Pelatihan IT Bagi Pengurus Koperasi

(ki ke ka) Filipe Lelo Bere (Dinas Koperasi NTT) , Yakoba Ropa (Dinas Koperasi SBD) Selestino Savio (Dinas Koperasi NTT)

Tambolaka-SJ…………….. Bertempat di Weekuri Room Hotel Sinar Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT menyelenggarakan pelatihan IT bagi pengurus dan pengawas koperasi yang diikuti oleh 20 KSP/USP Koperasi di SBD.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan selama 4 hari ini sejak Rabu (13/11/19) sampai dengan Sabtu, (16/11/19) ini memfokuskan pada penggunaan IT bagi pelaporan dan pengawasan transaksi koperasi.
Kepala Seksi Penilaian dan Pemeringkatan Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTT Filipe Lelo Bere, SE.MM,- mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dari pengurus dan pengawas koperasi yang ada di SBD, khususnya penerapan sistem informasi teknologi (IT) dalam layanan simpan pinjam bagi pengelola KSP/USP dan KSPPS/USPPS di Tambolaka.

Kegiatan yang dibuka pada Rabu (13/11/19) malam ini dihadiri oleh Kepala Seksi Penilaian dan Pemeringkatan Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTT Filipe Lelo Bere, SE.MM, Selestino Savio, Staf Dinas Koperasi SBD Yacoba Ropa dan seluruh peserta pelatihan dari 20 koperasi yang ada di SBD.
Kegiatan hari pertama dimulai dengan narasumber Selestino Savio membawakan materi Penilaian Kesehatan Koperasi hingga jam makan siang dan dilanjutkan dengan materi Digitali Koperasi oleh narasumber Lukman Hakim.

Marthen Rawang pengawas Koperasi Jasa Sumber Tirta Marta dari Kelurahan Langga Lero mengatakan dirinya merespon dengan luar biasa pelatihan ini, karena masalah pengelolaan keuangan koperasi berbasis IT masih merupakan masalah yang dihadapi koperasinya.
Dirinya berharap melalui kegiatan pelatihan ini bisa memperoleh ilmu dan pengetahuan yang baru dalam bidang laporan keuangan dan mengetahui fungsi pengawasan oleh badan pengawas dalam koperasi.

Baca Juga :   Pemred Garda Malaka & Wartawan Suluh Desa di Pukuli, Kuasa Tim Hukum SN-KT Buka Suara

“Sayangnya kegiatan ini mendadak sekali kami mendapat informasi, kalau tidak kami akan mengirimkan bendahara dan pengawas yang paham IT untuk mengikuti pelatihan ini, tetapi walaupun begitu kami tetap bersyukur dan berterima kasih pada Dinas Koperasi NTT yang sudah menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini” tuturnya.

Pantauan media kegiatan pelatihan ini berjalan dengan lancar dan peserta pelatihan tidak segan-segan untuk bertanya tentang hal-hal yang belum atau kurang dipahaminya. ***

Penulis: Abdul Haris,-