RIBUAN MASYARAKAT RAMAIKAN KARNAVAL HUT RI KE-74

Tambolaka-SJ………… Ribuan masyarakat tua muda, laki-laki perempuan, PNS Swasta, petani wiraswasta, pelajar mahasiswa  ikut ambil bagian dalam pelaksanaan karnaval menyongsong HUT RI ke-74 yang digelar oleh Pemda Sumba Barat Daya (SBD) Kamis, 15 Agustus 2019.

Karnaval yang dipusatkan di stadion Galatama SBD ini memulai startnya dari 3 titik yang berbeda, untuk rombongan pawai jalan kaki dimulai dari lapangan SDM Weekaburu Taworara, pawai dengan menggunakan kendaraan hias dimulai dari lapangan Rato Dimu Waimangura Wewewa Barat sedangkan pawai peserta SD dan TK dimulai dari simpang Rada Mata kecamatan Kota Tambolaka.

Tampak masyarakat sangat antusias dan bergembira dalam mengikuti pawai tersebut dengan menunjukan berbagai keahlian dan ketangkasannya saat karnaval berlanjut yang dimulai pada pukul 14.20 Wita.

Karnaval perayaan HUT RI ke-74 yang dibuka dengan resmi oleh Wakil Bupati Ndara Tanggu Kaha ini dimulai dengan rombongan Kelurahan Langga Lero sebagai rombongan pertama peserta karnaval jalan kaki kemudian disusul oleh rombongan-rombongan lainnya.

Kemeriahan karnaval tahun ini dilihat dari respon semua masyarakat SBD dengan menampilkan atraksi-atraksi yang menarik dan hiasan-hiasan yang peserta  karnaval pejalan kaki yang menarik minat penonton untuk sekedara selfi bersama disela-sela pelaksanaan karnaval.

Wakil Bupati Ndara Tanggu Kaha memukul gong tanda dilepasnya peserta karnaval melakukan pawai di Tambolaka

Igma Mete salah satu peserta karnaval dari unsur pemerintahan mengatakan ini merupakan luapan kegembiraan masyarakat SBD menyongsong perayaan HUT Kemerdekaan RI yang ke-74, sehingga karnaval kali ini bisa mencapai kurang lebih 3000an orang yang mengikutinya.

“Banyaknya peserta yang tampil dengan berbagai adat masing-masing daerah merupakan bukti bahwa keutuhan NKRI menjadi dambaan kita semua sesuai dengan Pancasila dan UUD 45. Dan tidak salah kita bergembira semeriah ini sebagai wujud penghormatan pada pahlawan-pahlawan kita yang mendahului kita demi kemerdekaan NKRI yang kita cintai” ungkapnya sambil berlalu.

Hal senada juga diungkapkan oleh Anita Mete salah satu masyarakat dari kelurahan Langga Lero yang ikut dalam karnaval kali ini, merasa bahagia dan bersyukur pada Yang Maha Kuasa atas tambahan usia NKRI yang ke-74 ini.

“Semoga dengan HUT kali ini Indonesia semakin maju dan khususnya SBD lebih baik lagi, mari kita lupakan semua perbedaan-perbedaan selama ini khususnya masalah politik untuk membangun SBD ini. Karena dalam usia yang sudah melebih 11 tahun ini SBD masih harus banyak berbenah diri khususnya dalam keamanan, kebersihan dan tata kota yang baik” tuturnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is 1-1-1-300x156.jpg

Pantauan media pelaksanaan karnaval kali ini cukup meriah tetapi sayangnya kurang rapi, peserta karnaval pejalan kaki antara kelompok terpisah-pisah tidak berurutan rapi. Dan selain itu masyarakat SBD pada umumnya seperti tidak mengetahui adanya karnaval tahun ini dibuktikan dengan lalu lalangnya kendaaraan umum yang mengganggu jalannya karnaval, dan raungan motor-motor masyarakat bukan peserta karnaval yang mengganggu keselamatan dan kenyamanan peserta karnaval. (Octa),-

Baca Juga :   BUPATI NELIS AJAK MASYARAKAT UNTUK CIPTAKAN KESEJUKAN DI SBD

Leave a Reply

Your email address will not be published.