Pembuatan Kloset Ramah Lingkungan Akan Dikelola oleh BUMDes di Desa Bidi Praing

Lewa-SJ……….. Salah satu Prasarana pendukung untuk mencapai kualitas hidup sehat adalah tersedianya Jamban Sehat keluarga. Dalam upaya membantu masyarakat pedesaan dengan ekonomi rendah dan menyediakan kloset ramah lingkungan dengan harga terjangkau, UPKM CD Bethesda YAKKUM menyelenggarakan pelatihan Pembuatan Kloset di desa Bidi Praing Kecamatan Lewa Tidahu Kabupaten Sumba Timur, Jumat, 25 sampai dengan Minggu, 27 November 2022.

Narasumber dalam pelatihan ini kelompok Weyk Rangga Roko Pambarona 3-4 GKS Mata Weetabula Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD).

Sekdes Bidi Praing, Daud Leo Banih, dalam arahannya menyambut baik adanya kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh CD BathesdaBathesda. Selain program ini sangat penting untuk kesehatan masyarakat, keahlian untuk memproduksi kloset yang ramah lingkungan ini juga bisa dikelola oleh BUMDes, untuk membantu masyarakat dalam pendapatan ekonomi keluarganya.

“Kamu sangat bersyukur dengan adanya pelatihan ini, selain bisa mendapatkan kloset untuk kebutuhan masyarakat, desa juga bisa kelola melalui BUMDes” ungkapnya, Jumat (25/11/22).

Sekdes berharap dengan adanya BUMDes yang mengelola pembuatan kloset ini dapat melayani kebutuhan masyarakat di desa dengan harga terjangkau dan bahkan bisa dijual ke desa tetangga.

“Harga kloset di sini, 275 ribu, dengan memproduksi sendiri, kita bisa jual dengan di bawah harga toko” jelasnya.

Sekretaris Weyk Rangga Roko Pambarona 3-4 GKS Mata, Lodowaik L. Raya, S. IP., yang menjadi narasumber dalam pelatihan pembuatan kloset ini mengatakan dengan memproduksi sendiri kloset dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam membeli kloset.

“Masalah kualitas sama dengan buatan toko, asal kita serius dalam mengikuti pelatihan dan melakukan kegiatan pembuatan kloset secara kontinyu” tuturnya.

Lebih lanjut Lodo menjelaskan melihat peserta yang rata-rata berlatar belakang tukang, pembuatan kloset ini tidaklah susah dan dapat dikerjakan di waktu senggang masyarakat, di sela-sela kegiatan rutin.

Baca Juga :   Kepala Desa Kori Minta Maaf Pada Anggota DPRD Dapil 5

Sementara itu, staf CO CD Bethesda area Sumba Timur, Elias Eluhana kepada media ini mengatakan tujuan pelatihan ini untuk membekali para pengrajin dan masyarakat sasaran di Desa untuk memiliki keterampilan memproduksi Kloset, sehingga dengan demikian ketersedian kloset yang berkualitas dengan harga yang relatif lebih murah lebih mudah di dapatkan dilingkungan terdekat.

“Di sisi yang lain melatih pengrajin dan masyarakat sasaran untuk membuat kloset juga merupakan upaya untuk mendukung inisiatif dan dukungan sosial antar warga dan menumbuhkan semangat kewirausahaan dalam hal memproduksi kloset” ungkapnya.

Pantauan media ini kegiatan pelatihan pembuatan kloset yang diiringi oleh hujan tidak menyurutkan semangat para peserta untuk mendengarkan materi dan mengikuti arahan pelatih dalam mempraktekan pembuatan kloset. *** (Octa/002-22). –