Penjagaan Pelabuhan Weekelo Diperketat Jelang Natal Dan Tahun Baru

Weekelo – SJ……………….Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) atau yang sering disebut KP3 laut memperketat penjagaan pelabuhan Weekelo Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) menjelang  perayaan  natal dan tahun baru. Hal tersebut guna untuk mengantisipasi  agar arus mudik di pelabuhan weekelo tetap aman dan kondusif.

Seperti yang disampaikan oleh kepala KP3L Bripka. Anselmus M. Tukan saat ditemui media ini di posko pengamanan Sabtu,(22/12/2018) mengatakan bahwa untuk mengantisipasi keamanan di pelabuhan weekelo Polres Sumba Barat sudah membentuk Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu)  serta  membentuk tim gabungan dari KP3L, Pol Airud, TNI, dan Syahbandar.

“Sesuai intruksi dari Kapolres bahwa mulai tanggal 21 kemarin sampai habis tahun baru mendatang kami disini sudah bentuk dua posko pengamanan yaitu  satu di kantor KP3L dan yang satunya untuk tim gabungan ada di pelabuhan. Dan sesuai rapat koordinasi dengan kapolres kemarin bahwa menjelang natal dan tahun baru penjagaan arus mudik diperketat mulai dari pemeriksaan senjata tajam, obat-obatan terlarang maupun miras dan kami jaga 24 jam guna menjamin keamanan pemudik” ungkap Ansel.

Lebih lanjut Ansel menjelaskan bahwa untuk tingkat kelancaran baik penumpang maupun kendaraan dirinya mengatakan bahwa sejauh ini masih lancar  dan tidak terjadi hambatan. Ia juga mengatakan bahwa terkait indikasi atau temuan dari kepolisian terhadap penumpang maupun sopir angkutan yang melakukan pelanggaran belum ada karena banyaknya tim gabungan yang jaga.

“Sejauh ini arus mudik penumpang maupun kendaraan masih sangat lancar karena selama arus mudik natal ini sudah diantisipasi dengan dua kapal ASDP yaitu KM.Cucut dan KM.Cekalang sehingga tidak terjadi antrian karena satu minggu sekali kapal ada terus. Untuk indikasi pelanggaran sejauh ini juga masih aman dan kondusif sehingga harapanya seperti ini terus agar keamanan penumpang terjamin”ucapnya.

Baca Juga :   Desa Numponi Bagi BLT kepada 193 KK Yang Terdampak Covid-19

Hal senada juga diungkapkan oleh Pegawai  Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Heribertus Bere bahwa untuk memonitoring arus angkutan pihaknya sudah bekerja sama dengan KP3L dan TNI untuk melakukan pemeriksaan tiket maupun barang muatan.  Dirinya juga mengatakan bahwa arus penumpang sejauh ini juga lancar tanpa ada antrian panjang ataupun penumpukan penumpang.

“Kita sudah berkoordinasi dengan aparat baik dari KP3L maupun TNI untuk bekerja sama dalam mengamankan maupun memeriksa tiket maupun barang bawaan karena kita sama-sama menjaga agar tidak terjadi apa-apa di perjalanan pemudik. Untuk angkutan sendiri sejauh ini masih lancar soalnya sudah ada dua kapal perintis, kapal nusantara dan kapal wilis yang masuk di pelabuhan weekelo apalagi cuaca juga bagus”ujar Heri.

Heri berpesan agar masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik yang akan melaksanakan tradisi mudik saat dalam pelabuhan serta bersama-sama mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan aksi teror demi menjaga kondusifitas di pelabuhan. (JNL),-

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.