SAKA BAYANGKARA: LISA DAN ASAM URAT

Walakiri-SJ ………… Saka Bayangkara mengadakan Kegiatan bersih pantai yang berlangsung di Pantai Walakiri, Kel. Watumbaka , Kec. Pandawai, Kab.Sumba Timur pada Minggu 06 Januari 2019. Kegiatan sisir dan bersih pantai tersebut  Merupakan giat  Rutin Bulanan pramuka Daka Bhayangkara  Polres Sumba Timur dalam agenda Bhakti Bhayangkara. Giat bersih pantai ini merupakan gagasan murni anak pramuka Saka Bhayangkara Polres Sumba Timur,  yang mana giat tersebut merupakan terobosan kreatif dan dipandang perlu, agar masyarakat yang melihat bisa dapat tergugah dan berpartisipasi dalam menjaga kebersihan pantai.

Kegiatan  Bhakti bhayangkara Pembersihan Pantai ini dalam rangka menciptakan suatu harmonisasi antara pramuka dan masyarakat dalam  bersama sama mejaga kestabilan ekosistem dan alam sekitar agar tetap asri.

Ketua Dewan Saka Bhayangkara Polres Sumba Timur, Bagoes Pramudhita Hadisiswojo atau lebih akrab disapa Ka’ Bagoes menuturkan bhakti bhayangkara ini selain giat positip pramuka juga sekaligus mengajak masyarakat di Kelurahan Watumbaka dan sekitar ataupun pengunjung  lebih mencintai kebersihan.

“Karena kebersihan sebagian dari pada iman. Masyarakat yang menjaga kebersihan, dipastikan akan selalu sehat dan bisa dapat berekreasi dengan baik,” ucap Ka’ Bagoes.

Menurut Kaka pembina saka Bhayangkara, yang notabene seorang Bhabinkambtibmas di Kelurahan Hambala, Brigpol James Guido,  menuturkan bahwa masyarakat disekitar yang berjualan serta  pengunjung pantai Walakiri,  disetiap hari libur semakin meningkat, itu dikarenakan daya tarik pantai ini yang luar biasa.  

“Nah kalau pantainya kotor, pengunjung akan dengan sendirinya semakin berkurang. Oleh karena itu semua warga dan pengunjung dihimbau untuk menjaga kebersihan pantai dari sampah plastik dan membuang sampah pada tempatnya, adik-adik pramuka saya ajarkan untuk selalu peduli dan mencintai alam. ” tuturnya.

Baca Juga :   RIBUAN MASSA DAMAI KODI UTARA PADATI ANDE ATE

Dalam pramuka Bhayangkara sudah terkenal dengan jargonnya “LISA” LIHAT SAMPAH AMBIL…atau “ASAM URAT”  ADA SAMPAH AMBIL UNGSIKAN DAN RAPIKAN KE TEMPATNYA, karena itu kakak pembina yang sering disapa Ka’Je ini mengajak masyarakat setempat agar selalu menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan.

Biasakanlah diri masing-masing  untuk membuang sampah pada tempatnya. Kegiatan  Bhakti Bhayangkara Pembersihan Pantai ini digelar  sebagai salah satu bentuk kepedulian Pramuka dalam mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mencintai kebersihan.

“Kalau lingkungan bersih, maka tingkat kesehatan masyarakatpun akan meningkat” tutupnya. (STM),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.