SEKDA SBD BUKA KEGIATAN SOSIALISASI P3KLLAJ

Sekda SBD, Fransiskus Adi Lalo, S.Sos saat membuka kegiatan sosialisasi P3KLLAJ

Tambolaka-SJ……………….  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumba Barat Daya, Fransiskus M. Adi Lalo mewakili bupati SBD  membuka kegiatan sosilisasi Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (P3KLLAJ).Kegiatan sosialisasi P3KLLAJ untuk mengurangi angka kecelakaan yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan dan berlangsusng di ruang Aula Hotel Sumba Sejahtera Waitabula Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Propinsi Nusa Tenggara Timur Jumat, (30/8/2019).

Sekda Fransiskus M. Adi Lalo dengan sapaan Adi Lalo dalam sambutannya mewakili Bupati mengatakan, Kegiatan sosialisasi P3KLLAJ ini merupakan kegiatan rutin, yakni program tetap pemerintah Kabupaten SBD untuk mengikuti program nasional dari resor pusat, propinsi sampai pada tingkat daerah. Dan kegiatan ini terus dilaksanakan secara reguler dalam rangka meningkatkan upaya keselamatan dan kesadaran berlalu lintas bagi para pelajar dari lingkup pusat, propinsi sampai pada daerah termasuk kita di Kabupaten SBD ini.

“Peningkatan pertumbuhan penduduk, jumlah kendaraan bermotor serta fasilitas alat yang kurang bermutu sangat berpengaruh sehingga terjadinya masalah lalu lintas baik secara kualitas maupun kuantitas. Disamping itu meningkatnya angka kecelakaan Kabupaten SBD yang berada pada urutan nomor 2 (dua) sesuai data yang diperoleh dari Polres Sumba Barat,” ujarnya.

Lebih lanjut Sekda Adi Lalo mengatakan, hal itu terjadi antara lain karena rendahnya tingkat kesadaran masyarakat dan sumber daya manusia untuk mentaati dan patuh dalam melaksanakan ketertiban melintasi jalan raya.

“Adanya perilaku yang tidak tertib, adanya ngebut-ngebutan di jalan raya, balapan liar, mengkonsumsi minuman keras seperti moke, peci, arak dan sopi yang mengganggu pengendara lain dan mengakibatkan kecelekaan yang berujung pada maut kematian serta merugikan pihak korban,” katanya.

Baca Juga :   174 Eks Karyawan Hotel Nihi Sumba Tuntut Pesangon

Sekda Adi Lalo juga menghimbau kepada seluruh peserta yang hadir, agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada dijalan raya, sehingga perjalanan aman sampai pada tujuan.

“Dan juga apa yang telah diperoleh dan didapatkan dari kegiantan ini jangan dibiarkan membeku dalam pikiran kalian, tapi dibagikan atau diinformasikan kepada teman-teman di sekolah dan juga pada keluarga maupun masyarakat lain pengguna jalan raya. Agar informasi yang kalian peroleh dapat berkembang dan bermanfaat bagi orang lain, sehingga siapapun pengguna jalan dapat mematuhi segala aturan rambu-rambu lalu lintas di jalan raya,”tuturnya.

Dandramil Laratama Kapten Mulyono, Plt. Camat Kota Tambolaka Finsensius Nunu Bara, Kepala Unit Regident Lantas Aiptu Frensen Edwin Bengkiuk mewakili Kapolres Sumba Barat, seluruh peseta sosialisasi dari 10 sekolah khususnya SMA dan SMK dan didampingi guru pembimbing dari masing sekolah turut hadir dalam acara sosialisasi P3KLLAJ tingkat Kabupaten SBD. (Isto-SJ),-