SATPAM DITUNTUT TINGKATKAN KOMPETENSI DIRI

(ki ke ka) Kabag Ops Polres SBD, AKP Marselinus Hale, Kapolsek Loura Kompol I. Ketut Mastina, S.Sos, Kasat Binmas Iptu Justinus Randjamay

Tambolaka-SJ ………. Salah satu pesan Kapolri Jend. Polisi Drs. Idham Azis, M.Si dalam Ulang Tahun Satpam ke 39, agar terus meningkatkan kompetensi diri, baik melalui pendidikan maupun pelatihan, guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas. Oleh karena itu secara khusus Satpam yang ada di kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) diharapkan mengikuti pelatihan dan pendidikan Satpam sehingga memperoleh sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh Polri.

Kapolsek Loura yag dihubungi media usai apel bersama perayaan HUT Satpam ke-39 di Lapangan Apel Mapolsek Loura, Kelurahan Langga Lero, Kecamatan Kota Tambolaka, SBD Rabu, (22-01-2020) menghimbau bagi satpam yang belum memiliki kualitas kompetensi agar mengikuti pelatihan sesuai dengan himbauan dari Kapolres SBD. 

Dalam kesempatan tersebut dirinya juga mengucapkan terima kasih untuk perusahaan yang sudah menggunakan jasa Satuan Pengamanan (Satpam) dan hadir pada HUT ke-39 ini,  sedangkan yang belum sempat hadir agar pada HUT berikutnya dapat hadir bersama-sama. Dirinya juga menghimbau agar adanya kerjasama dengan stakeholder terkait, khususnya Polri di Babinkambtibmas dan Kasat Binmas.

“Satpam ini sangat berguna dan bermanfaat sekali dalam mendukung tugas-tugas pokok kepolisian, khususnya dilingkungan kerjanya sendiri” ungkapnya.

Pihaknya berjanji melalui Kasat Binmas akan melakukan sosialisasi kepada pihak-pihak pengguna jasa Satpam yang mungkin sebagian besar belum memahami kegunaan Satpam di lingkungan kerjanya, dan bagi Untuk itu nanti kita akan door to door dengan Kasat Binmas untuk melakkukan sosialisasi secara bersama-sama.

Hal senada diungkapkan oleh Kasat Binmas Polres SBD Iptu Justinus Randjamay yang mengatakan Satpam ada tahapan pendidikannya yang pertama pelatihan yang diselenggarakan kurang lebih 14 hari. Setelah itu ada pendidikan Satpam juga selama 3 bulan.  

Baca Juga :   Kapolres Sumba Barat Pimpin Apel Gelar Pasukan Operesi Keselamatan Ranaka Tahun 2021

“Rata-rata Satpam yang ada di Sumba masih dibatas mengikuti pelatihan saja tetapi sudah dilengkapi dengan sertifikat. Jadi kami menghimbau bagi satpam yang belum memiliki setifikat di bulan Maret 2020 ini akan diadakan untuk melakukan pelatihan Satpam” tuturnya.  

Lebih lanjut Iptu Yustinus menyampaikan rencana dari Polres SBD untuk bertemu Bupati SBD untuk  menghimbau agar sekolah-sekolah mempunyai Satpam yang sudah bersertifikat. Dalam kesempatan itu dirinya juga mengucapkan terima kasih karena adanya Satpam sudah membantu meringankan tugas Polri, harapan kedepan bisa ditingkatkan lagi.

Dorkas Bela Kaka satpam RS Kaitas yang  mengikuti apel bersama perayaan HUT Satpam ke-39 yang dihubungi media usai perayaan berharap kedepan agar Satpam lebih baik lagi, dan bisa bekerja sama

“Dengan Polres SBD lebih baik lagi kinerja Satpam bisa lebih baik, kami juga berharap agar masa depan Satpam diperhatikan dan lebih khusus lagi perlengkapan Satpam” ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Usman Solo Satpam dari PLN Sumba Jaya . Dirinya berharap  Satpam seluruh Indonesia lebih ditingkatkan kinerjanya,  sehingga keamanan dan ketertiban  di kantor lebih baik lagi.

“Khusus untuk PLN peran Satpam sudah bagus dan maksimal dan perhatian dari kantor sudah cukup lumayan, kalau bisa kita mendapatkan pelatihan lagi agar lebih bagus lagi kedepan” katanya.

Petrus Bulu Bili Satpam BNI mengharapkan penyedia jasa Satpam di BNI agar lebih memperhatikan lagi atribut dan kelengkapan Satpam.  

“Selama ini kendala yang kami hadapi adanya tuntutan dari BNI agar pelayanan Satpam sesuai dengan SOPnya. Sehingga kami harapkan dari vendor untuk menyiapkan semua kelengkapan dan persyaratan tersebut” pintanya.

Dirinya mengatakan kalau mau melengkapi sendiri, gaji yang diperoleh pas-pasan saja, bahkan dalam kesempatan tersebut dirinya berharap agar kesejahteraan daripada Satpam lebih diperhatikan lagi.

Baca Juga :   PESAN NATAL DAN TAHUN BARU DANDIM 1629 SBD

Ketua Komisi B DPRD SBD Yohanes Routa Geli yang turut hadir dalam pelarayaan HUT Satpam menghimbau agar Satpam untuk lebih mengutamakan pelayanan yang prima. Dirinya  juga berharap agar Polres SBD bisa membuka pelatihan bagi Satpam dan calon satpam.

Ketua Komisi B DPRD SBD, Yohanes R. Geli (kanan) bersama Kasat Binmas Iptu Justinus Randjamay, saat jumpa pers

“Jadi anak-anak yang belum memiliki pekerjaan bisa mencari pekerjaan jika sudah memiliki sertifikat pelatihan Satpam” imbuhnya.

Guna mewujdukan SBD yang aman dan tertib Yoni juga menghimbau agar semua lembaga/instansi pemerintah sudah harus menggunakan Satpam. Termasuk OPD-OPD di Kab. SBD, karena fungsi mereka dapat meringankan peran kepolisian untuk patroli pengamanan.

“Mudah-mudahan kedepan Bupati SBD berinisiatif untuk menggunakan tenaga Satpam di semua instansi pemerintah, jadi tenaga-tenaga kontrak yang lain bisa difungsikan untuk Satpam. Mereka bukan lagi sebagai penjaga malam, tetapi resmi menjadi satpam yang bersertifikat sesuai dengan standar yang sudah ditentukan oleh Polri” tutupnya. *****

Liputan: Octav Dapa Talu,-

Leave a Reply

Your email address will not be published.