TIM INISIATOR PERKUAT LANGKAH STRATEGIS PEMBENTUKAN DOB PROVINSI SSR

Suarajarmas.com – Tim Inisiator pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB)  Provinsi Sumba Sabu Raijua (SSR) dari tingkat Provinsi dan Kabupaten di daratan Sumba menggelar pertemuan di Jl. Rangga Roko Indah Kelurahan Langga Lero Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur, Senin (10/4/23).-

Pertemuan ini dalam rangka membereskan persyaratan administrasi dari masing-masing Kabupaten sebagai syarat pembentukan DOB Provinsi baru yang akan diajukan ke Komisi II DPR RI. Selain itu juga menentukan langkah-langkah strategis yang akan ditempuh oleh tim inisiator dari Kabupaten dan Provinsi.

Rapata koordinasi ini dipimpin oleh tuan rumah Tim Inisiator SBD, Yohanes Tende, SH., yang dihadiri oleh Sekretaris Tim Inisiator Provinsi, Drs. Yulius Dowa Ngailu beserta kawan-kawan, Tim Inisiator Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Tengah.

Turut hadir  dalam rapat koordinasi ini Tokoh Masyarakat Sumba sekaligus Pembina IKBS Jakarta, Yulius Bobo, SE.,MM., yang memberikan semangat serta arahan-arahan bagi Tim Inisiator  dan langkah-langkah strategis untuk mencapai tujuan bersama pembentuk DOB Provinsi SSR.

Yulius Bobo dalam arahannya mengatakan merasa bangga dan bersyukur atas Tim Inisiator pemekaran yang saat ini sangat bersemangat dalam melakukan kerja sama dan koordinasi antar masing-masing kabupaten dan provinsi guna mewujudkan DOB Provinsi SSR.

“Mimpi pembentukan Provinsi Sumba ini sudah lama kami rencanakan bersama Prof. Manasse Malo kala itu, langkah pertama yang kita lakukan adan memekarkan Sumba Barat saat itu menjadi kabupaten Sumba Tengah dan SBD” ungkapnya.

Dengan adanya gerakan dari Tim Inisiator pemekaran saat ini yang melakukan upaya-upaya untuk mewujudkan DOB Provinsi SSR merupakan langkah bagus untuk mewujudkan mimpi bersama terbantuknya SSR.

“Saya melihat tim yang hadir dalam rapat ini, adalah tokoh-tokoh dari Sumba yang mempunyai kemampuan untuk wujudkan mimpi kita bersama, ini adalah kerja politik jadi harus rangkul pimpinan partai politik yang ada di Kabupaten. Saya optimis dengan teman-teman semua” tutur bakal Caleg DPR RI dari PAN ini.

Baca Juga :   Diskusi Publik DOB Provinsi SSR Segera Akan Dilaksanakan

Yulius Bobo juga minta agar semua tim harus memberi kepercayaan pada masing-mnasing ketua Tim Inisiator untuk berkreasi menentukan langkah-langkah yang ditempuh untuk mencapai Provinsi SSR.

Sementara itu Sekretaris Tim Inisiator tingkat Provinsi,  Drs. Yulius Dowa Ngailu dalam penyampaianya diawal pertemuan mengatakan kehadirannya bersama Tim dari Kupang untuk mendapatakan dokumen-dokumen dukungan dari  masing-masing kabupaten yang akan disampaikan ke Komisi II DPR RI.

“Hasil koordinasi kami dengan Komisi II DPR RI dan DPD RI, kita harus menyiapkan data-data dukungan dari 5 kabupaten untuk segera kita masukan dan usulkan ke DPR RI” tuturnya.

Yulius berharap dalam waktu dekat agar semua berkas-berkas dimaksud sudah bisa disiapkan oleh masing-masing kabupaten dari Sumba dan Sabu Raijua. Mengingat dalam rapat koordinasi ini kabupaten Sumba Timur dan Sabu Raijua belum hadir, diharapkan adanya koordinasi antar Tim Inisiator untuk saling mendukung dan melengkapi persyaratan yang ditentukan ole Undang – Undang.

Dalam Rapat Koordinasi ini disepakati  beberapa hal yang akan menjadi agen kerja bersama yaitu adanya kerja kolaboratif Tim Inisiator Provinsi dan Kabupaten. Diskusi Publik sebagai salah satu bentuk pernyataan sikap bersama akan diselenggarakan bulan Agustus tahun 2023. Panitia penyelenggara Diskusi Publik sudah mulai bekerja dan melakukan penggalangan dana.

Sebelum pelaksanaan Diskusi Publik, Tim Inisiator akan melakukan road show ke masing-masing Kabupaten khususnya Sumba Timur dan Sabu Raijua pada minggu ke 3-4 bulan Mei 2023. Sehingga surat pernyataan dukungan dari 5 kabupaten segera dikeluarkan syarat mutlak pembentukan DOB Provinsi SSR.

Masalah calon ibu kota provinsi juga sudah masuk dalam agenda kerapatan ini, dan disepakati bersama penentuan ibukota Provinsi SSR akan ditentukan bersama setelah pelaksanaan  Diskusi Publik dan studi kelayakan oleh lembaga yang berkompeten.

Baca Juga :   Ribuan Massa Mengikuti Upacara Pemakaman Anggota DPRD Ananias Bulu

Untuk diketahui rapat koordinasi ini berjalan sangat serius  walaupun disertai dengan hujan yang terus mengguyur SBD para peserta rapat terlihat aktif dalam melakukan diskusi serta mencari solusi bersama akan kendala-kendala yang dihadapi. Kehadiran tokoh-tokoh senior diantaranya Yulius Bobo, Umbu Dendo Ngara, Lele Dapawole dan Imanuel Horo memberikan semangat tersendiri bagi para Tim Inisiator dari 3 kabupaten dan Provinsi. *** (Octa/002-23).-