratu Wula Talu, S.T., Wakil Ketua DPRD SBD, Syamsi Pua Golo, ST., Kabag Ops Polres SBD, AKP Marsel Hale, Danpos AU Lettu Kal Sigit Gunarto, Danpos AL Letda Mar Rudy Hartono, Pasi Ops Yon Pelopor AKP Sastrawan, Wadanki Brimob Ki C Pelopor Ipda Jacinto, Para Pasi Kodim 1629/SBD, Para Danramil Kodim 1629/SBD, Camat Kodi Kabupaten SBD, Pimpinan OPD Kabupaten SBD, Direktur Hotel Sinar Tambolaka, Direktur PT Talasi, para tokoh Agama dan para Tokoh Masyarakat.

Dalam arahan Pangdam IX/Udayana, yang dibacakan oleh Danrem 161/WS Brigjen Febriel Buyung Sukumbang mengatakan, program TMMD dilaksanakan sebagai upaya memberdayakan masyarakat dan desa dengan membangun atau merehabilitasi sarana prasarana wilayah serta fasilitas yang secara langsung dapat menyentuh kepentingan masyarakat setempat.

Disamping itu juga untuk membantu pemerintah memberdayakan wilayah serta meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah untuk kepentingan pertahanan negara dan mewujudkan ketahanan wilayah.

Fasilitas umum maupun sosial, berupa Pembangunan Jalan, Drainase, Pipanisasi Air Bersih, Bak Penampungan Air, Pembuatan MCK, Pembangunan Tempat Ibadah dan Posyandu. Adapun sasaran non fisik berupa penyuluhan atau sosialisasi tentang Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Stunting dan Pelayanan Kesehatan, Hukum, Radikalisme, Kamtibmas, Narkoba serta materi lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Kedua sasaran tersebut dapat dikerjakan dengan baik dan tercapai 100 persen.

Baca Juga :   KUNKER KETUA TIM PENGAWASAN DAN EVALUASI TMMD KE-118 DI SBD

“Selaku Pangdam IX/Udayana dan Pengendali Kegiatan Operasional TMMD mengucapkan terima kasih atas terlaksananya TMMD ke-118 TA 2023 secara aman dan lancar. Dukungan pemerintah daerah atas alokasi anggaran yang disiapkan menjadi hal penting serta bermanfaat untuk membiayai semua sasaran dalam program TMMD kali ini” ungkap Pangdam IX/Udayana, Mayjen Harfendi, S. IP., M. SC.

Pangdam Udayana juga menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pelaksanaan TMMD ke-118 TA 2023, terdapat tutur kata maupun tingkah laku para Prajurit TNI yang tidak berkenan di hati masyarakat.

Untuk diketahui tujuan dilaksanakannya TMMD yaitu sebagai wujud dari kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam bentuk kegiatan Bhakti yang dilaksanakan bersama-sama di SBD.

Sasaran yang sudah tercapai dalam kegiatan TMMD ke-118 TA 2023 Kodim 1629/SBD meliputi Pembuatan jalan sertu sepanjang 1,43 km di desa Watu Wona kec. kodi, Pembangunan 20 unit MCK di desa Watu Wona Kec. Kodi dan Pembangunan 20 unit MCK di desa Tajung Karoso Kec. Kodi, Kab. Sumba Barat Daya.

Setelah upacara penutupan TMMD ke-118, Danrem bersama Forkompinda melaksanakan peninjauan lokasi TMMD. *** (Red/001-23). –