KUNKER KETUA TIM PENGAWASAN DAN EVALUASI TMMD KE-118 DI SBD

Suarajarmas.com – Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118, Brigjen TNI Dr. Tetty Melina, SH., MH.,   melakukan kunjungan kerja di Kodim 1629/SBD yang sedang melakukan kegiatan TMMD di Desa Watuwona dan Desa Tanjung Karoso Kecamatan Kodi Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur.

Dalam kunjungannya tersebut, Brigjen TNI Dr. Tetty Melina, SH., MH.,  berkesempatan melakukan tatap muka dengan Pemda SBD di aula kantor Bupati Desa Kadipada Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur, Selasa (26/9/2023).

Brigjen TNI Dr. Tetty Melina, SH., MH.,  diterima langsung oleh Wakil Bupati SBD, Marthen Christian Taka, S.IP., didampingi Dandim 1629/SBD, Letkol Czi Novi Kurniawan, ST., Wakapolres SBD, Kompol I Ketut Mastina, S.Sos., beberapa pimpinan OPD, Camat Kodi, Kepala Desa Watuwona dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wakil Bupati SBD, Marthen Christian Taka menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Ketua Tim Wasev TMMD ke-118 bersama jajarannya yang dapat memberikan masukan berharga bagi pelaksanaan TMMD di SBD.

Christian Taka mengatakan dengan dilaksanakannya TMMD ke-118 di SBD, merupakan wujud konkrit dari sinergi antara TNI, Pemerintah dan Masyarakat dalam mewujudkan pembangunan inklusif yang berkelanjutan.

Ketua Tim Wasev TMMD ke-118 TA 2023, Brigjen TNI Dr. Tetty Melina, SH., MH.,   saat memberikan sambutannya

“Saya atas nama Pemda SBD menyambut baik kegiatan TMMD ke-118 ini, untuk itu saya tegaskan kepada seluruh perangkat daerah, camat dan kepala desa serta semua pihak untuk mendukung dan mensukseskan TMMD tahun ini. Tentunya keberhasilan TMMD tidak terlepas dari sinergisitas dan kolaborasi yang baik antara semua unsur dan eleman yang ada” ungkapnya.

Dalam pemaparannya komandan Satgas TMMD ke-118 Letkol Czi. Novi Kurniawan, ST., menjelaskan pelaksanaan operasi bakti TNI melalui TMMD ke-118 TA 2023 dengan tema ”Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan Tni Rakyat Semakin Kuat” di wilayah Kodim 1629/SBD merupakan program komando atas dengan kategori wilayah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal).

Baca Juga :   BERJALAN BERSAMA MENUJU MASA DEPAN TANPA BAJUAL SESAMA

Latar belakang serta pertimbangan pemilihan lokasi sasaran antara lain adalah untuk pembangunan di daerah terpencil yang belum tersentuh sama sekali dengan pembangunan infrastruktur, salah satunya  sarana prasarana dalam bentuk jalan dan pembangunan MCK.

Ketua Tim Wasev TMMD ke-118,  Brigjen TNI Dr. Tetty Melina, SH., MH.,  dalam sambutannya mengatakan TMMD merupakan program nasional melibatkan seluruh stakeholder  instansi dan masyarakat serta upaya untuk mendukung percepatan pembangunan dan  meningkatkan kesejahteraan masyarakat. TMMD dilaksanakan  dengan kegiatan fisik dan non fisik di wilayah pedesaan, daerah terpencil, tertinggal dan terisolir.

Kegiatan Fisik TMMD yang dilaksanakan berupa pembuatan/rehab infrastuktur konstruksi, pembangunan sarana ibadah, pembangunan sarana pendidikan, pembangunan sarana kesehatan, MCK, Poskamling dan lain-lain.

“Sedangkan kegiatan non fisiknya penyuluhan masalah kesehatan, pendidikan, pertanian, perkebunan, wasbang, bela Negara, hukum, bahaya narkoba, donor darah, bakti sosial, dan lain-lain” ungkap Brigjen Tetty Melina.

Dirinya juga minta agar bersama-sama merawat dan memelihara hasil TMMD agar masa pakai lebih lama guna peningkatan kesejahteraan masyarakat serta menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak atas kerja samanya dalam mendukung kellancaran kegiatan TMMD.

“Marilah  kita berdoa bersama kepada Tuhan YME semoga kita senantiasa diberikan petunjuk dan bimbingan-Nya dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada Bangsa dan Negara” pungkasnya. *** (Octa/002-23).-