TIM PENGEDALI HAMA BELALANG ATASI BELALANG DI LOURA

Tambolaka-SJ……… Hama belalang kembara yang  kembali masuk menyerang Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Sabtu sore 6 November 2021 yang lalu di wilayah Loko Kalada, Desa Letekonda Selatan dan Desa Bondo  Boghila Kecamatan  Loura  SBD, kembali menjadi perhatian serius Dinas Pertanian SBD.

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Rofinus Kaleka, SP.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan SBD, Rofinus Kaleka, SP., yang dihubungi media ini, Selasa (9/11/21) via telepon mengatakan, pihaknya sudah langsung melakukan pengendalian oleh Tim Pengendali Hama Belalang.

“Belalang ini berasal dari wilayah Tana Righu Kabupaten Sumba Barat dan masuk di 2 desa di Kecamatan Loura, setelah mendapat informasi dari masyarakat,    para Penyuluh di Kecamatan  Loura segera melakukan pemantauan tempat konsentrasi hama belalang bermalam” ungkapnya.

Lebih lanjut Kadis Rofinus menjelaskan pada hari Senin  8 November pagi mulai dilakukan pengendalian oleh Tim Pengendalian Hama Belalang dari Dinas Pertanian dan Ketahanan  Pangan SBD di Karuni sekitar Kantor Camat Loura. Pengendalian dilanjutkan malam hari di Bukit Lendo Ngara Desa Karuni. Pagi harinya dilakukan pengendalian menggunakan power sprayer dan dron semprot.

“Sampai sekarang belum ada kerusakan tanaman pangan,  karena kesiagaan petani sawah di Loura menjaga tanaman padi mereka dengan cara menghalau hama belalang” ungkap Rofinus. *** (Octa/002-21),-

Baca Juga :   Penataan Birokrasi, Pendidikan & Kesehatan Perlu Mendapat Perhatian Khusus