Pengukuhan Sekaligus Penyerahan SK Forum Anak Muda Bimbingan SID

Tambolaka-SJ……..Bertempat di Aula Hotel Sinar Tambolaka, kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Sabtu,(14/7/2018) yang lalu, Sumba Integrated Development (SID) mitra ChilFund Indonesia bersama tiga desa dampinganya lakukan pengukuhan sekaligus penyerahan SK kerja sama untuk membentuk forum anak muda di desa. SK kesepahaman yang diserahkan langsung kepada masing-masing perwakilan forum tersebut ditandatangani oleh ketiga kepala desa dampingan SID yaitu Kepala Desa Maliha Yulius Yingo Rendi, Kepala Desa Ramadana Stefanus Ama Nunu dan Kepala Desa Homba Karipit yang diwakili kaur umum Rafael Rehi Teda.

Penyerahan SK Sekaligus Pengukuhan Forum

Dalam sambutanya penanggung jawab program LS3 SID Albert M. Yunus, Amd.Kom  memaparkan beberapa program SID yang nantinya akan dijalankan bersama forum anak muda di desa dampingan tersebut. Dalam kesempatan tersebut Albert juga mengatakan harapan dan tujuan yang ingin dicapai dari program yang nantinya akan dijalankan.

“Dengan adanya forum anak muda ini kami mengharapkan kerjasama dari semua pihak khususnya bapak kepala desa agar bisa mendukung program kami nantinya sehingga apa yang menjadi tujuan dari program ini bisa terpenuhi. Perlu kita ketahui bersama bahwa nanti kita akan adakan pelatihan berjenjang yang menjadi program SID shingga orang muda mampu menerapkan pendidikan kecakapan hidup, bisa tersedianya layanan pengembangan potensi orang muda, meningkatkan ketrampilan orang muda, meningkatkan dukungan pemerintah yang memberikan ruang kepada orang muda agar terlibat dalam proses pembangunan serta tersedianya payung hukum pelaksanaan kegiatan perlindungan anak ditingkat desa” katanya.

Stefanus Ama Nunu, kepala desa Ramadana

Sementara itu kepala desa Ramadana Stefanus Ama Nunu usai penadatanganan tersebut mengatakan bahwa program tersebut sangat bagus dan siap mendukung karena program yang ditawarkan oleh SID ini sejalan dengan rencana program yang akan dijalankan didesanya.

Baca Juga :   ANAK DARI DESA HARUS PULANG MENGOPTIMALKAN POTENSI DESA

“Saya kira ini adalah program yang sangat bagus dan positif  sehingga kami dari pemerintah desa siap mendukung dan memfasilitasi program ini karena kami di desa juga berencana untuk menyiapkan wadah untuk anak-anak muda di desa agar bisa bersinergi dan membantu  kami di desa dan saya rasa program yang ditawarkan ini sejalan dengan rencana kita” ungkapnya.

Yulius Yingo Rendi, kepala desa Maliha

selain itu Stefakhususnyaberharap agar anak-anak muda yang mengikuti pelatihan agar bisa menjadi corong bagi teman-teman lain di desa agar bisa bersama-sama untuk menuangkan ide-ide kreatif demi pembangunan daerah terutama di desa.

“Saya harap anak-anak yang saat ini mengikuti pelatihan agar mampu menjadi contoh dan bisa menjadi corong bagi teman-teman lain ketika nanti kembali, karena semakin banyak anak muda yang tetlibat dalam memberikan ide dan gagasanya maka akan sangat membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan daerah khususnya di desa” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh kepala desa Maliha Yulius Yingo Rendi bahwa program ini nantinya akan sangat membantu pemerintah desa karena selama ini memang tidak ada  ruang khusus yang diberikan untuk anak-anak muda dalam perencanaan pembangunan desa.

“Program Forum anak muda ini bisa menjadi ruang khusus bagi anak-anak muda dalam menyampaikan idenya untuk pembangunan desa dan ini sangat membantu  pemerintah desa dalam penyusunan rencana pembangunan di Desa” ungkapnya. (JNL)-

Leave a Reply

Your email address will not be published.