RUMAH ADAT DI KAMPUNG ADAT PARONA MBARORO HANGUS TERBAKAR AKIBAT DI SAMBAR PETIR

Kodi-SJ…………. Pada hari Kamis tanggal 13 Januari 2022 Pkl. 15.00 Wita, bertempat di Kampung Adat Parona Baroro Desa Wakaninyo Kecamatan Kodi Bangedo Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), telah terjadi kebakaran 8 (delapan) rumah adat milik warga yang disebabkan petir.

Diperoleh informasi sekitar pukul 12.00 Wita, Kecamatan  Kodi Bangedo dan sekitarnya di guyur hujan lebat disertai petir. Pada pukul 15.00 Wita, rumah milik Lere Katoda tersambar petir hingga terbakar, pada saat itu hujan mulai reda dan pemilik rumah berlari keluar menyelamatkan diri.

Api yang sudah membakar rumah Lere Katoda  selanjutnya dengan cepat menyambar rumah lain yang berada disekitarnya, karena adat tersebut dari alang sehingga mudah terbakar.

Api baru bisa dipadamkan oleh warga sekitar pada  pukul 18.20 Wita, api dapat di padamkan oleh warga dengan menggunakan 3 unit mobil tengki.

Hingga berita ini diturunkan tampak Babinsa Koramil 1629-02/Kodi bersama Bhabinkamtibmas Polsek Kodi Bangedo mendatangi TKP. Selanjutnya berkoordinasi dengan pemerintah desa dan tokoh Masyarakat setempat untuk memberikan pemahaman kepada warga masyarakat, agar tetap waspada terhadap cuaca saat ini.

Kerugian yang dialami oleh warga setempat berupa 8 buah rumah adat beserta perabot rumah terbakar habis, kerugian diperkirakan kurang lebih Rp.1.500.000.000,-00.

Adapun warga masyarakat pemilik rumah di Kampung Parona Baroro Desa Waikaninyo yang menjadi korban adalah  Lere Katoda, (75)  Thn, Hendrikus Honda Kande, (45), Petrus Patemona (35), Kornelis Hagupati (46), Polino Pati Bebe, (80), Herenemus Ranggarigu, (87), Lotamuda, (80), dan  Petrus Halanggola.

Dipastikan ke 8 KK warga pemilik rumah tersebut mengungsi di rumah keluarga terdekat sambil menunggu bantuan dari pemerintah setempat. *** (Reporter: Samuel Kadi Pada/008-22),-

Baca Juga :   Pesan Kapolsek Loli Pada Gelaran Upacara Wulla Poddu