Koramil 1629-02/Kodi Prakarsai Gelar Karya Bakti di Pasar Bondo Kodi

Suarajarmas.com – Dalam rangka mewujudkan gotong royog dan wilayah yang bersih,  Koramil 1629-02/Kodi dan Polsek Kodi menggelar karya bakti di pasar Bondo Kodi  Desa Pero Konda Kecamatan Kodi Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Jumat (8/12/2023).

Hadir dalam kegiatan Karya Bakti tersebut, Danramil 1629-02/Kodi, Kapten Cba Yan Karel Dedi Mete, Kapolsek Kodi, Ipda Ahmad Sidiq, Camat Kodi, Emanuel Kenduwela, SE., kepala desa Pero Konda, Kepala Desa Kodi, personil TNI/Polri, Satpol PP dan warga masyarakat setempat.

Dalam kegiatan Karya Bakti ini, Camar Kodi, Danramil Kodi dan Polsek Kodi bersama seluruh jajaran melakukan pembersihan sampah-sampah yang ditinggalkan oleh para pedagang dan masyarakat.

Danramil 1629-02/Kodi, Kapten Cba Yan Karel Dedi Mete mengatakan pada media ini kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI pada masyarakat untuk mewujudkan daerah yang bersih, membangun kerja sama antara Tripika dan masyarakat.

“Kami ingin membantu Pemerintah Daerah dalam hal kebersihan, mengingat saat ini sudah memasuki musim hujan” ungkapnya.

Pasar yang kurang bersih akan mengundang banyak penyakit yang akan menimpa masyarakat setempat, oleh karena itu Koramil mengajak pihak Kecamatan, Polsek Kodi, guru-guru SMAN 1 dan masyarakat setempat untuk melakukan pembersihan sampah.

Danramil Kodi minta agar masyarakat menjaga kebersihan dan kegiatan yang sudah dilakukan bersama ini agar terus ditindaklanjuti, daerah yang  bersih akan meminimalisir penyakit yang menyerang masyarakat.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolsek Kodi, Ipda Ahmad Sidiq kegiatan Karya Bakti (Jumat Bersih) ini sejalan dengan kegiatan Jumat Curhat yang selama ini sudah dilakukan  oleh Polres SBD.

Menurut Sidiq, kegiatan bersih-bersih ini sangat penting untuk menjaga kesehatan masyarakat, apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan. Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama dengan Tripika dalam mewujudkan daerah yang bersih dan nyaman.

Baca Juga :   Kendarai Motor Trail, Dandim 1629/SBD Tinjau Lokasi TMMD Ke-118

“Kita harapkan kegiatan ini rutin sehingga kebersihan pasar dan sekitarnya dapat terwujud. Dan kita minta para pedagang agar tidak membuang sampah sembarangan. Mari kita jaga kebersihan bersama-sama” tuturnya.

Dirinya berharap kegiatan ini akan terus dilanjutkan  untuk membangkitkan minat dan semangat gotong royong masayarakat dalam menjaga kebersihan.

Sementara itu Camat Kodi, Emanuel Kenduwela, SE., menuturkan kegiatan Karya Bakti Jumat Bersih ini merupakan hasil koordinasi antara Koramil 1629-02/Kodi, Polsek Kodi untuk mewujudkan daerah yang bersih.

“Kita memulai kegiatan ini di pasar Bondo Kodi, kedepan kita akan  lanjutkan di setiap fasilitas umum yang ada, tempat masayarakat umum melakukan aktivitasnya” kata Camat Kodi.

Camat Kodi minta masyarakat pengguna fasilitas umum baik pasar, gereja, kantor desa dan sebagainya untuk menjaga kebersihan.

“Saya minta masayarakat menjaga kebersihan karena saat ini sudah masuk musim hujan untuk menghindari penyakit malaria, demam berdarah dan penyakit menular lainnya” harapnya.

Kepala Desa Bondo Kodi, Christoforus Rehi Mabaha secara khusus menyampaikan terima kasih pada TNI AD yang sudah memfasilitasi kegiatan Karya Bakti ini dengan melakukan pembersihan sampah  di pasar Bondo Kodi.

“Terima kasih pada TNI/Polri dan Pemerintah Kacamatan yang sudah menggelar kegiatan ini, khususnya di pasar Bondo Kodi untuk mewujudkan daerah yang bersih dan sehat” ujar Kades Bondo Kodi.

Dirinya berharap masayarakat mendukung kegiatan bersih lingkungan ini, karena sudah dimulai oleh TNI/Polri dan Kecamatan sebagai bentuk kepedulian pada kebersihan.

Pantauan media ini, kegiatan yang dimulai pagi hari dilakukan bersih-bersih sampah dan membakar sampah plastik serta memberikan edukasi pada masyarakat setempat untuk terus menjaga kebersihan serta menjaga keamanan dan ketertiban umum. *** (Red/001-23). –