PEMDA SBD BERIKAN BANTUAN 12 KAPAL PENANGKAP IKAN UNTUK NELAYAN

Tambolaka-SJ………… Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) melalui DInas Perikanan dan Kelautan memberikan bantaun Kapal Penangkap Ikan sebanyak 12 unit untuk kelompok nelayan yang tersebar di SBD, di pelabuhan Weekelo, Desa Radamata Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur, Selasa (2/11/21).

Ke-12 unit kapal penangkap ikan yang terdiri atas 3 ukkuran yaitu kapasitas 5 Grose Tonage (GT), 3 GT dan 2 GT diterima oleh 12 kelompok nelayan dari wilayah pesisir pantai Katewel, Weekelo, Pero Konda dan Kendu Wela).

Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete menyerahkan secara simbolis kepada kelompok nelayan tersebut disusul oleh Ketua DPRD, Rudolf Radu Holo, dan Wakil Ketua I DPRD, H. Syamsi P. Golo, ST.

Turut hadir dalam kegiatan penyerahan secara simbolis tersebut Ketua Fraksi PKB, Tobias D. Lelu, SE., anggoa DPRD Abudl Haris Nasution, Kepala Dinas Perikanan, Yohanes Frin Tuka beserta jajarannya, perwakilan Syahbandar Weekelo, Kabag Humas SBD beserta jajarannya dan perwakilan kelompok nelayan yang menerima bantuan kapal penangkap ikan tersebut.

Dalam sambutannya usai penyerahan secara simbolis, Bupati SBD, Kornelius Kodi Mete mengatakan bantuan kapal penangkap ikan ini merupakan berkat bagi para nelayan yang ada di SBD. Oleh karena para kelompok nelayan yang sudah menerima bantuan tersebut, agar menggunakan berkat tersebut dengan baik dan membayar retribusi kepada Pemerintah sehingga berkat tersebut dapat berkembang menjadi berkat untuk orang lain.

“Bantuan ini adalah berkat, sehingga haus digunakan dengan baik, dirawat dan membayar retribusi yang sudah diatur oleh Dinas Perikanan, sehingga bisa diupayakan lagi agar berkat terus dapat menjadi berkat bagi kelompok nelayan laih yang belum sempat memperoleh bantuan” ungkap Bupati SBD.

Lebih lanjut Bupati Kodi Mete menambahkan dengan adanya bantuan tersebut, diharapkan cita-cita Pemerintah untuk mewujudkan program desa berkecukupan pangan dan desa sehat dapat segera tercapai.

Baca Juga :   KADIS PMD BANTAH TIDAK HARGAI PANGGILAN DPRD SBD

“Bantuan ini ada, karena adanya dukungan anggota DPRD melalui Pokok Pikirann (Pokir). Kita harus berterima kasih pada anggota DPRD tersebut yang telah memperjuangkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, “ tambah Bupati.

Bupati juga berharap dengan adanya bantuan kapal penangkap ikan ini, para nelayan dapat meningkatkan ekonominya dan mampu memenuhi kebutuhan ikan di SBD.

“Mari kita konsumsi daging putih (ikan) karena lebih sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi daging berwarna merah. Dengan mengkonsumsi daging ikan maka kita menjadi sehat dan berumur panjang” jelasnya.

Sebelumnya Kadi Perikanan Yohanes Frin Tuka, SP., dalam laporannya mengatakan bantuan 12 uni kapal penangkap ikan untuk para kelompok nelayan ini menghabiskan anggaran 3M lebih. Kapal-kapal ini baru saja tiba di Weekelo pada pagi tadi.

“Kapal-kapal ini terdiri atas tonase 5 GT sebanyak 4 unit, tonase 3 GT sebanyak 5 unit dan 2 GT ada 3 unit, jadi total semuanya ada 12 unit” tuturnya.

Frin Tuka menjelaskan Kabupaten SBD harus bangga dengan kekayaan laut yang dimilikinya, kekayan laut yang dimiliki di SBD yang unggul adalah cumi. Sehingga para nelayan diharapkan dengan adanya bantuan kapal penangkap ikan ini, dapat membantu untuk meningkatkan kesejahteraannya.

“Kehadiran dari para bepak dewan yang terhormat saat ini, tentu tidak terlepas dari pada usulannya berupa Pokir, dan kehadiran mereka untuk menyaksikan secara langsung para kelompok nelayan yang menerima bantuan kapal penangkap ikan tersebut.

Pantauan media, penyerahan bantuan kapal penangkap ikan bagi para kelompok nelayan secara simbolis ini, tidak berlangsung lama, karena para pimpinan dan anggota DPRD akan melanjutkan tugasnya keluar daerah. Kegiatan dilanjutkan dengan acara ramah tamah bersama dan tetap dengan tatacara protokol kesehatan. *** (Octa/002-21),-