PEMDA SBD GERAK CEPAT TANGANI KORBAN ANGIN PUTING BELIUNG

Suarajarmas.com – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Marthen Christian Taka, S. IP., tinjau korban bencana angin puting beliung di desa Ate Dalo, Tanjung Karoso dan Hamba Rande Kecamatan Kodi Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur, Sabtu (29/4/2023).

Wakil Bupati SBD didampingi Kalak BPBD, Samuel Boro, ST., Kasat Pol PP, Umbu Remu Samapaty, Kadis Sosial, Lukas Pati Mone, Camat Kodi, Emanuel Kendu Wela, SE., Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Bonefasius Wungo, S. Sos., Kepala Desa Ate Dalo, Petrus Pati Mone, S. Pd., Gr.

Dalam kesempatan itu Marthen Christian Taka minta pada seluruh tim dari Pemda SBD untuk memastikan kondisi korban bencana, melakukan upaya-upaya cepat dalam memberikan bantuan pada korban bencana puting beliung.

Christian Taka juga minta agar memastikan data korban bencana sehingga data yang dikeluarkan data yang sudah ter-update, karena bencana yang menimpa SBD informasinya sudah sampai ke Provinsi maupun Pusat.

“Saya mengharapkan agar data yang dikeluarkan adalah data-data yang benar valid, tidak merubah data untuk kepentingan sesaat” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan kejadian angin puting beliung merupakan bencana alam yang tidak diduga-duga, sehingga menimbulkan kerusakan yang besar bahkan korban jiwa meninggal dunia.
Lebih lanjut Christian Taka menuturkan segala upaya untuk membantu dan mengevakuasi korban sudah dilakukan dengan baik oleh BPBD, Dinas Sosial, Satpol PP dan Kecamatan, dan bantuan logistik bagi para korban sudah diberikan.

“Tolong kawan-kawan agar mendata dan menyalurkan bantuan dari Dinas Sosial dan juga bantuan kemanusiaan dari lembaga-lembaga peduli kemanusiaan” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kalak BPBD, Samuel Boro, ST., bahwa pihaknya sudah melakukan upaya penanganan cepat mengevakuasi korban dan melakukan pembersihan pohon-pohon yang rubuh akibat diterpa angin puting beliung.

Baca Juga :   KUNKER KE SUMBA BARAT, HERMAN HERY MINTA BUPATI DAN WABUP TETAP RUKUN

“Dari kemarin (Jumat, 29/4/23) kami sudah ada disini bersama Dinas Sosial, Satpol PP, dan Kecamatan untuk memberikan pertolongan pada para korban” ujar Samuel Boro.

Ia juga mengatakan upaya awal yang dilakukan adalah memberikan pertolongan pada korban yang meninggal dunia, dengan mengantar jenazah ke rumah keluarganya.
Sementara itu Camat Kodi, Emanuel Kendu Wela, SE., mengatakan data terakhir hingga sore ini, jumlah rumah yang rusak akibat angin puting beliung sebanyak 24 rumah yang rusak berat dan 5 yang rusak ringan.

“Korban yang meninggal dunia ada 4 orang, 3 orang meninggal di tempat, 1 orang lagi meninggal di Puskesmas Bondo Kodi. Sedangkan 2 korban lainnya masih di rawat di Rumah Sakit, dan 2 orang lainnya menderita patah kaki yang dilakukan perawatan secara mandiri oleh keluarga” kata Camat Kodi.

Usai meninjau langsung tim satgas yang bertugas di Kodi, Wabup SBD beserta rombongan melayat ke rumah duka dan memberikan bantuan logistik bagi keluarga korban. *** (Octa/002-23)