Pemdes Watu Kawula Gelar Pelatihan Aparat Desa & Tim Penyusun RKPDES

Tambolaka-SJ……………… Bertempat di aula kantor desa Pemerintah Desa Watu Kawula Kecamatan Kota Tambolaka gelar Sumba Barat Daya (SBD) pelatihan peningkatan kapasitas perangkat desa dan pelatihan peningkatan kapasitas tim penyusun RKPDes, Rabu (15/01/2020).

Narasumber dalam pelatihan ini Sekretaris Dinas PMD kabupaten SBD, Lodowaik L. Raya .S.Ip yang membawakan materi tugas dan tanggung jawab aparat desa, sedangkan Plt. Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Kota, Ignasius Mario Mete, S.Sos membawakan materi peningkatan kapsitas tim penyusun RKPDes.

Kegiatan pelatihan yang dibuka oleh Kepala Desa Watu Kawula Lorensius Todo dihadiri oleh Camat Kota Tambolaka Lambertus Todo, Sekcam Ignasius M. Mete, PID  John Dapa dan seluruh aparat desa, BPD serta tim penyusun RKPDes lainnya.

Kades Lorensius Todo yang dihubungi media di sela-sela kegiatan pelatihan mengatakan alasan diselenggarakan pelatihan sesuai dengan petunjuk yang tertuang dalam aturan. Kedua juga merupakan perintah atasan agar diselenggarakan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas perangkat desa serta memberikan motivasi didalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Kepala Desa Watu Kawula, Lorensius Todo dalam kegiatan pelatihan bagi aparat desa

“Pelatihan ini untuk menjaga hubungan antara pemerintah desa dengan mitra kerja BPD sehingga adanya persamaan persepsi di dalam desa” ungkapnya.

Terkait pelatihan bagi tim penyusun RKPDes, Lorensisus tim ini terdiri dari BPD, aparat desa, tokoh pendidikan dan tokoh masyarakat.

“Seharusnya Babinsa, Babinkamtibmas juga terlibat karena ada halangan sehingga tidak hadir pada saat ini. Ini merupakan 3 pilar dalam desa untuk secara bersama-sama merencanakan dan menyaksikan pembuatan RKPDesa dan penggunaan dana” tuturnya lebih jauh.

Plt. Sekcam Kota, Ignasius Mario Mete, S.Sos (kiri) didampingi John Dapa dalam pelatihan bagi tim penyusun RKPDes Watu Kawula

Lebih lanjut Kades Watu Kawula ini juga menjelaskan ditahun anggaran 2020 ini agar perecanaan dna penganggaran pembangunan desa Watu Kawula lebih bagus lagi sehingga kekurang-kekurangan ditahun 2019 yang lalu bisa diperbaiki di tahun 2020 ini. Sehingga ada peluang bagi Pemdes untuk membuat kegiatan-kegiatan yang dapat  membuka lapangan kerja bagi generasi-generasi muda desa Watu Kawula.

Baca Juga :   DINAS PMD SUMBA TENGAH LANTIK PENJABAT KEPALA DESA PERSIAPAN

“Setelah pelatihan ini kami berencana akan diadakan rapat bersama antara Pemerintah Desa, BPD dan tokoh masyarakat  untuk membangun pasar desa. Dan yang berikutnya kita mau gunakan lahan yang kosong untuk pariwisata, kami sudah lakukan pertemuan dan koordinasi dengan pihak kehutanan dan Pemerintah dan tinggal kami masukan dalam RKPDes” tuturnya.

Sekdis PMD SBD, Lodowaik L. Raya, S.IP saat membawakan materi peneingkatan kapasitas aparat desa

Ditempat terpisah Plt. Sekcam Kota, Ignasius Mario Mete yang dihubungi media mengatakan mengapresiasi kegiatan pelatihan ini karena sangat berguna bagi peningkatan kapasitas aparat desa, BPD dan tim penyusun RKPDes lainnya.

“Kegiatan ini dimungkinkan karena sesuai dengan petunjuk yang ada, dan tentunya kami berharap setelah mendapat pelatihan ini adanya semangat yang baru dari aparat desa Watu Kawula untuk dapat  menggunakan dana desa seoptimal mungkin serta secara efektif dan efisen” ujarnya sambil menutup bincang-bincangnya dengan media karena harus membawa materi pelatihan bagi tim penyusun RKPDes.*****

Liputan: Octav Dapa Talu,-

Leave a Reply

Your email address will not be published.