YON C PELOPOR SBD BERDUKA

Suarajarmas.com – Penyambutan Personil Batalyon C Pelopor Satgas OPS Damai Cartens BKO Polda Papua diriingi dengan isak tangis dari para personil Satgas yang kembali ke Mako Brimob Yon C Pelopor Sumba Barat Daya (SBD). Pasalnya dari 22 orang pasukan yang dikirim 20 orang personil kembali dengan selamat 1 orang gugur dalam tugas dan satu lagi dalam perawatan karena mengalami luka tembak oleh para pemberontak Papua.

Salah satu personil Batalyon C Pelopor Satgas OPS Damai Cartens BKO Polda Papua almarhum anumerta Bharatu Bonifasius Jawa gugur dalam pertempuran demi mempertahankan keutuhan NKRI di Papua saat melakukan kontak tembak dengan KKB di Papua.

Wadanyon C Pelopor SBD, AKP Raimundo De Jesus, SH., mengatakan pada awak media usai upacara penyambutan, sebanyal 21 orang anggota dari Batalyon C yang diberangkatkan dalam rangka BKO Papua selama 1 tahun 2 bulan.

“Dari 21 orang personil yang diberangkatkan 20 orang yang kembali, sedangkan yang satunya lagi gugur dalam pertempuran melawan KKB di Papua” ungkap Wadanyon C Pelopor SBD.

Untuk mengenang alm. Bharatu Bonifasius Jawa,  Yon C memberikan nama kesatrian Bonefasius Jawa karena sosok almarhum dikenal baik dan mudah bergaul, masyarakat SBD sudah sangat mengenal nama almarhum.

“Pemberian nama kestarian Bonefasius Jawa ini bertujuan untuk dikenang tidak saja di Yon C Pelopor tetapi seluruh Satuan Brimob NTT” kata AKP Raimundo menjelaskan.

Sedangkan seluruh personil Batalyon C Pelopor Satgas OPS Damai Cartens BKO Polda Papua mendapat cuti selama 2 minggu dari Dansat Brimob Polda NTT dan mendapat penghargaan untuk mengabdi di daerahnya masing-masing.

Dalam kesempatan itu juga Wadanyon C Pelopor SBD, AKP Raimundo De Jesus, SH., memberi arahan bagi seluruh personil Batalyon C Pelopor untuk melaksanakan tugas melindungi dan mengayomi masyarakat.

Baca Juga :   Polres Sumba Barat Lakukan Pengamanan Pendaftaran Paslon Peserta Pilkada Sumba Barat

“Jangan sekali-kali melukai hati masyarakat, karena masyarakat adalah mitra kita” jelasnya.

Sedangkan khusus untuk alm Bonefasius Jawa mendapat penghargaan dari Kapolri dengan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari pangkat semula. Dari pangkat Bharada dinaikan menjadi Bharatu Anumerta  bagi almarhumk Bonefasius Jawa.

Dipantau oleh media ini, upacara penyambutan Personil Batalyon C Pelopor Satgas OPS Damai Cartens BKO Polda Papua dipimpin oleh Waka Polres SBD, Kompol I Ketut Mastutina, S.Sos., yang dihadiri oleh Danpos AU, Lettu Sigit, tokoh agama Kristen, Katolik, Islam dan Hindu, para Danki Batalyon C dan PJU Batalyon C Pelopor, Sabtu (6/1/2024) di Mako Brimob Yon C Pelpor SBD.

Rekan-rekan almarhum Bonefasius tampak sangat terpukul dengan kepergian almarhum yang gugur dalam mempertahankan keutuhan NKRI. Isak tangis tidak dapat tertahankan saat rombongan personil disambut oleh keluarga besar Batalyon C Pelopor. *** (Red/001-24).-