STAF AHLI PANGDAM IX UDAYANA KUNJUNGI SUMBA TENGAH

Waibakul-SJ……….. Staf Ahli Pangdam IX Udayana Kol. Inf. Made Sukarwa dan Dandim 1613 Sumba Barat B. Letkol. Czi. Irawan Agung Wibowo . ST. M.Tr (Han) di zona I-V Food Esatate lakukan kunjungan di kabupaten Sumba Tengah provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kunjungan yang dilaksanakan pada hari Senin 14 Desember 2020 dan Selasa 15 Desember 2020 dalam rangka monitoring tugas pendampingan TNI dan dukungan atas proyek lumbung pangan di wilayah Nusa Tenggara Timur Kabupaten Sumba Tengah.

Kunjungan hari pertama dilaksanakan di Zona 1 Desa Umbu Pabal, Zona 2 Desa Umbu Pabal Selatan dan Zona 5 Desa Tanamodu,  sedangkan hari kedua dilanjutkan di Zona III Desa Dasa Elu Kecamatan Katikutana Selatan dan Zona IV Desa Makatakeri Kecamatan Katikutana.

Konteks keberadaan TNI dalam food estate ini adalah consern kepada supporting, yaitu menurunkan Babinsa untuk memberikan dorongan kepada petani untuk mengadaptasi culture disiplin. Culture disiplin harus dibangun disektor pertanian karena merupakan salah satu kunci penting dalam keberhasilan food estate itu sendiri. Konsep culture disiplin ini meliputi disiplin menyemprot hama dan disiplin dalam pemupukan karena tanaman memiliki jadwal penanganan yang rigid.

Dalam diskusi Staf Ahli Pangdam IX Udayana dan Dandim 1613 Sumba Barat beserta Bupati Sumba Tengah saat berada di lokasi Zona V Desa Tanamodu Kecamatan Katikutana Selatan, menyampaikan akan mendukung program dari Pemerintah baik pusat maupun daerah.

“Kami akan mendukung program Pemerintah baik pusat maupun daerah untuk mempercepat pengolahan lahan dan memberikan pendampingan TNI kepada petani sehingga Kabupaten Sumba Tengah dapat menghasilkan lumbung pangan yang cukup” ungkap Kol. Made Sukarwa. *** (004/SJ/20),-

Baca Juga :   Indonesia Berduka, Kabinda Papua Gugur Dalam Tugas