PENINGKATAN KAPASITAS TIM PENYUSUN RKPDESA

Plt. Sekcam Kota Tambolaka, Ignasius Mario Mete, S. Sos

Tambolaka-SJ…………………. Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) adalah penjabaran dari RPJM Desa untuk jangka waktu 1 tahun. RKPDesa ini yang akan diusulkan oleh Pemerintah Desa kepada Pemerintah Daerah melalui mekanisme perencanaan pembangunan daerah.

Demikian disampaikan oleh Plt. Sekcam Kota Tambolaka, Ignasius Mario Mete, S.Sos saat menjadi narasumber dalam pelatihan peningkatan kapasitas tim penyusun RKPDesa di aula kantor desa Watu Kawula Rabu (15/01/20) siang hari yang diikuti oleh tim penyusun RKP Desa Watu Kawula Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD).

Igma Mete sapaan akrab sekcam Kota ini menegaskan pentingnya RKPDesa sebagai dasar dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Selain itu juga RKPDes memastikan bahwa dana desa yang direncanakan dan digunakan bermanfaat untuk pembangunan desa.

Kepada tim penyusun RKPDesa Watu Kawula yang terdiri dari aparat desa, tokoh agama, tokoh pendidikan, BPD dan tokoh masyarakat Igma Mete mengingatkan RPJM Desa, hasil Musyawarah Desa serta data dan informasi dari Kabupaten merupakan bahan pendukung dalam penyusunan RKPDes.

“Tim penyusun harus memahami rencana dana desa yang bersumber dari APBN, rencana dana ADD yang merupakan bagian dari perimbangan yang diterima dari kabupaten dan lain sebagainya sehingga dapat menghasilkan RKPDesa yang benar” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga Igma Mete menjelaskan mekanisme penyusunan RKP Desa, RKP Desa disusun setiap tahun dan karena akan menjadi dasar penetapan APB Desa, maka lebih baik jika desa dapat menyelesaikannya pada awal Desember sehingga APB Desa dapat diselesaikan bulan Desember pula.

“Sebaiknya RKP Desa mulai disusun oleh pemerintah desa pada bulan Juli, kemudian ditetapkan dengan Perdes paling lambat akhir bulan September untuk tahun berikutnya atau paling lambat pada akhir Januari tahun berjalan” tuturnya.

Baca Juga :   KODI UTARA DEKLARASI DAMAI SIAP KALAH SIAP MENANG

Lebih lanjut Igma menjelaskan hasil Perdes tentang RKP Desa dilaporkan kepada Bupati melalui camat dan disosialisasikan kepada masyarakat. Bila dianggap perlu, prioritas usulan program/kegiatan yang berkaitan dengan SKPD dapat dikirim langsung kepada SKPD bersangkutan atau bisa juga melalui anggota DPRD dari dapli desa bersangkutan.

Dipantau oleh media ini pelatihan yang dibuka olek kepala desa Watu Kawula, Lorensius Todo berjalan sangat serius dan mendapat perhatian yang serius dan para peserta. Kegiatan pelatihan ini juga dihadiri oleh Sekdis PMD Lodowaik L. Raya, S.IP dan camat Kota Tambolaka Lambertus Todo. Kegiatan ini sendiri berlangsung hingga sore hari pukul 16.03 Wita yang dipenuhi dengan diskusi Tanya jawab antara peserta dan narasumber. *****

Liputan: Octav Dapa Talu,-

Leave a Reply

Your email address will not be published.