Peletakan Batu Pertama Gereja Paroki St. Maria Homba Karipit

Suarajarmas.com –  Pembangunan gedung Gereja Katolik Paroki ST. Maria Homba Karipit Keuskupan Weetabula resmi dimulai pada Rabu 19 April 2023. Peletakan batu pertama pembangunan gedung gereja secara resmi dilakukan oleh Pastor Paroki, Uskup Weetabula, Mgr. Edmund Woga, CSsR., tokoh politik Gustaf Tamo Mbapa, Wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Marthen Christian Taka, S.IP., dan ketua panitia pembangunan.

Wakil Bupati SBD, Marthen Christian Taka, S.IP., yang dihubungi media ini di Desa Homba Karipit Kecamatan Kodi Utara Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur Rabu (19/4/23) siang mengatakan, pembangunan gereja Paroki St. Maria Homba Karipit Keuskupuan Weetabula merupakan sarana untuk mendekatkan diri umat dengan Tuhannya khususnya bagi umat Katolik di Homba Karipit.

Wakil Bupati menuturkan, gereja hendaknya dijadikan sarana tempat umat membangun relasi antar umat dan masyarakat umum dan terutama membangun relasi dengan Tuhan. Dalam hal membangun relasi dengan sesama umat,  tentunya mengarah pada bagaimana umat dan masyarakat baik secara pribadi maupun secara kelompok untuk mengatasi sejumlah hambatan dan tantangan yang ada yang ikut mempengaruhi kurangnya perhatian umat dalam membangun relasi dengan Tuhan.

Diantaranya adalah memerangi kemiskinan extrim, stunting, dan sejumlah penyakit lainnya,. Program peningkatan ekonomi umat dengan melihat dari sisi kearifan lokal, entas buta huruf dan bahkan ikut mendukung program pemerintah yang ada serta mengatasi masalah sosial kemasyarakan lainnya.

Wakil Bupati SBD, Marthen Christian Taka saat peletakan batu pertama gereja Paroki St. Maria Homba Karipit

“Intinya adalah bagaimana umat berupaya untuk meningkatkan taraf hidupnya yang lebih baik kedepannya” ” ungkap Christian Taka.

Lebih lanjut Chris Taka menjelaskan, dikala taraf hidup umat dan masyarakat sudah membaik tentunya relasi antara umat dengan Tuhan akan berjalan seturut dengan apa yangg termuat dalam firman Tuhan.

Baca Juga :   Dinas Lingkungan Hidup Sumba Barat Kerahkan Petugas Bersihkan Kawasan Pasar Lama

Mewakili Pemerintah Daerah, Wakil Bupati SBD ini berharap kehadiran gereja ditengah umat dan masyarakat harus hadir sebagai penghubung untuk membangun iman umat agar bertumbuh seturut dengan kehendak Tuhan Yesus sebagai Kepala Gereja Yang Agung melalui Firmannya,   yang dengan demikian relasi umat dengan Tuhan akan semakin bertumbuh dan berkembang, relasi umat dengan Tuhan akan semakin dekat.

Dirinya juga berharap dengan kehadiran gereja akan semakin meningkatkan kualitas iman bagi umat di Homba Karipit secara khusus, Kodi Utara secara umum. Pertumbuhan iman akan disertai dengan perbuatan yang diajarkan oleh Yesus Kristus pemilik gereja yang agung.

“Kehadiran gereja ini agar semakin meningkatkan iman dan perbuatan seperti yang diajarkan Yesus Kristus pemilik gereja yang agung. Karena iman tanpa perbuatan adalah mati, perbuatan tanpa iman adalah mati” pungkasnya. *** (Octa/002-23).-